SWARA – Saat berpuasa, biasanya sebagian orang akan merasa memiliki tantangan tersendiri untuk tetap optimal dalam menjalani aktivitasnya. Khusus untuk yang menjalankan ibadah puasa, minggu-minggu pertama pasti akan menjadi periode terberat, karena harus beradaptasi dengan siklus baru pada aktivitasnya.

 

Yang biasanya sarapan sebelum berangkat ke kantor, kini harus menahan lapar dan haus hingga waktu berbuka tiba. Oleh karena itu, sebagian dari mereka akan merasa lemas dan kurang fit saat beraktivitas karena berpuasa.

 

Kebetulan nih, sebentar lagi, umat muslim di seluruh dunia akan menyambut bulan suci Ramadan. Pada bulan ini, mereka diwajibkan untuk menahan lapar, haus, dan emosi dalam waktu yang telah ditentukan, yaitu mulai dari waktu imsak hingga waktu azan magrib tiba.

 

Semua orang akan bergembira dalam menyambut bulan Ramadan ini, sebab akan ada banyak waktu untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat dalam waktu berbuka puasa. Tidak hanya umat muslim, semua orang dengan agama apapun juga akan menyambut bulan ini dengan penuh suka cita.

 

Artikel Terkait: Tips menarik untuk kamu yang sedang berpuasa

  1. Tetap Fit Saat Jogging Walau Sedang Berpuasa
  2. Agar Selalu Aman, Ini 5 Tips Aman Menyetir saat Sedang Berpuasa
  3. 7 Tips Kerja Cerdas Saat Berpuasa untuk #TunaikanRamadan dengan Profesional

 

Ritual berbuka puasa akan ditunggu-tunggu oleh semua kalangan

 

Tips dan Trik Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Berpuasa

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bulan Ramadan ini akan ditunggu-tunggu oleh semua kalangan. Terutama saat-saat untuk berbuka puasa. Karena, pada momen ini, semua orang bisa berkumpul untuk melaksanakan buka puasa secara bersama-sama.

 

Uniknya, di Indonesia, momen-momen seperti itu juga akan dirayakan oleh berbagai kalangan dan dari berbagai macam keyakinan. Karena, di balik kesibukan yang luar biasa, orang-orang akan sulit dalam menyatukan waktu untuk berkumpul, sehingga, mereka akan menggunakan momen berbuka puasa untuk berkumpul dengan orang-orang terdekat.

 

Memangnya, puasa akan bikin tubuhmu jadi lemas?

 

Tips dan Trik Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Berpuasa

Di balik momen-momen berbuka puasa, umat muslim harus berjibaku dengan kesibukan yang ditambah dengan ibadah berpuasa. Dengan berpuasa, pastinya semua orang akan mengalami kekurangan cairan dalam tubuh, sehingga akan muncul gejala tubuh yang kurang fit dan lemas.

 

Namun, itu semua bukanlah menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Karena, ada banyak cara dan tips untuk bisa menjaga kebugaran saat menjalankan ibadah berpuasa.

 

Nah, oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa tips dan trik khusus supaya kamu bisa tetap bugar dan semangat beraktivitas walaupun sedang berpuasa. Dijamin ampuh, guys!

 

1. Wajib untuk makan sahur

 

Sumber: Dream.co.id
Sumber: Dream.co.id

Sebelum berpuasa, sebaiknya kamu harus bangun sahur untuk makan dan minum. Anggaplah, sahur adalah sebagai pengganti sarapan yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Tentunya, kegiatan sahur ini akan menjadi modalmu untuk menghadapi aktivitas di siang hari nanti.

 

Selain untuk menjaga kesehatan, sahur juga memiliki nilai pahalanya tersendiri, lho! Jadi, jangan malas ya buat bangun sahur!

2. Minumlah vitamin

 

Karena organ tubuhmu akan beristirahat selama berpuasa, maka dari itu, tubuhmu akan membutuhkan asupan tambahan sebagai penambah energi. Karenanya, kamu bisa mengonsumsi vitamin sebagai penambah energimu.

 

Dijamin, kamu akan tetap bugar selama beraktivitas walaupun sedang menjalankan ibadah puasa.

 

3. Berbuka dengan makanan yang proporsional

 

Tips dan Trik Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Berpuasa

Makanan yang proporsional? Yap, kamu harus berbuka dengan makanan yang lengkap. Maksudnya adalah mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Mungkin, kalau orang Indonesia lebih mengenal dengan istilah “4 Sehat 5 Sempurna”.

 

Untuk memenuhi asupan di dalam tubuh, usahakan kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, serta kalsium agar tetap bugar dan segar walaupun sedang berpuasa.

 

4. Perbanyak minum air putih

 

Tips dan Trik Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Berpuasa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, orang yang berpuasa akan kehilangan banyak cairan tubuh. Untuk itu, disarankan untuk kamu yang sedang berpuasa agar memperbanyak minum air putih.

 

Tapi ingat, minumnya bukan saat kamu sedang berpuasa, ya!

 

Walau tidak berasa, air putih ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh kita, lho! Air putih bisa membangkitkan semangat dan juga meningkatkan kepercayaan diri kita. Karena khasiatnya tersebut, kamu dianjurkan untuk minum air putih delapan gelas per hari.

 

“Lah, kan kita sedang puasa, kapan harus minum air putih sebanyak itu?”

 

Kamu bisa mengonsumsi air putih tersebut dengan membaginya ke dalam dua waktu, yaitu empat gelas saat berbuka dan empat gelas lagi setelah sahur. Delapan gelas air putih tersebut setara dengan dua liter air putih, lho!

 

5. Tetap jaga pola tidur

 

Tips dan Trik Agar Tetap Semangat Beraktivitas Saat Berpuasa

Sebagian orang pasti akan merasakan jam tidurnya akan berkurang saat bulan Ramadan. Hal itu dikarenakan waktu sahur di dini hari. Kita harus bangun dan melakukan makan dan minum di jam-jam tersebut.

 

Tapi, jangan jadikan momen tersebut sebagai alasan untuk kamu bisa “mengantuk bebas” saat bekerja atau beraktivitas. Dengan membuat pola tidur yang baik dan teratur, tentunya akan menunjang produktivitasmu dan juga meningkatkan ketahanan daya tubuhmu.

 

Artikel Terkait: Kamu tinggal di Surabaya? Nih, beberapa rekomendasi untuk berbuka puasa

  1. #TUNAIKANRAMADAN dengan Berbuka Puasa di 7 Resto Menu Jepang Surabaya
  2. 10 Tempat Ngabuburit Murah dan Seru di Surabaya, Bikin Buka Puasa Makin Asik
  3. 5 Tempat di Surabaya Sajikan Menu Buka Puasa‘Salted Egg’, #TunaikanRamadan dengan Nikmat

6. Buat aktivitasmu menjadi efektif dan efisien

 

Kalau yang biasanya kamu sangat berenerjik saat beraktivitas, mungkin kamu bisa sedikit mengurangi “ke-Hyper-active” an mu dalam beraktivitas saat berpuasa.

 

Kamu harus bisa mengimbangi beban kerjamu dengan kondisi fisik saat berpuasa, karena hal tersebut bisa membuat fisikmu menjadi lebih lemas dan tidak semangat dalam bekerja.

 

Jadi, buatlah aktivitasmu menjadi seefektif dan seefisien mungkin, ya!


dhandyDhandy Dwi Yustica