SWARA – Kalau kamu belum tahu, Keluarga Walton adalah keluarga terkaya di dunia. Keluarga ini memiliki Walmart, jaringan ritel yang berpusat di Amerika Serikat. Usaha keluarga ini juga diklaim sebagai jaringan ritel terbesar di dunia, lho. 

 

Nggak cuma itu, Bloomberg juga melansir bahwa kekayaan Keluarga Walton bertambah sebesar US$100 juta atau Rp1,3 triliun setiap harinya! Nggak heran kalau keluarga ini menempati posisi keluarga terkaya selama bertahun-tahun. 

 

Pendapatan utama Keluarga Walton bersumber dari usaha ritelnya. Mereka memegang saham terbesar di bisnis supermarket tersebut. Sejak didirikan pada 1962 oleh Sam Walton, Walmart sudah punya 4.769 gerai di seluruh Amerika Serikat dan 11.766 di seluruh dunia. Total penjualannya mencapai US$5oo miliar. 


Artikel Terkait: Tips dan trik memulai bisnis makanan. 

  1. Tertarik Bisnis Kuliner? Coba 7 Ide Bisnis Makanan yang Laris di 2019 Ini!
  2. Tertarik Bisnis Makanan Sehat dan Organik? Ini Cara Baca Peluangnya
  3. Ingin Mencoba Bisnis Makanan Cepat Saji? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Memulainya

 

Pada 2019, pendapatan Keluarga Walton mencapai US$191 miliar. Angka itu naik drastis, yakni enam kali lipat dari tahun sebelumnya di angka US$39 miliar. Kekayaan keluarga ini bahkan melewati Jeff Bezos yang merupakan orang terkaya di dunia. 

 

Nah, kamu jadi penasaran nggak sih seperti apa anggota keluarga terkaya di dunia ini? Saya sudah merangkumnya buat kamu. 

1. Sam Walton

Pendiri Walmart ini lahir pada 29 Maret 1918 dari keluarga petani. Setelah lulus dari University of Missouri, Sam terdaftar sebagai tentara Amerika Serikat dan ikut berperang saat Perang Dunia II. Usai perang, Sam kemudian menikahi bankir bernama Helen Robson dan tinggal di Arkansas. Di sinilah ia memulai Walmart, sembari membangun keluarga yang diberkati dengan empat anak. Sam meninggal pada 1992.

 

2. Rob Walton

Rob Walton (75) merupakan anak tertua dari The Waltons. Dia bergabung dengan usaha ayahnya saat berusia 25 tahun. Beberapa posisi yang pernah dia pegang di Walmart adalah sekretaris perusahaan, wakil presiden direktur, ketua, dan sebagainya. Pada 2015, dia pensiun setelah memegang posisi direktur selama 37 tahun. Saat ini Rob sibuk dengan kegiatan amal. Oh ya, hobinya adalah mengoleksi mobil lawas (vintage). 

 

3. John Walton

John merupakan anak kedua dari Sam Walton. Dia pernah bekerja sebagai pilot tentara dan bertugas di Perang Vietnam. Dia kemudian bekerja sebagai pilot untuk Walmart. Sayangnya, John meninggal dalam kecelakaan pesawat pada 2005. 

4. Jim Walton 

Jim merupakan putra termuda dari pendiri Walmart. Jim menggantikan John di kursi petinggi Walmart setelah kakaknya itu meninggal. Tapi saat ini Jim lebih aktif di perusahaan perbankan milik The Waltons, yakni Arvest Bank. Pria ini memiliki kekayaan sebesar US$45 miliar atau setara dengan Rp628 triliun.

 

Artikel Terkait: Hal yang perlu diketahui pebisnis properti. 

  1. 5 Kesulitan yang Mungkin Kamu Hadapi Ketika Ingin Coba Bisnis Properti
  2. Raup Untung di Bisnis Properti Lewat Strategi Flip, Ini Caranya!
  3. 7 Cara Sukses Terjun Bisnis Properti Tanpa Butuh Modal Besar

 

5. Alice Walton

Alice merupakan anak terakhir dan satu-satunya putri dari Sam Walton. Alice pernah menikah dua kali tanpa anak. Berbeda dengan saudaranya, Alice nggak aktif dalam usaha keluarganya. Dia lebih senang berkecimpung di dunia seni. Ketika berumur 10 tahun, Alice meniru lukisan Picasso lalu menjualnya dengan harga US$2. Alice hobi mengoleksi karya seni, seperti karya Andy Warhol dan Georgia O’Keefe. Salah satu hartanya adalah sebuah kondominium di New York’s Park Avenue, dengan harga US$25 juta.

 

Itulah beberapa fakta tentang Keluarga Walton. Tertarik untuk mengikuti jejak bisnis keluarga ini?