Beranda > Karier Sukses > Pentingnya Belajar Sejarah dalam Perkembangan Karakter Anak

Pentingnya Belajar Sejarah dalam Perkembangan Karakter Anak

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Pentingnya Belajar Sejarah dalam Perkembangan Karakter Anakwatermark

TUNAIKU.COM – Ada pepatah mengatakan bahwa bangsa yang hebat adalah bangsa yang menghargai sejarah. Maksudnya, kita sebagai bangsa yang hebat harus mengingat sejarah dan belajar dari apa yang terjadi di masa lalu. Sejarah memang penting untuk diajarkan sedari dini pada anak. Sayangnya, belajar sejarah terkesan menjemukan dan membosankan sehingga banyak yang mengaku nggak suka dengan palajaran sejarah. Padahal, sejarah bermanfaat juga bagi perkembangan karakter anak.

 

Sebenarnya, apa sih pentingnya belajar sejaran bagi perkembangan karakter anak? Berikut beberapa alasan yang menjadikan belajar sejarah penting bagi anak.

 

Artikel Terkait: Tantangan Merawat Balita

  1. 10 Tantangan Besar yang Sering dialami di Tahun Pertama Menjadi Ibu
  2. Yuk,Ikuti Tahapan yang Tepat Siapkan Anak Masuk Prasekolah
  3. 5 Ide Kado Menarik Untuk Anak yang Menginjak Usia 1 Tahun

 

1. Mengajarkan nilai nasionalisme

Saat belajar sejarah, anak akan mengetahui bagaimana terbentuknya Nusantara hingga Indonesia seperti yang mereka kenal saat ini. Mereka juga akan memahami bagaimana Indonesia terbentuk dari berbagai suku, ras, adat, hingga agama terbentang dari ribuan pulau dan berakhir berdiri tegak dalam satu bendera. Hal positif dari yang mereka pelajari, tumbuhnya jiwa nasionalisme dalam diri mereka seiring dengan semakin mengenalnya mereka tentang nilai sejarah Indonesia.

 

2. Mencontoh nilai perjuangan pahlawan

Saat mempelajari sejarah, anak juga akan mempelajari bagaimana perjuangan kakek buyut mereka yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Melalui sejarah mereka akan menemukan inspirasi dari pejuangan para pahlawan terdahulu. Bagaimana pahlawan mengorbankan nyawanya untuk berjuang melawan penjajah. Ini juga akan melatih rasa patriotisme anak sehingga lebih cinta dan mau berjuang untuk Negara.

 

Artikel Terkait: Memahami Tumbuh Kembang Anak

  1. Kapan Anak Perlu Untuk Ikut Kelas Tambahan atau Bimbel?
  2. Tips untuk Atasi Sindrom Telat Berbicara pada Anak
  3. Yakinkan Perkembangan Anak Sebelum Masuk Prasekolah

 

3. Melatih disiplin dan etos kerja yang tinggi

Sejarah adalah tentang menghargai data secuil apa pun yang ditemukan. Bagaimana mengumpulkan fakta dengan serius dan mendetail. Sehingga ini akan melatih rasa displin dan etos kerja anak karena melihat perjuangan di balik itu.

 

Nah, setelah tahu apa pentingnya belajar sejarah, sebagai orang tua kamu juga harus proaktif dalam mengenalkan sejarah pada anak. Kamu bisa mengajak anak berkunjung ke museum, menceritakan kisah sejarah Indonesia, atau memberi mereka buku untuk dibaca sendiri. Dengan begitu anak akan lebih mengenal sejarah bangsanya tersendiri. Kalau mereka memang bosan cobalah untuk memberikan permainan asyik dengan tema sejarah. Kamu juga bisa menggunakan alat peraga seperti kostum pahlawan, video, atau set alat peraga sejarah lainnya. Selamat mencoba.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU3

Mobile Site CTA

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett