Beranda > Karier Sukses > Ini Dia Enam Kampus Terbaik di Indonesia untuk Jurusan Jurnalistik

Ini Dia Enam Kampus Terbaik di Indonesia untuk Jurusan Jurnalistik

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Ini Dia Enam Kampus Terbaik di Indonesia untuk Jurusan Jurnalistikwatermark

TUNAIKU.COM-Bagi sebagian orang, profesi jurnalis menjadi profesi yang menarik. Tak hanya menyenangkan, namun terkadang juga menegangkan. Nah, kalau kamu memiliki anak, adik, atau keponakan yang memiliki cita-cita menjadi seorang jurnalis, sebagai tahap awal kamu bisa mengusulkan mereka untuk berkuliah di universitas yang menyediakan jurusan atau program studi Jurnalistik.

 

Di Indonesia sendiri, ada beberapa universitas ternama dengan jurusan Jurnalistik yang sudah diakui kredibilitasnya. Di jurusan ini, mahasiswa akan digembleng dan disiapkan untuk menjadi jurnalis-jurnalis andal nantinya. Kira-kira, universitas mana saja, ya, yang memiliki jurusan Jurnalistik terbaik di Indonesia?

 

1. Universitas Diponegoro (Undip), Semarang

Jurusan Jurnalistik di Universitas Diponegoro masuk ke dalam program studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). FISIP sendiri memiliki dua konsentrasi, yaitu Strategis yang terdiri dari jurusan Public Relations dan Marketing serta konsentrasi Jurnalistik. Program studi Ilmu Komunikasi Undip ini termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia, lho. Pastinya, karena sudah mendapatkan Akreditasi A dan BAN-PT.

 

Untuk biaya kuliah, Undip sudah menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal atau UKT yang dibayarkan setiap semester. Penerapan UKT membuat para mahasiswa baru tidak dikenakan uang gedung atau uang pangkal. Besarnya biaya UKT disesuaikan dengan pendapatan wali mahasiswa yang dibagi menjadi tujuh golongan. Besaran biaya tiap-tiap golongan berbeda, mulai dari Golongan 1 dengan biaya Rp0—500 ribu/semester sampai golongan 7 yang berbiaya Rp7,5 juta/semester

 

Artikel Terkait: S2 dengan Beasiswa? Kenapa Nggak!

  1. Ingin Dapat Beasiswa LPDP? Simak Kisah dan Tips dari Penerima Beasiswa LPDP Ini
  2. Biaya Kuliah S2 Hukum di Universitas Negeri Indonesia, Ini Rincian Dananya
  3. Sambil Kerja Lanjut Kuliah S2 di Universitas Negeri, Ini Rincian Biayanya

 

2. Univesitas Indonesia (UI), Depok

Salah satu universitas terbaik di Indonesia yang juga menyediakan jurusan Jurnalistik adalah Universitas Indonesia. Di universitas yang terletak di Depok, Jawa Barat ini Jurnalistik masuk ke dalam Program Sarjana Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

 

Sama halnya dengan Undip, UI juga sudah menerapkan biaya kuliah UKT sehingga mahasiswa baru tidak perlu membayar uang gedung di awal dan biaya kuliah juga akan disesuaikan dengan jumlah pendapatan wali mahasiswa.

 

3. Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung

Universitas Padjajaran juga bisa menjadi opsi bagi mahasiswa yang ingin mempelajari ilmu jurnalistik. Unpad memiliki Program Studi Jurnalistik yang masuk dalam Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), bertujuan untuk membentuk sarjana-sarjana terampil dalam menghimpun, mengolah, menyajikan data, serta menyampaikan informasi secara luas melalui media massa. Untuk berkuliah di program studi ini, biaya yang perlu disiapkan berkisar antara Rp500 ribu hingga Rp6 juta/semester tergantung dari golongan UKT yang didapatnya.

 

4. Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Tangerang

Dari nama universitasnya saja sudah cukup menunjukan bahwa ini adalah perguruan tinggi yang concern di dunia media dan broadcasting. UMN jadi pilihan cocok untuk belajar jurnalistik karena UMN akan membekali mahasiswanya dengan ilmu-ilmu seputar jurnalistik, multimedia, serta soft skill etika jurnalistik. Melalui metode pembelajaran berbasis pengalaman langsung, mahasiswa UMN diajak untuk melakuan ekplorasi terhadap bentuk-bentuk baru jurnalisme, seperti virtual reality journalism, augmented reality journalism, data journalism, drone journalism, visual journalism, mobile journalism, dan lain-lain

 

Artikel Terkait: Menghasilkan Uang dari Pekerjaan Freelance

  1. 5 Pekerjaan Freelance yang Bisa Kamu Lakoni Sambil Nunggu Panggilan Kerja
  2. 14 Bisnis Sampingan Mahasiswa yang Beromzet Puluhan Juta Rupiah
  3. Inilah 5 Cara Memperoleh Penghasilan Tambahan Buat Pekerja Kantoran!

 

5. Universitas Airlangga (UNAIR), Surabaya

Universitas yang terletak di Surabaya, Jawa Timur, ini juga bisa menjadi opsi bagi calon mahasiswa yang ingin mempelajari dunia jurnalisme lebih dalam lagi. Di program studi Ilmu Komunikasi yang masuk dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, mahasiswa bisa memilih dua peminatan, yaitu Minat Studi Media (Media Studies) yang mana mahasiswa akan mempelajari ilmu seputar media semisal televisi, radio, film, advertising, jurnalistik, dan lain-lain. Lalu adapula Minat Studi Komunikasi Korporat (Corporate Communication) yang mana mahasiswa akan mempelajari ilmu mengenai public relations, komunikasi organisasi, komunikasi bisnis, dan manajemen komunikasi perusahaan.

 

6. Universitas Esa Unggul, Jakarta

Universitas Esa Unggul juga merupakan salah satu universitas yang menyediakan jurusan Jurnalistik. Masuk ke dalam Fakultas Ilmu Komunikasi, di sini mahasiswa akan diasah menjadi jurnalis andal dengan diajarkan cara menghimpun berita, mencari fakta dan melaporkan peristiwa melalui pengumpulan, penulisan, penafsiran, dan metode lainnya hingga dipublikasikan di media massa.

 

Untuk biaya kuliah jurnalistik di Universitas Esa Unggul, mahasiswa bisa menyiapkan bujet sekitar Rp9 juta hingga Rp15 juta per semesternya.

 

Nah itu dia beberapa rekomendasi universitas yang memiliki jurusan Jurnalistik. Pahami segala informasi tentang kampus, sistem belajar, peminatan, dan biayanya terlebih dahulu, ya. Agar nantinya nggak menyesal di kemudian hari.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett