SWARA – Musim pendaftaran kuliah sudah tiba. Meski masih dalam proses menempuh rangkaian ujian, siswa SMA sudah mulai mencari kampus untuk melanjutkan studi. 

Ada beberapa jalur yang dibuka oleh perguruan tinggi nasional, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang menggunakan nilai rapor dan prestasi semasa sekolah, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang menggunakan ujian tertulis dari negara yang diadakan seluruh Indonesia, dan jalur mandiri yaitu jalur tes yang dilaksanakan oleh masing-masing perguruan tinggi. 

Setiap jalur masuk ini memiliki biaya masing-masing yang perlu kamu ketahui, terutama untuk 6 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) paling favorit di Indonesia. Apa saja 6 PTN paling favorit dan biaya kuliahnya? Yuk, simak di artikel ini.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Ada tiga tingkatan biaya semesteran di ITB yang saat ini sudah menjadi Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang artinya setiap semester nominal yang dibayarkan sama. 

Untuk program reguler dan internasional Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) biaya yang dibebankan adalah Rp20 juta-Rp40 juta/semester. Sedangkan untuk biaya fakultas non SBM biayanya mulai Rp7,5 juta-Rp 10 juta/semester. Lalu yang ketiga adalah biaya yang sudah dipotong keringanan yang dapat memotong mulai 20%-100% dari total biaya kuliah per semester. Keringanan ini diajukan oleh mahasiswa dengan syarat dan ketentuan tertentu. 

ITB nggak membebankan mahasiswa untuk membayar uang pengembangan atau uang gedung, tapi untuk jalur mandiri UKT-nya akan lebih tinggi dari mahasiswa yang masuk melalui jalur SNMPTN, dan SBMPTN yang dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan penghasilan orangtua, yaitu kelompok I Rp0, kelompok II Rp5 juta, kelompok III Rp10 juta, kelompok IV Rp15 juta, kelompok V Rp20 juta, dan kelompok VI Rp25 juta.

Artikel terkait: Cari tahu berapa biaya kuliah di perguruan tinggi
1. Ini Total Biaya Kuliah di Jakarta Selama 4 Tahun, Rupanya Setara dengan Harga Mini Cooper!
2. Berapa Biaya Kuliah di 10 Universitas Favorit di Indonesia?
3, Biaya Kuliah 10 Universitas Swasta Favorit di Indonesia

2. Universitas Indonesia (UI)

UI memberikan pilihan biaya kuliah yaitu Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) yang biayanya dibebankan sesuai dengan data calon mahasiswa dan penghasilan orangtua yang dibagi menjadi 6 kelompok mulai Rp0-Rp7,5 juta. 

Lalu  Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P) yaitu biaya kuliah melalui persetujuan pihak penanggung biaya kuliah mahasiswa yang dibagi menjadi 3 kelompok dengan biaya mulai Rp7,5 juta-Rp15 juta. Kedua biaya ini adalah biaya pendidikan untuk SNMPTN dan SBMPTN. 

Sedangkan untuk jalur mandiri masih ditambah dengan dana pengembangan yang berbeda-beda, sesuai program studi yang dipilih.

 

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM membagi biaya kuliah menjadi 6 kelompok dengan golongan tinggi yang dibebankan khusus untuk orangtua mahasiswa yang memiliki penghasilan di atas Rp 10 juta, golongan sedang dengan penghasilan orangtua antara Rp2 juta-Rp3,5 juta. Lalu untuk kelompok rendah yaitu Rp0 khusus peserta bidikmisi. UGM juga sudah nggak membebankan mahasiswanya dengan uang gedung atau uang pangkal.

 

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB membebankan biaya berdasarkan kemampuan orangtua mahasiswa. Kelompok tertinggi biayanya Rp10 juta-Rp12 juta, untuk kelompok menengah biayanya Rp6 juta-Rp8 juta, sedangkan untuk kelompok bawah biayanya Rp2,4 juta. 

Sedangkan untuk program studi khusus ada biaya yang berbeda, seperti Kedokteran Hewan yang mematok biaya kuliah Rp30 juta, dan studi bisnis Rp12 juta. 

Sedangkan untuk jalur mandiri dikenakan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF) yang disesuaikan dengan kemampuan orangtua mahasiswa. Biaya ini hanya dibayarkan satu kali pada awal kuliah dengan biaya untuk golongan IV Rp5 juta sampai Rp 10 juta, golongan V Rp 10 juta sampai Rp15 juta, dan golongan VI Rp15 juta-Rp20 juta.

5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Biaya kuliah di ITS untuk peserta SNMPTN kecuali Teknik Sistem Perkapalan Double Degree dibagi menjadi 7 kelompok. Kelompok paling rendah biayanya mulai Rp500 ribu, kelompok sedang Rp4 juta, dan kelompok tinggi yaitu Rp7,5 juta. Sedangkan untuk jalur mandiri biaya kuliah tersebut masih harus ditambah dengan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang berkisar antara Rp20 juta-Rp75 juta sesuai dengan masing-masing program studi yang dipilih.

 

6. Artikel terkait: Memilih tempat kuliah
1. 10 Kota di Luar Negeri Dengan Biaya Kuliah Lebih Murah dari Jakarta
2. 5 Solusi Bisa Kuliah Walau Uang Terbatas, Kuliah Online Salah Satunya!
3. Ini Jurusan Kuliah Favorit Paling Dibutuhkan 2020

 

7. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

UNPAD memberlakukan UKT sesuai dengan data orangtua mahasiswa saat mendaftar dan dibagi menjadi beberapa golongan, yaitu bidikmisi dengan biaya Rp2 juta untuk semua program studi, kelompok 3 dengan rentang Rp2,5 juta sampai Rp5 juta, kelompok 4 mulai Rp4,5 juta sampai Rp9 juta, dan kelompok 5 dengan rentang Rp5 juta sampai Rp13 juta. 

Sedangkan untuk jalur mandiri dibebankan Dana Pengembangan yang memiliki rentang biaya Rp20 juta sampai Rp250 juta untuk program studi sains dan teknologi, lalu Rp15 juta sampai Rp75 juta untuk program studi Sosial dan Hukum.

Itulah rincian biaya 6 PTN paling favorit di Indonesia. Untuk jalur mandiri memang lebih mahal karena masih dibebankan dengan uang pengembangan atau uang gedung namun persentase kuota yang diterima cukup besar yakni 30%, sedangkan untuk SNMPTN karena menggunakan sistem penilaian semasa sekolah maka nggak ada tambahan biaya khusus yang dibebankan namun kuotanya terbatas karena hanya 20%.

Sedangkan SBMPTN memiliki kuota cukup banyak yaitu 40% namun peserta harus mengikuti ujian serentak yang dilaksanakan dan ada biaya pendaftaran ujian sebesar Rp200 ribu. Semoga kamu bisa masuk ke PTN yang sudah diidam-idamkan, ya.