SWARA – Banyak pelajaran yang dapat kita dapatkan dari kisah – kisah para pengusaha yang sukses dengan bisnis mereka. Kebanyakan akan belajar pada bisnis – bisnis besar nan terkemuka seperti perusahaan – perusahan multinasional. Padahal, dari bisnis kecil yang suksespun kamu dapat mengambil banyak hal termasuk tentang pelajaran berwirausaha. 

Beberapa pengusaha yang sukses dengan bisnis kecil mereka ternyata memiliki wawasan yang luas dengan kisah yang luarbiasa. Tentunya kamupun bisa mengambil banyak hikmah dari kisah – kisah bisnis kecil yang sukses berikut ini.

1. Page One Consultants

Kamu bisa belajar dari kisah Sheryl Page yang telah dinobatkan sebagai Women Owned Small Bussiness Person of the Year dari Small Bussiness Administration (SBA) Amerika tahun 2017. Ia adalah seorang CEO dari Page One Consultants di Orlando. Sejak penghargaan yang ia capai, banyak orang yang akhirnya belajar darinya.

 

Artikel terkait: Kisah orang – orang Sukses

  1. 7 Kebiasaan Orang Sukses di Akhir Pekan, Kamu Wajib Tiru Kalau Ingin Seperti Mereka
  2. 6 Kegiatan Orang Sukses Setiap Hari Minggu, Yuk Ditiru!
  3. 3 Kisah Murid dengan Gurunya yang Mengharukan

 

Page One Consultants sendiri adalah bisnis konsultan teknik dan konstruksi. Ia mendirikan bisnis ini sejak tahun 1993 dengan penuh dengan perjuangan. Meski sejak didirikan bisnis ini nggak terlalu berjalan pesat namun sejak 2 tahun terakhir Page One Consultant ini mengalami pertumbuhan bisnis yang cukup pesat hingga mereka dapat melipatgandakan pendapatan mereka. Mereka kini bisa menambah puluhan pegawai baru dan mendapat sekiranya 13 mesin penggerak perusahaan yang baru.

Selama 25 tahun jatuh bangun menjalankan bisnis dengan timnya, kini Sheryl sudah bisa meraih kesuksesan yang ia idam – idamkan dari dahulu. Tentunya kamu bisa mencontoh semangat dan perjuangan Sheryl saat menjalankan bisnis yang sangat didominasi oleh kaum Adam ini. Selain itu, di awal tahun berdirinya Page One Consultant, Sheryl sempat terlilit banyak hutang hingga ia harus menggunakan 15 kartu kredit untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya.

Namun, kini bisnis kecilnya sudah cukup sukses hingga ia bisa membayarkan semua hutang yang pernah ia miliki. Melalui Page One Consultant ini, Sheryl membuktikan bahwa perempuanpun bisa sukses berbisnis meski harus berjuang untuk meraih sukses dari para kompetitornya. Menurut Sheryl, kunci sukses dalam berbisnis adalah tetap berjuang dan terus bersabar. Jangan pernah menyerah dan lari saat bisnismu di ambang kehancuran.

2. Well + Good

Salah satu website lifestyle yang cukup terkenal adalah well and good. Sebelum seterkenal sekarang well+good melalui perjalanan yang cukup panjang. Pendirinya yaitu 2 jurnalis Melisse Gelula dan Alexa Brue yang telah mengambil kesempatan untuk meluncurkan media platform terkait kesehatan yang sudah lama mereka cita – citakan.

Berawal dari website yang sepi pengunjung kini well+good telah bertransformasi menjadi platform media besar dengan lebih dari 5 juta pengunjung setiap bulannya.

Lalu apa yang membedakan well+good dengan website lainnya? Menurut Grue, yang membedakan well+good dengan platform lainnya adalah cara mereka untuk menghadirkan konten berkualitas bagi pembacanya. Selain itu, pengembangan website serta budaya kerjasama tim yang kuat menjadi hal yang selalu mereka jaga.

3. Nic & Luc Jam

Kalau banyak orang memimpikan bisnis yang besar dan prestisius, maka berbeda dengan Leroy Bautista. Ia adalah seorang founder dari Nic & Luc yaitu perusahaan yang memproduksi selai roti berbagai rasa. Sebelum mendirikan Nic & Luc Jam, Bautista adalah seorang chef yang cukup terkenal. Ia kemudian beralih menjual saus selai di pasar – pasar local karena perekonomian yang kian memburuk.

Awalnya Nic & Luc Jam hanya menjual beberapa varian rasa selai saja. Namun sekarang Nic & Luc Jam sudah mengekspansi 17 varian rasa selai di berbagai toko, supermarket maupun online shop. Bagi orang lain, kata lokal dalam produk atau bisnis adalah sesuatu yang kurang prestisius. Namun menurut Bautista, hal tersebut adalah satu kelebihan dan kesempatan yang bisa ia masuki dalam berbisnis.

 

Artikel terkait: Mengintip Kisah Sukses Nasabah Tunaiku

  1. Rintis Bisnis Clothing Brand, Kisah Sukses Nasabah Tunaiku Ini Menginspirasi
  2. Pinjaman KTA Tunaiku bantu Nasabah Mewujudkan Mimipi Merenovasi Rumah
  3. Punya Ide Bisnis Franchise? Langsung Wujudkan Dengan Pinjaman Tunaiku

 

Bautista berpendapat bahwa meski bisnis kecil dengan cakupan lokal, ia tetap bangga karena bisa menjadi pendukung ekonomi lokal setempat. Selain itu, dengan bisnis kecil Nic & Luc Jam yang ia jalankan sudah mendorong bisnis lokal lainnya untuk bisa berkembang bersama. 

Nah, itu dia beberapa kisah bisnis kecil yang sukses. Ini membuktikan bahwa belajar berbisnis nggak hanya bisa dilakukan dengan melihat kisah sukses perusahaan besar namun juga bisa datang dari bisnis lokal yang kecil.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


NESA WILDA MUSFIANESA WILDA MUSFIA