SWARA – Di momen Ramadan ini, berbuat kebaikan, #berbagi5enyum, dan hal positif lainnya selalu menjadi hal utama yang patut untuk dilakukan. Tak hanya itu, berbagi dengan sesama juga menjadi salah satu kegiatan yang paling disarankan pula di bulan Ramadan ini.

 

Semua hal tersebut ternyata bisa disebut dengan ibadah dalam bentuk lain. Karena pada hakikatnya, ibadah adalah perbuatan untuk menyatakan bakti kepada Allah SWT, yang disadari ketaatan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

 

Ibadah tak pernah lepas dari sebuah doa

 

Berbicara mengenai ibadah, tentu kita paham betul bahwa ibadah tak lepas dari sebuah doa. Oleh karena itu, di setiap ibadah yang dilakukan, pasti akan ada terselip doa yang dipanjatkan untuk mengharapkan sebuah kebaikan datang menghampirinya.

 

Namun, apakah sebuah doa yang kita panjatkan akan cepat untuk terkabul? Atau justru tidak sama sekali? Itu semua berbalik pada Sang Maha Pencipta. Tapi, satu hal yang harus diyakini adalah Allah SWT akan selalu memberikan yang terbaik menurut-Nya bagi umatnya yang berdoa.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang ibadah di bulan Ramadan

  1. #berbagi5enyum Cek Pengeluaran Harian Selama Ramadan untuk Perbanyak Dana Sedekah
  2. Ingin Ramadan yang Lebih Berkesan? Coba 3 Aplikasi Ini!
  3. Mau Ajak Orang Tua Umrah Tahun Depan? Yuk, Intip Tipsnya!

 

Kemudian, tahukah kamu? Sebenarnya ada beberapa tips agar doa yang kita panjatkan lebih cepat untuk terkabul, lho! Nah, berikut ini adalah ulasannya yang dirangkum dari beberapa sumber.

 

1. Rendahkan hati, ikhlaskan diri, dan serahkan pada-Nya

 

Pertama, sebelum kamu memanjatkan sebuah doa, pastikan dulu bahwa kamu bisa merendahkan hati, mengikhlaskan diri, dan menyerahkan segalanya pada-Nya. Karena harus diingat, bahwa semua yang ada di dunia ini adalah miliknya.

 

Setelah itu, barulah kamu bisa memanjatkan seluruh doa yang ingin kamu sampaikan. Sampaikan dengan cara yang baik, bahasa yang baik, dan juga dari hati yang terdalam.

 

2. Berdoa dengan keadaan yang suci

 

Jika kita mau bertemu dengan seorang yang kita suka, pastinya kita akan bersiap dan berdandan serapi mungkin, kan? Nah, apalagi saat ingin berbicara pada Allah SWT?

 

Tentunya kamu juga harus melakukan hal yang sama. Caranya adalah dengan bersuci sebelum berdoa dan menggunakan pakaian yang pantas. Ingatlah, bahwa Allah harus selalu berada di atas di antara yang lainnya.

 

3. Selalu selipkan doa setelah salat

 

Di setiap salat yang kamu lakukan, janganlah terlewat untuk menyampaikan doa setelahnya. Baik itu salat wajib, maupun salat sunnah. Karena, waktu setelah salat adalah salah satu waktu yang dianjurkan untuk memanjatkan doa.

 

4. Berzikir, berselawat, dan berdoa setiap waktu

 

Tak terbatas pada waktu-waktu tertentu, kamu juga bisa memanjatkan doa di kala senggang. Sembari memanjatkan doa, kamu juga bisa sambil berzikir dan berselawat kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Ketiga hal tersebut sebisa mungkin kamu lakukan jika kamu sedang tidak ada kegiatan atau waktu senggang. Hal tersebut tentunya lebih baik dibanding melakukan hal-hal negatif, kan?

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang ibadah di bulan Ramadan

  1. Fitur LINE Ramadan Ajak Pengguna untuk Julit dan Baper Saat Puasa!
  2. Benarkah Menjalankan Puasa Saat Sudah Menikah Terasa Lebih Bahagia? Yuk, #berbagi5enyum Dengan Pasangan!
  3. 5 Tips Atur Waktu Agar Ibadah dan Bekerja Dapat Berjalan Beriringan Selama Puasa

 

5. Gunakan waktu yang mustajab untuk lebih mendekatkan diri

 

Secara khusus, ada waktu-waktu yang mustajab atau tepat untuk memanjatkan doa. Jika kamu bisa memanjatkan doa di waktu-waktu ini, niscaya doa mu akan lebih cepat terkabul oleh-Nya.

 

Salah satunya adalah saat sepertiga malam akhir, di mana kamu dan Yang Maha Kuasa akan berada di momen yang saling dekat satu sama lain. Oleh karena kedekatan tersebut, maka doa yang kamu panjatkan juga akan lebih besar kemungkinannya untuk dikabul dan diijabah oleh Allah SWT.

 

6. Yakinlah bawa Allah akan memberikan yang terbaik menurut-Nya

 

Terakhir, kamu harus yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik menurut-Nya bagi para umatnya. Jadi, jangan salahkan jika doa yang kamu panjatkan belum juga dikabulkan. Karena, bisa jadi hal itu adalah sesuatu yang terbaik bagimu.

 

Nah, itulah tadi beberapa cara atau tips agar doa yang kamu panjatkan bisa lebih cepat untuk terkabul oleh Allah SWT. Semoga beberapa informasi di atas bisa bermanfaat dan #berbagi5enyum, ya! Jadi, sudah seberapa sering #berbagi5enyum dengan sesama?


dhandyDhandy Dwi Yustica