SWARA – Semua orang pasti sudah tahu bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan kasih sayang. Bahkan, dampak positif dari bulan Ramadan juga bisa terasa oleh orang-orang yang tidak menjalankan ibadah puasa di bulan ini.

 

Namun, tahukah kamu? Di bulan Ramadan ini, terdapat beberapa momen yang sangat istimewa dan hanya ada di bulan ini. Momen-momen ini tentunya sangat baik dan bisa mendulang banyak pahala jika kita bisa melakukan dan memanfaatkannya.

 

Nah, berikut ini adalah beberapa momen istimewa yang hanya ada di bulan Ramadan. Yuk, simak selengkapnya!

 

1. 3 Tahapan di bulan Ramadan

 

Pada setiap bulan Ramadan, terdapat tiga tahapan yang membagi jumlah hari dalam satu bulan ke dalam tiga tahapan. Umumnya, satu tahap tersebut terdiri dari 10 hari. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah 3 tahapan istimewa yang ada di bulan Ramadan;

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang Ramadan

  1. 5 Cara Tetap Mesra dan Harmonis di bulan Ramadan
  2. Ramadan #berbagi5enyum dengan Tips Agar Doa Lebih Cepat Terkabul
  3. Google Siap Hadir Menemani di Setiap Momen Penting Ramadan

 

A. Yaumur Rahmah

 

Tahapan yang pertama ini disebut juga sebagai tahapan pembentukan kasih sayang atau Rahmat. Tahapan ini berada pada 10 hari pertama di bulan Ramadan.

 

Pada 10 hari pertama ini, banyak Rahmat yang tercurah dan diturunkan Allah kepada umatnya. Maka dari itu, di 10 hari pertama ini kita dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa dan beribadah kepada Allah, serta berbuat baik kepada sesama kita. Itu semua dilakukan supaya kita selalu berada di jalan yang benar serta selalu berada di dalam Rahmat-Nya.

 

B. Yaumul Maghfirah

 

Kemudian, tahapan yang kedua berada pada 10 hari kedua di bulan Ramadan, yaitu Maghfirah. Pada 10 hari kedua ini, banyak sekali dosa yang akan diampunkan jika umatnya mau bertaubat pada Allah SWT.

 

Maka dari itu, di 10 hari kedua ini dianjurkan untuk memperbanyak salat malam, doa dan zikir, serta memperbanyak bermuhasabah (instrospeksi). Selain itu, dianjurkan juga untuk berdoa untuk memohon ampunan Allah atas segala dosa dan juga dijauhkan dari siksa api neraka.

 

C. Itkum Minannar

 

Terakhir, tahapan yang ada di bulan Ramadan adalah berada di 10 hari terakhir, yaitu itkum minannar. Tahap ini disebut juga sebagai tahapan untuk pembentukan sikap peduli sesama, kasih sayang, dan pemaaf.

 

Selain itu, yang terpenting adalah di tahap akhir adalah tahapan untuk menghindarkan diri dari siksa api neraka. Maka dari itu, di 10 hari terakhir ini, kita diberi kesempatan untuk menyucikan diri dan banyak-banyak berdoa untuk senantiasa dihindarkan dari api neraka.

 

2. Nuzulul Quran

 

Momen berikutnya yang sangat istimewa di bulan Ramadan adalah Nuzulul Quran. Seluruh umat muslim di seluruh dunia memperingati Nuzulul Quran setiap tanggal 17 Ramadan.

 

Nuzulul Quran itu sendiri adalah momen turunnya Alquran untuk pertama kali pada 17 Ramadan ke Nabi Muhammad SAW. Alquran tersebut diturunkan melalui Malaikat Jibril, dengan wahyu pertama yaitu surat Al-Alaq ayat 1-5. Pada saat itu, Nabi Muhammad sedang berada di Gua Hira, kemudian tiba-tiba Malaikat Jibril datang untuk menyampaikan wahyu tersebut.

 

Tahukah Kamu? Inilah Momen-momen yang Paling Istimewa di Bulan Ramadan!

Seketika Nabi Muhammad langsung ketakutan dan menggigil. Akhirnya, Rasulullah pulang dan menceritakan pengalamannya kepada istrinya. Nah, sejak saat itulah Nabi mendapat gelar Rasul, yakni Nabi yang mendapatkan wahyu untuk disebarkan kepada umat manusia.

 

Itulah sedikit sejarah mengenai Nuzulul Quran, dan pada saat itu turunnya Alquran tidak secara sekaligus. Menurut sejarah, terdapat beberapa tahapan yang jika dirunut lama waktunya selama 22 tahun 2 bulan dan 22 hari.

 

Nah, di setiap momen ini, biasanya akan diisi dengan pengajian khusus yang bertemakan Nuzulul Quran. Pada pengajian tersebut akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti membaca doa, membaca Alquran, memperbanyak zikir, mengerjakan salat sunah malam, dan beberapa ibadah lainnya.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang Ramadan

  1. Ingin Ramadan yang Lebih Berkesan? Coba 3 Aplikasi Ini!
  2. #berbagi5enyum Cek Pengeluaran Harian Selama Ramadan untuk Perbanyak Dana Sedekah
  3. Fitur LINE Ramadan Ajak Pengguna untuk Julit dan Baper Saat Puasa!

 

3. Lailatul Qadar

 

Momen berikutnya dan sangat istimewa ini disebut dengan Lailatul Qadar atau malam kemuliaan. Pada bulan Ramadan, terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu pada Malam Kemuliaan atau Lailatul Qadar.

 

Nah, jika seorang muslim yang bisa mengerjakan ibadah pada malam ini, maka niscaya akan mendapatkan berbagai keistimewaan yang membuat pahalanya lebih mulia dibandingkan malam-malam lainnya.

 

Tahukah Kamu? Inilah Momen-momen yang Paling Istimewa di Bulan Ramadan!

Kapan sih datangnya malam kemuliaan ini? Berikut adalah salah satu riwayat dari Bukhari, yang menyebutkan;

 

Riwayat pertama, datang dari Aisyah, yang menyebut Rasulullah bersabda, “Carilah lailatul qadar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh akhir bulan Ramadan,” (H.R. Bukhari)

 

Kapan datangnya Lailatul Qadar setiap tahunnya adalah rahasia Allah. Namun, terdapat beberapa petunjuk yang menyiratkan bahwa malam ini terjadi pada sekitar 10 hari terakhir Ramadan.


dhandyDhandy Dwi Yustica