SWARA – Beberapa di antara kamu mungkin tertarik untuk melanjutkan pendidikan di jurusan perfilman. Di Indonesia, ada banyak kampus yang menyediakan jurusan perfilman, termasuk di area Bandung. 

 

Kuliah Jurusan Perfilman di Bandung

 

Bandung memang menjadi salah satu kota yang banyak diminati pelajar dan mahasiswa. Oleh karena itu, banyak juga lulusan SMA yang mencari kampus Bandung untuk belajar di jurusan perfilman. 

 

Bagi kamu yang ingin menekuni bidang perfilman di Bandung, berikut ini beberapa kampus yang menyediakan jurusan tersebut: 

 

  • Universitas Padjadjaran (Unpad)

 

Unpad merupakan salah satu universitas populer di Bandung. Walaupun lebih dikenal dengan keunggulan di bidang sains dan sosial, ternyata Unpad juga menyediakan jurusan perfilman. 

 

Di Unpad, jurusan perfilmannya disebut dengan program studi (prodi) Televisi dan Film. Program studi ini merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad. 

 

Menurut situs resmi Unpad, program studi Televisi dan Film mereka berakreditasi B. Nantinya, setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom).

 

Oleh karena merupakan perguruan tinggi negeri, kamu bisa mendaftar masuk ke Unpad melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Rata-rata biaya kuliah untuk prodi Televisi dan Film di Unpad mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp7,5 juta. 

 

  • Universitas Pasundan (Unpas)

 

Universitas lainnya di Bandung yang menyediakan jurusan perfilman adalah Unpas. Berbeda dengan Unpad, Unpas merupakan perguruan tinggi swasta. Jadi, jalur masuknya juga tidak bisa melalui SNMPTN maupun SBMPTN. 

 

Jurusan perfilman di Unpas dikenal sebagai program studi Fotografi & Film. Prodi ini ada di bawah naungan fakultas Ilmu Seni dan Sastra. 

 

Fotografi & Film di Unpas bisa dibilang sebagai prodi perfilman pertama di Jawa Barat. Sebab, prodi ini sudah ada sejak tahun 1996 silam dan kini sudah terakreditasi B. 

 

Khusus untuk program studi ini, biaya pendidikannya mencakup dana penyelenggaraan pendidikan, dana pembangunan, dana laboratorium, serta biaya praktikum berdasarkan hasil KRS per semester. Seluruh biaya itu mungkin akan berbeda pada setiap mahasiswa, namun rentangnya dimulai dari Rp7 juta. 

 

  • Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

 

UPI adalah salah satu perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Prodi Film dan Televisi di universitas ini merupakan bagian dari Fakultas Pendidikan Seni dan Desain. 

 

Oleh karena merupakan bagian dari fakultas tersebut, mahasiswa yang lulus dari prodi Film dan Televisi di UPI akan mendapatkan gelar Sarjana Seni (S.Sn.). Prodi ini tergolong masih baru, karena baru mulai didirikan pada tahun 2019. 

 

Jika ingin mendaftar jurusan perfilman di UPI Bandung, kamu bisa melewati jalur SNMPTN atau SBMPTN. Biaya kuliahnya berkisar mulai dari Rp3,5 juta sampai dengan Rp6,5 juta. 

 

  • Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung

 

Kampus satu ini memiliki spesialisasi dalam bidang seni dan budaya. Jurusan perfilman di ISBI Bandung dikenal sebagai prodi Film dan Televisi, menjadi bagian dari Fakultas Budaya dan Media. 

 

Prodi Film dan Televisi di ISBI merupakan program D4. Nantinya, setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar S.T.Sn, yaitu gelar yang diberikan bagi lulusan D4 jurusan seni. 

 

Pendaftaran ke jurusan ini bisa melewati jalur SNMPTN maupun SBMPTN. Biaya kuliahnya juga cenderung cukup murah, mulai dari Rp2 juta per semesternya. 

 

Prospek Kerja untuk Lulusan Jurusan Perfilman

 

Meskipun popularitas jurusan perfilman tidak setinggi jurusan sains dan sosial, bukan berarti jurusan ini tidak memiliki prospek yang baik. Bahkan, lulusan perfilman sebenarnya memiliki peluang karier yang besar, karena industri perfilman juga sedang naik daun saat ini. 

 

Di jurusan perfilman, kamu akan mendapatkan ilmu tentang film, mulai dari pembuatan sampai dengan cara mengkritik film. Selain itu, kamu juga akan diajarkan ilmu dasar mengenai broadcasting

 

Jika kamu memilih jurusan kuliah ini, nantinya kamu bisa menjalani karier sebagai: 

 

  • Sutradara

 

Seorang sutradara memiliki peran penting dalam menggerakkan produksi film. Para aktor dan juga kru film akan mengandalkan arahan dari sutradara sepanjang proses produksi.

 

Tentunya, untuk menjadi sutradara yang handal, kamu perlu mengetahui ilmu-ilmu mengenai produksi yang benar. Hal ini bisa kamu dapatkan jika kamu memilih kuliah jurusan perfilman, salah satunya di kampus Bandung. 

 

  • Content creator

 

Saat ini, pekerjaan sebagai content creator juga semakin diminati. Kelihatannya, profesi content creator di Youtube mungkin terlihat mudah. Namun, sebenarnya kamu perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memproduksi video serta mengeditnya. 

 

Hal-hal teknis mengenai cara produksi dan edit video bisa kamu pelajari ketika berkuliah di jurusan film dan televisi. Di sini, kamu juga akan diajarkan untuk melatih kreativitas ketika akan memproduksi konten. 

 

  • Animator

 

Animator adalah profesi yang cukup menjanjikan. Dari dulu sampai sekarang, film animasi selalu disukai banyak orang. Dalam jurusan film, kamu juga akan diajarkan untuk menjadi animator untuk produksi film, iklan, maupun video game

 

Pekerjaan sebagai animator menuntut kamu untuk memiliki jiwa kreativitas dan seni yang tinggi. Hal ini bisa kamu asah ketika berkuliah di jurusan film. 

 

  • Produser televisi

 

Banyak yang mengira profesi produser di program televisi hanya untuk lulusan broadcasting saja. Padahal, lulusan jurusan perfilman juga bisa menekuni bidang ini. 

 

Ketika menjadi produser, kamu harus memahami teknis dalam mengelola video, merangkai konten, dan memahami alur dalam proses produksi. Hal ini akan kamu pahami ketika kuliah di jurusan perfilman. 

 

Masih ada banyak lagi profesi yang bisa dijalani setelah lulus dari jurusan film. Oleh karena peluang kerjanya yang cukup luas, tidak ada ruginya jika kamu memilih jurusan ini saat kuliah nanti. Kamu bisa memilih salah satu dari keempat kampus Bandung yang telah disebutkan sebelumnya untuk melanjutkan kuliah ke jurusan perfilman.