SWARA – Mulai hari ini, 22 September 2020, pembagian kuota gratis dari Kemendikbud akan memasuki tahap pertama. Kuota ini merupakan bantuan dari pemerintah untuk para pelajar, guru, dosen, dan mahasiswa guna memaksimalkan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

 

Sebelumnya, informasi mengenai pemberian kuota internet gratis sudah disosialisasikan sejak akhir Agustus lalu. Program bantuan ini tertulis dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Kuota Data Internet Tahun 2020.

 

Jadwal Penyaluran Kuota Gratis Kemendikbud

 

Dilansir dari Tirto, kuota gratis Kemendikbud akan disalurkan selama periode bulan September-Desember 2020 secara bulanan. Berikut ini jadwal penyaluran kuota internet untuk mendukung PJJ: 

 

 

  • Jadwal pemberian bantuan kuota gratis bulan pertama

 

 

September merupakan bulan pertama jadwal pemberian kuota gratis. Di bulan ini, pemberian kuota dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama dilangsungkan dari tanggal 22-24 September 2020, sementara tahap kedua di tanggal 28-30 September 2020. 

 

 

  • Jadwal pemberian bantuan kuota gratis bulan kedua

 

 

Pemberian kuota gratis di bulan kedua masih tetap dilakukan melalui dua tahap dengan tanggal yang serupa, yaitu tahap pertama di tanggal 22-24 Oktober 2020 dan tahap kedua di tanggal 28-30 Oktober 2020.  

 

 

  • Jadwal pemberian bantuan kuota gratis bulan ketiga dan keempat

 

 

Untuk bulan November dan Desember, kuota akan diberikan secara bersamaan di bulan November. Penyaluran tahap pertama dilakukan di tanggal 22-24 November 2020, lalu tahap kedua di tanggal 28-30 November 2020. 

 

Kuota internet yang dibagikan di bulan pertama dan bulan kedua memiliki masa berlaku masing-masing 30 hari. Periode tersebut dihitung sejak kuota data diterima di ponsel para peserta.

 

Berbeda dengan bulan pertama dan kedua, kuota internet di bulan ketiga dan keempat diberikan secara bersamaan dan memiliki masa berlaku hingga 75 hari. Setiap penerima bantuan hanya diperbolehkan untuk menerima kuota gratis untuk satu nomor ponsel setiap bulannya. 

 

Sistem Pembagian Kuota Gratis untuk Pendidik dan Peserta Didik

 

Berdasarkan peraturan tertulis, pembagian kuota gratis dikategorikan ke dalam dua jenis kuota. Dikutip dari Kompas, kuota gratis Kemendikbud dibagi menjadi: 

 

  1. Kuota umum, yaitu kuota untuk mengakses segala jenis aplikasi dan berbagai platform.

 

  1. Kuota belajar, yaitu kuota yang terbatas digunakan untuk mengakses aplikasi pembelajaran yang mendukung PJJ. 

 

Kamu bisa menggunakan kuota umum untuk menggunakan segala jenis aplikasi dan situs yang ada di internet melalui smartphone. Kuota tersebut tidak terbatas untuk aplikasi pendukung PJJ saja. 

 

Sementara, kuota belajar hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi pendukung PJJ. Aplikasi pendukung ini umumnya meliputi aplikasi untuk berkomunikasi, melakukan pertemuan virtual, mengakses referensi materi, dan lain sebagainya. 

 

Daftar jenis-jenis aplikasi yang termasuk dalam kategori kuota umum dan kuota belajar bisa didapatkan dengan mengakses laman resmi Kemendikbud yang mencantumkan informasi mengenai program pemberian kuota data gratis. 

 

Jumlah kuota yang dibagikan pun berbeda-beda untuk setiap jenjang pendidikan. Untuk peserta didik dalam jenjang pendidikan PAUD, kuota gratis yang didapatkan mencapai 20 GB per bulan yang terdiri atas 5 GB kuota umum, 15 GB kuota belajar, dan 4 bulan durasi bantuan.

 

Kemudian, peserta dalam jenjang pendidikan dasar dan menengah akan mendapat total kuota 35 GB per bulan yang terbagi dalam 5 GB kuota umum, 30 GB kuota belajar, dan 4 bulan durasi bantuan.

 

Selanjutnya, untuk guru yang mengajar siswa di jenjang PAUD, sekolah dasar, dan menengah, akan mendapatkan kuota sebanyak 42 GB per bulan dengan rincian 5 GB kuota umum, 37 GB kuota belajar, dan 4 bulan durasi bantuan.

 

Sementara, para dosen dan mahasiswa akan mendapat bantuan kuota internet sebanyak 50 GB per bulan melalui 5 GB kuota umum, 45 GB kuota belajar, dan 4 bulan durasi bantuan. 

 

Kalau kamu sudah mendaftar untuk menerima bantuan kuota gratis Kemendikbud, bersiaplah untuk menerima kuota bulan pertama yang dimulai dari hari ini. Pantau terus kuota data di nomor ponselmu, ya.