SWARA – Pada bulan Februari lalu, pemerintah sudah membuka pendaftaran untuk program KIP Kuliah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan bahwa program ini akan dijalankan dengan skema Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mahasiswa. 

 

Sesuai namanya, BLT ini akan diberikan untuk khusus untuk kamu yang berstatus sebagai mahasiswa. Selama kamu sudah memenuhi syarat, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan ini.

 

Skema BLT Mahasiswa dalam KIP Kuliah

 

Dikutip dari Tempo, program KIP Kuliah ditargetkan untuk menyasar 200.000 mahasiswa baru. Total mahasiswa itu akan terbagi ke dalam program studi A untuk 61.000 mahasiswa, program studi B untuk 112.000 mahasiswa, dan program studi C untuk 27.000 mahasiswa. 

 

Pemberian bantuan disesuaikan dengan akreditasi program studi yang ditempuh. Sistem ini berbeda dengan skema penyaluran bantuan di periode sebelumnya, saat setiap mahasiswa mendapat beasiswa pendidikan sebesar Rp2,4 juta per semester.

 

Untuk bantuan biaya studi di tahun 2021 ini, berikut skema bantuan yang akan disalurkan:

 

  • Program studi akreditasi A, biaya pendidikan sebesar Rp8 juta sampai dengan maksimal Rp12 juta per semester

 

  • Program studi akreditasi B, biaya pendidikan sebesar Rp4 juta per semester

 

  • Program studi akreditasi C, biaya pendidikan sebesar Rp2,4 juta per semester

 

Selain biaya pendidikan per semester, BLT yang diberikan melalui KIP Kuliah juga mencakup biaya hidup. Sebelumnya, di tahun 2020, mahasiswa mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp700 ribu per semester.

 

Sekarang, pada program BLT Mahasiswa, bantuan biaya hidup dibagi ke dalam lima klaster yang berbeda. Pembagian klaster disesuaikan dengan indeks dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2019. Berikut ini skema pembagiannya:

 

  • Klaster 1, biaya hidup sebesar Rp800 ribu per semester

 

  • Klaster 2, biaya hidup sebesar Rp950 ribu per semester

 

  • Klaster 3, biaya hidup sebesar Rp1,1 juta per semester

 

  • Klaster 4, biaya hidup sebesar Rp1,25 juta per semester

 

  • Klaster 5, biaya hidup sebesar Rp1,4 juta per semester

 

Untuk BLT Mahasiswa lewat program KIP Kuliah tahun ini, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp2,5 triliun. Angka ini meningkat dari total anggaran KIP Kuliah di tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,3 triliun.

 

Artikel Terkait: Bantuan Pendidikan untuk Mahasiswa

  1. Pendaftaran KIP Kuliah Dibuka, Segera Daftarkan Diri dengan Cara Ini
  2. SWARA KAMU: Mau Kuliah Gratis? Yuk Daftar Beasiswa Ini
  3. 6 Daftar Beasiswa Bergengsi yang Bisa Kamu Incar untuk Lanjutkan Studi

 

Syarat Mendapat BLT Mahasiswa dari KIP Kuliah

 

Untuk bisa menjadi peserta KIP Kuliah yang mendapatkan BLT Mahasiswa, ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Dilansir dari Kumparan, berikut ini syarat-syaratnya:

 

  • Siswa SMA atau sederajat yang belum lulus atau akan lulus pada tahun ajaran berjalan, atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.

 

  • Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.

 

  • Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai KIP Kuliah.

 

  • Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi dengan akreditasi C.

 

  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang dibuktikan dengan dokumen yang sah. 

 

Syarat yang disebutkan di atas kurang lebih sama dengan syarat untuk menjadi peserta program KIP Kuliah. Jika merasa sudah memenuhi syarat, kamu bisa langsung mendaftar sebagai penerima bantuan. 

 

Cara Mendaftar KIP Kuliah untuk Dapatkan BLT Mahasiswa

 

Untuk mendapatkan BLT Mahasiswa ini, kamu bisa mendaftar melalui situs resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau melalui aplikasi KIP Kuliah untuk smartphone Android.

 

Dilansir dari Kompas, berikut ini cara-cara yang perlu kamu lalui untuk mendaftar sebagai peserta program KIP Kuliah:

 

  • Membuat akun pribadi dengan mencantumkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email

 

  • Melakukan validasi NIK, NISN, NPSN, dan kelayakan menjadi penerima KIP Kuliah sesuai syarat yang berlaku

 

  • Jika proses validasi berhasil, nomor pendaftaran dan kode akses akan dikirimkan ke alamat email yang sudah terdaftar

 

  • Masuk ke portal SIM KIP Kuliah dengan nomor pendaftaran serta kode akses, kemudian memilih proses seleksi perguruan tinggi yang diikuti, antara SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, atau Mandiri

 

  • Calon penerima KIP Kuliah yang sudah diterima di Perguruan Tinggi akan melalui verifikasi lebih lanjut dari pihak Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima bantuan

 

Perlu diingat, BLT Mahasiswa ini akan diberikan untuk mahasiswa dalam dua program pendidikan, yaitu program reguler dan program profesi. Program reguler meliputi sarjana dan diploma, sementara program profesi meliputi dokter, dokter gigi, dokter hewan, ners, apoteker, dan guru. 

 

Jika kamu merasa telah memenuhi syarat, kamu bisa mendaftar sebagai penerima bantuan KIP Kuliah sekarang juga. Pastikan untuk mempersiapkan seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan sebelum mendaftar.