SWARA – Masa muda adalah masa emas bagi setiap orang. Di masa muda, energi dan waktu masih banyak dimiliki. Selain itu, ide-ide cemerlang juga dapat diwujudkan dengan lebih mudah daripada saat tua. Sayangnya, kesadaran akan hal itu nggak dimiliki oleh semua anak muda, kebanyakan anak muda sekarang lebih suka bermain-main dan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang penting. Anak muda sering kali memiliki prinsip ‘you only live once’ sehingga nggak mau melewatkan hal-hal menyenangkan di masa mudanya.

 

Walaupun begitu, anak muda di Indonesia sudah mulai mewarnai jajaran orang-orang sukses. Terlihat dari pendiri-pendiri startup dan unicorn yang berasal dari kalangan anak muda. Kerja keras, mimpi, kepercayaan diri, wawasan, dan lingkungan pergaulan yang luas bisa menjadi modal utama dalam meraih sukses. Menjadi seorang yang sukses akhirnya nggak melulu dapat diraih di usia tua, jika di usia muda kamu sudah memiliki kemampuan-kemampuan seorang leader. Agar lebih mantap lagi dalam berkarier, kamu juga bisa mengikuti tips sukses di bawah ini, lho!

 

1. Menjadi seorang yang realistis

Menjadi seorang idealis tentu boleh-boleh saja. Justru idealisme yang dimiliki bisa membuat kita selalu fokus dengan tujuan. Namun, realitas yang ada juga perlu kamu perhatikan. Untuk menjadi seseorang yang sukses nggak hanya ada di pikiran kita, tapi juga perlu diperjuangkan saat masih muda.

 

Kamu bisa membayangkan mau jadi seperti apa 5 atau 10 tahun lagi. Bayangan kesuksesan itu harus kamu usahakan mulai saat ini. Kamu nggak boleh bermalas-malasan dalam meraihnya. Buatlah target-target jangka panjang maupun pendek yang harus kamu raih untuk mencapai kesuksesan kamu.

 

Artikel Terkait: Peruntungan Karier Berdasarkan Zodiak

  1. Panduan Karier Bagi Kamu yang Akan Lulus Kuliah Berdasarkan Zodiak
  2. Hai Sagitarius, Ini Dia Ramalan Zodiakmu tentang Karier di Tahun 2019
  3. Peruntungan Capricorn di Tahun 2019 dalam Hal Karier dan Hubungan

 

2. Menjadi original itu perlu

Sukses memang memiliki arti yang berbeda-beda di tiap orang, sukses juga nggak melulu tentang uang. Sukses bisa banyak hal, seperti seorang seniman yang membuat sebuah karya seni hebat, meskipun dia nggak ingin menjualnya. Saat ini banyak orang sukses yang kesuksesannya sebenarnya nggak bisa kamu tiru mentah-mentah, karena manusia itu diciptakan dengan keunikannya masing-masing sehingga kamu sebenarnya nggak perlu frustasi untuk meniru kesuksesan orang lain. Bahkan, jika sudah berhasil sukses seperti orang yang kamu tiru, kamu tetap nggak akan bisa mengunggulinya karena dia juga sudah semakin berkembang.

 

Lebih baik menjadi dirimu sendiri yang paling original dan nggak perlu ragu jika nggak sama dengan orang lain karena sesuatu yang original dan berbeda justru akan lebih disukai masyarakat. Jadi, jangan ragu untuk sukses sesuai dengan versi kamu sendiri, ya!

 

3. Selalu berpikir positif

Sering kita dengar ungkapan bahwa dirimu adalah apa yang kamu pikirkan. Ungkapan itu benar adanya karena memang apa saja yang kita lakukan sehari-hari nggak akan jauh dari pemikiran yang ada di kepala kita. Jadi, alangkah baiknya jika kamu selalu berusaha berpikiran positif. Cobalah untuk selalu mengambil hikmah dari apa pun yang terjadi pada dirimu, selalu cari hal-hal baik dari hal buruk sekalipun. Tuhan pasti merencanakan sesuatu untuk pengembangan dirimu agar di masa depan lebih sukses.

 

4. Membuat circle pertemanan

Lingkungan sangat mempengaruhi perilaku seseorang sehingga bisa memengaruhi kesuksesan di masa depannya. Kamu saat ini sudah dewasa dan tentu nggak ingin menyia-nyiakan waktu dengan lingkungan yang buruk. Mulailah untuk membuat lingkaran pertemanan dengan orang-orang yang bisa membawamu menjadi pribadi lebih berkembang. Bukan bermaksud nggak boleh berteman dengan siapa saja, tentu sebagai makhluk sosial hal itu perlu. Namun, jika kamu memiliki circle yang baik, kebiasaan-kebiasaan baik di lingkunganmu lama-lama akan membentuk dirimu menjadi pribadi yang baik juga. Circle ini juga akan membuatmu lebih mudah dalam bersosialisasi.

 

Artikel Terkait: Rahasia Keberhasilan Berkarier

  1. Rahasia Keberhasilan Karier 8 Publik Figur Kenamaan
  2. Bagaimana Cara Menyeimbangkan Karier dan Kehidupan Pribadimu?
  3. 3 Wanita Sukses yang Dapat Mendatangkan Motivasi dalam Berkarier

 

5. Kegagalan itu proses

Dalam memperjuangkan sesuatu kadang kita menemui hambatan yang membuat gagal meraihnya. Kegagalan memang akan membuat kita frustasi, tapi jangan lama-lama berlarut dalam kekecewaan. Sebaiknya kamu segera bangkit dan menghadapi hambatan itu dengan cara baru yang lebih kreatif. Nggak ada orang sukses yang berproses tanpa kegagalan. Sebaliknya, kamu justru perlu menghabiskan takdir kegagalan selagi masih muda agar bisa lebih cepat meraih kesuksesan yang diinginkan.

 

Sukses dalam berkarier nggak bisa kamu dapatkan jika hanya bersantai-santai saja. Sudah siap menghadapi semua tantangan dalam berkarier?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 

   PAULUS RISANG