SWARA – Sumber daya alam yang dimiliki di negara ini sangat beragam, mulai dari rempah-rempah, umbi-umbian, hingga biji-bijian tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Maka dari itu, Indonesia seharusnya mempelopori pengolahan dan pemanfaatan sumber daya alamnya yang melimpah dengan sebaik-baiknya.

 

Di Indonesia ini, pertanian merupakan salah satu bidang mata pencaharian yang sangat dibutuhkan, karena hasil bumi Indonesia akan dikelola sesuai dengan kondisi, tempat, dan kebutuhannya. Proses pengelolaannya mulai dari pengolahan tanah, penanaman bibit, hingga pengolahan hasil panen dilakukan oleh para petani secara langsung di lahan pertanian.

 

Tentunya, ada banyak kesulitan yang dialami oleh para petani di Indonesia dalam proses bertani. Misalnya, pengawasan yang tidak memungkinkan saat terjadi hujan atau kemarau berkepanjangan, juga proses pengolahan hingga panen yang pastinya membutuhkan banyak tenaga. Pasti banyak yang berpikir, mungkin, akan lebih mudah jika dapat mengendalikannya dari dalam rumah saja tanpa perlu keluar dan mengerjakannya satu-persatu. Kesulitan-kesulitan tersebut harus bisa diminimalisir.

 

Selain itu, tidak mungkin pertanian Indonesia dapat bersaing dengan pertanian dari negara lain apabila proses pengolahan sumber daya alamnya dikembangkan tanpa adanya inovasi teknologi pertanian modern. Mengingat ada negara maju yang sebenarnya hanya memiliki sumber daya alam dan manusia yang terbatas namun mampu menguasai ekspor hasil tani dari negaranya, berkat bantuan teknologi dalam proses pengelolaan sumber daya alamnya.

 

Balik lagi, jika dilihat dari kesulitan-kesulitan para petani di Indonesia, sebenarnya bisa diminimalisir dan akan menjadi lebih efisien dengan salah satu inovasi teknologi pertanian modern, yaitu dengan adanya Remote Control Farming. Mulai dari pengolahan tanah, penanaman bibit, pengawasan, hingga panen dapat dilakukan di rumah saja. Mungkin terdengar mustahil, namun sebenarnya bisa saja dilakukan.

 

Prinsip dari Remote Control Farming yaitu dengan adanya suatu sistem mekanis, yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat mengendalikan proses pengolahan dan pengawasan di lahan pertanian, kemudian terhubung dengan sistem dan teknologi yang ada di dalam rumah, sehingga petani bisa mengendalikannya dari dalam. Para petani tersebut hanya perlu mengawasi dan memerintahkan sistem tersebut dari dalam untuk menjalankan tugasnya. Namun tentunya, performa petani dalam hal ini pun tetap diperlukan. Hasil panen yang baik tetaplah hasil dari ketelitian dan usaha petaninya.

 

Dengan demikian, kesulitan-kesulitan para petani pun dapat diminimalisir serta mungkin, pertanian Indonesia akan pantas untuk disandingkan dengan pertanian dari negara lain.

 

 

Swara Kamu adalah media tempat warga net menumpahkan opini. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.