SWARA – Kamu baru lulus kuliah atau sedang mencari pekerjaan baru? Kalau iya, mungkin kamu perlu tahu jenis-jenis pekerjaan yang paling dicari di 2021 mendatang. 

 

Tren di dunia kerja memang terus berubah-ubah. Sejak pandemi melanda, sudah terjadi pergeseran tren dalam jenis pekerjaan yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan. 

 

Siapa tahu, bila kamu mempersiapkan diri dari sekarang, kamu memiliki peluang untuk menekuni bidang pekerjaan yang paling dicari ini. Berikut 10 jenis pekerjaan yang akan banyak dibutuhkan di tahun 2021:

 

  • Perawat

 

Sebelum pandemi Covid-19 melanda, minat terhadap profesi sebagai perawat mungkin tidak terlalu tinggi di kalangan generasi muda. Akan tetapi, kini pekerjaan perawat justru menjadi pekerjaan yang paling dicari dan dibutuhkan.

 

Permintaan akan pekerjaan perawat sedang naik daun saat ini. Hal ini juga dipengaruhi oleh kondisi pandemi yang tak kunjung usai. Masyarakat membutuhkan perawat yang bisa membantu dalam memberikan arahan medis di tengah kepanikan terhadap virus. 

 

  • Ahli terapi wicara

 

Profesi satu ini mungkin terdengar asing di telingamu. Memang, pekerjaan sebagai ahli patologi terapi wicara bukanlah pekerjaan yang populer di kalangan generasi milenial. 

 

Terapis wicara bekerja untuk melatih orang dewasa, lansia, ataupun anak-anak yang mengalami gangguan dalam berbahasa. Kondisi ini biasanya dialami sebagai efek dari penyakit stroke, demensia, dan penyakit lainnya. 

 

Oleh karena generasi muda yang memiliki jalur pekerjaan ini tidak banyak, maka pekerjaan sebagai terapis wicara menjadi semakin dicari. Untuk bisa menjalani profesi ini, kamu perlu memiliki gelar master terlebih dahulu.

 

  • Software developer

 

Kamu tentu tahu bagaimana kebutuhan terhadap profesi developer di era digital seperti sekarang ini. Segala bentuk aktivitas bergantung pada teknologi digital, khususnya di era pandemi.

 

Hal ini membuat banyak perusahaan, bahkan perusahaan konvensional sekalipun, mulai beralih ke ranah digital. Oleh karena itu, mereka akan memerlukan tenaga software developer untuk melangsungkan bisnisnya.  

 

  • Information security analyst

 

Pekerjaan satu ini juga berhubungan dengan pemakaian teknologi digital dalam kegiatan sehari-hari. Karena berbagai aktivitas kini dilakukan secara online, diperlukan keamanan yang baik agar data dan informasi pribadi yang tersimpan secara digital tidak mudah diakses oleh orang lain.

 

Setiap perusahaan yang menjalankan bisnisnya di ranah digital memerlukan information security analyst. Mereka perlu memastikan rahasia perusahaan tetap terjaga, sehingga sangat memerlukan tenaga dari para analyst ini. 

 

  • Guru sekolah dasar

 

Kebutuhan akan tenaga guru kian meningkat. Saat ini, tidak banyak guru muda yang mengajar di sekolah dasar. Hal ini membuat kegiatan belajar mengajar menjadi sulit, khususnya saat pendidikan mulai bergantung pada teknologi digital seperti selama pandemi.

 

Karena itu, guru sekolah dasar akan menjadi salah satu pekerjaan paling dicari di tahun 2021 mendatang. Sekolah negeri maupun sekolah swasta sama-sama terus memerlukan tenaga guru baru.

 

Untuk menjadi guru di era digital seperti saat ini, kamu harus bisa berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi dengan baik. Hal ini penting, karena murid yang kamu ajar bisa saja jauh lebih melek teknologi darimu. 

 

  • Penasihat keuangan

 

Situasi ekonomi yang tidak menentu sejak pandemi membuat orang-orang menyadari pentingnya mengelola keuangan dengan baik. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki pemahaman akan hal ini. Di sinilah kebutuhan akan penasihat keuangan semakin meningkat.

 

Bekerja sebagai penasihat keuangan memberikan kamu prospek yang cukup besar. Kamu bisa menjadi penasihat bukan hanya bagi perusahaan, tetapi juga untuk individu. 

 

Tentunya, untuk bisa menjadi seorang penasihat keuangan, kamu harus memiliki pemahaman mendalam seputar finansial. Selain itu, kemampuan untuk membangun relasi yang baik dengan client juga diperlukan, karena untuk bisa mendapatkan pekerjaan, kamu akan bergantung pada permintaan dari client

 

  • Ahli statistik

 

Dilansir dari Kontan, pekerjaan sebagai ahli statistik juga akan dibutuhkan di tahun 2021. Karena, perusahaan akan memerlukan ahli statistik untuk mengolah data yang mereka miliki.

 

Ahli statistik akan mengolah data-data perusahaan untuk kemudian dijadikan acuan bagi perusahaan dalam membuat perencanaan di masa depan. Data yang diolah itu akan memberikan kesimpulan serta solusi atas permasalahan yang dihadapi perusahaan.

 

  • Ahli listrik

 

Percaya atau tidak, pekerjaan sebagai ahli atau teknisi listrik juga semakin dicari di tahun 2021 nanti. Oleh karena hampir semua aktivitas kini berbasis digital, sedikit saja masalah pada listrik akan memberikan dampak fatal dan menghambat aktivitas masyarakat.

 

Karena itu, ahli listrik profesional pun menjadi semakin dibutuhkan. Kamu tidak harus lulus dari perguruan tinggi untuk bisa menjalani profesi ini. Kamu juga bisa memilih apakah ingin bekerja sebagai ahli listrik dengan orang lain, atau membuka usaha sendiri. 

 

  • Human resources (HR)

 

Pekerjaan HR sudah sejak lama dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan perlu merekrut karyawan berkualitas, dan mereka memerlukan tenaga HR untuk bisa melakukannya. Selain itu, HR juga dibutuhkan sebagai jembatan antara karyawan dengan pihak perusahaan.

 

Oleh karena itu, di tahun 2021 pun, profesi sebagai HR masih akan banyak dicari oleh perusahaan. Bahkan, bukan hanya di tahun 2021, profesi HR sudah menjadi profesi populer dan paling banyak dicari setiap tahunnya. 

 

  • Ahli pemasaran

 

Pekerjaan sebagai ahli pemasaran lebih dikenal dengan marketing. Tim marketing yang kompeten adalah ujung tombak dari perusahaan. Teknik pemasaran yang baik bisa membuat produk yang dijual oleh perusahaan semakin dikenal dan dicari oleh masyarakat.

 

Saat ini, banyak kegiatan marketing yang dilakukan di ranah digital. Karena itu, untuk bisa menjadi ahli marketing yang baik, kamu harus juga bisa memahami situasi pasar digital saat ini. 

 

Kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus mengenai marketing apabila kamu tidak punya latar belakang di bidang marketing sebelumnya.

 

Itulah 10 pekerjaan yang paling dicari di tahun 2021. Oleh karena permintaan yang cukup tinggi, kesepuluh pekerjaan ini bisa memberikan prospek yang menjanjikan untuk perkembangan kariermu di masa depan.