Edukasi & Inspirasi Finansial dari Amar Bank

 

Meski sudah setahun lebih berlalu, kuliah online sepertinya masih menjadi pilihan saat ini. Ada banyak perubahan nyata yang dialami ketika kegiatan perkuliahan berubah menjadi daring. 

 

Artinya, kebutuhan kuliah pun berubah drastis. Bagi kamu para mahasiswa, ini daftar kebutuhan kuliah online yang harus kamu penuhi.

 

Senyumku dari Amar Bank bisa bantu kamu menabung dan atur kebutuhan selama kuliah jadi lebih mudah. Cari tahu di sini.

 

Daftar Kebutuhan Selama Kuliah Online

 

Beberapa barang atau kebutuhan ini sudah kamu miliki sebelumnya demi menunjang kebutuhan kuliah. 

 

Namun, karena kegiatan perkuliahan berubah online, kebutuhan pun meningkat. Beberapa di antaranya:

 

1. Laptop atau gadget yang mumpuni

 

Laptop mungkin sudah jadi gadget wajib bagi mahasiswa. Namun, kebutuhan akan laptop di kala pandemi menjadi berkali-kali lipat lebih banyak. 

 

Kegiatan perkuliahan yang berat membutuhkan kemampuan laptop atau gadget yang maksimal. Tujuannya agar kegiatan perkuliahan berjalan dengan lancar. 

 

Nggak mesti mahal, kamu hanya perlu memastikan laptop yang dimiliki memiliki spek yang mumpuni untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Terutama untuk Zoom, Google Classroom, dan aplikasi lain yang dibutuhkan.

 

2. Biaya internet

 

Mungkin ini yang dirasa paling memberatkan. Sebab, kegiatan perkuliahan membuat konsumsi internet berkali-kali lipat lebih banyak dibanding pemakaian sebelum pandemi.

 

Nggak ada salahnya memakai provider internet terbaik agar tidak terkendala koneksi saat sedang kelas. 

 

Bisa juga kamu memisahkan pemakaian provider internet khusus untuk kuliah, dengan pemakaian lain. Terlebih kalau di rumah, sebab semakin banyak yang memakai, kecepatan internet cukup terpengaruh.

 

Supaya semua pengeluaran bisa terpantau dengan baik, yuk pakai Senyumku dari Amar Bank. Cari tahu di sini!

 

3. Aplikasi pembelajaran

 

Ketika kuliah online, dibutuhkan beberapa aplikasi untuk mengganti kelas tatap muka, seperti Zoom, Google Classroom, dan lainnya. 

 

Selain itu, beberapa jurusan tertentu juga membutuhkan aplikasi khusus. Misalnya, jurusan desain grafis membutuhkan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan lainnya.

 

Beberapa aplikasi ini memang bisa dipakai gratis, namun, ada keterbatasan. Agar lebih maksimal, kamu perlu mendaftar resmi. Artinya, perlu pengeluaran lain untuk mendaftar.

 

4. Buku atau jurnal penunjang

 

Ada banyak buku referensi atau jurnal penunjang yang dibutuhkan untuk kebutuhan kuliah. Beberapa referensi mungkin sudah disiapkan oleh pihak kampus, tapi kadang ada masanya kamu harus mencari sendiri referensi yang dibutuhkan.

 

Tidak semua referensi bisa diakses secara cuma-cuma. Kamu bisa membelinya secara online, sekaligus untuk menghemat.

 

5. Akses penyimpanan

 

Oleh karena kuliah berjalan secara online, setiap tugas dan buku atau jurnal penunjang juga bersifat online

 

Kadang kamu butuh akses penyimpanan dalam kapasitas besar untuk menampung semua bahan kuliah, seperti Google Drive atau DropBox.

 

Jika kamu punya file dalam ukuran besar, kamu mungkin harus berlangganan akses penyimpanan ini agar punya kapasitas besar. 

 

Artikel Terkait: Tips Hemat Pengeluaran Internet

  1. Cara Hemat Kuota selama WFH
  2. Tips Hemat Kuota Internet HP

 

Cara Mengatur Keuangan untuk Penuhi Kebutuhan Kuliah Online

 

Oleh karena kebutuhan kuliah online yang berubah, tentunya berpengaruh pada pengaturan keuanganmu. 

 

Ada pos pengeluaran baru yang secara rutin harus dibayarkan. Eits, daripada bingung dan kantong jebol, kamu bisa melakukan beberapa tips ini.

 

1. Alihkan pos lain

 

Dengan kegiatan perkuliahan yang dilakukan online, artinya kamu bisa kuliah dari rumah. Jadi, pengeluaran untuk makan dan transportasi bisa ditiadakan.

 

Sebagai gantinya, kamu bisa memakainya untuk membeli kuota, akses penyimpanan, atau aplikasi yang dibutuhkan untuk kegiatan perkuliahan. Jika ada sisa, bisa ditabung untuk membeli laptop yang lebih bagus.

 

 

Begitu juga untuk kamu yang ngekost dan sekarang memutuskan untuk pulang ke rumah. Uang kost bisa dialihkan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak.

 

2. Patungan

 

Jika membayar sendiri dirasa berat, kamu bisa patungan. Misalnya untuk Zoom, kamu bisa ajak teman sekelas atau seangkatan untuk patungan. Jadi tidak terasa memberatkan.

 

Begitu juga dengan biaya internet, kamu bisa mengajak kakak atau adik untuk patungan.

 

3. Jangan tergoda belanja online

 

Kuliah online di rumah aja bisa menghemat, sekaligus bisa bikin boros. Karena bosan, bisa saja kamu jadi sering jajan. Misalnya jajan camilan atau tergoda untuk belanja online karena seharian berada di depan laptop.

 

Belajar untuk tahu skala prioritas. Sesekali jajan atau belanja online tidak ada salahnya biar tidak stres, asal jangan setiap hari.

 

Kebutuhan kuliah online memang membengkak selama pandemi, sehingga kamu harus mengatur ulang pos pengeluaran yang dimiliki. 

 

Di sisi lain, ini juga bisa jadi momen untuk belajar mengelola keuangan agar finansial lebih stabil, lho!

 

Nggak perlu pusing atur keuangan untuk keperluan kuliah online. Pakai Senyumku dari Amar Bank supaya kamu bisa atur keuangan jadi lebih mudah. Langsung cek DI SINI.