Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Sukses Ala Jack Ma, Sang Pendiri Alibaba.com yang Kian Berkibar

5 Tips Sukses Ala Jack Ma, Sang Pendiri Alibaba.com yang Kian Berkibar

TimotiusTimotius
5 Tips Sukses Ala Jack Ma, Sang Pendiri Alibaba.com yang Kian Berkibarwatermark

TUNAIKU.COM – Nama Jack Ma kian berkibar dan terus menjadi pembicaraan sebagai pengusaha sukses asal Negeri Tirai Bambu. Ya, cerita kesuksesannya mendirikan grup Alibaba, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok tersohor di seluruh dunia. Berkat kerja kerasnya, Jack Ma menjadi orang terkaya nomor tiga di negaranya dengan kekayaan sekitar 38 miliar dolar Amerika.

 

Artikel terkait: Tokoh-tokoh sukses dan inspiratif

  1. 10 Orang Populer Ini Buktikan Bisa Raih Sukses Diusia 40 Plus
  2. Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Ikuti 4 Tips Sukses ala J.K. Rowling Ini!
  3. Mengikuti Langkah dan Gaya Hidup Mark Zuckerberg; Kaya dan Sukses, Tetapi Sederhana

 

Jatuh bangun Jack Ma mendirikan bisnis tidak terhitung lagi. Kegagalan demi kegagalan ia rasakan. Menjajal berbagai profesi pun sering ia lakukan namun kerap gagal. Namun, semua berubah ketika Jack Ma secara perlahan-lahan merintis Alibaba tahun 1999 silam.

 

Kini, Alibaba sukses bahkan mencatat hingga 800 juta transaksi jual beli per harinya.Agar bisa sukses seperti Jack Ma, ada beberapa kiat yang dibagikannya.

 

1. Jaga relasi yang baik

Kiat pertama yang dipaparkan oleh Jack Ma agar sukses meraih sukses jangka panjang adalah dengan menjaga hubungan baik antar individu yang terlibat dalam perusahaan, baik itu karyawan sampai investor. Jack Ma mengatakan bahwa kepercayaan satu pihak dengan pihak yang lain adalah bagian penting dalam kesuksesan Alibaba, sehingga dirinya selaku pemimpin Alibaba harus menjaga kepercayaan dan kesetiaan kerja terhadap seluruh orang yang menjadi rekanan bisnisnya.

 

2. Pikirkan bisnismu dalam skala global dan internasional

Dalam merintis dan membangun bisnis, menurut Jack Ma akan lebih baik jika kamu berpikir untuk bisa mengoperasikan dan menjual produk bisnismu dalam skala global. Walaupun bisnis kecil ataupun bisnis besar dengan skala global bisnis akan lelbihdapat bertahan. Jack Ma juga menghimbau untuk mengoptimalkan penggunaan internet untuk perluasan bisnis karena menurutnya internet adalah wadah atau media yang mudah dan efektif untuk memperluas jaringan bisnis ke seluruh dunia.

 

3. Lupakan persaingan, fokus pada pelangganmu

Dalam membangun Alibaba, Jack Ma mengatakan bahwa dirinya tidak peduli dengan berbagai macam bentuk persaingan atau kompetisi yang ada. Baik dengan perusahaan yang menyediakan jasa yang sama ataupun berbeda, lokal maupun internasional. Melainkan fokus pada pentingnya melayani dan menyediakan permintaan pelanggan dan konsumennya. Jack Ma mencontohkan jika ada pelanggan yang meminta dibuatkan gudang penyimpanan, maka buatlah gudang penyimpanan, kita melakukannya bukan karena ada uang sebagai imbalannya, tetapi karena hal itu memang harus dilakukan. Intinya, kepuasaan pelanggan dan konsumen adalah harga mati bagi bisnismu.

 

Artikel terkait: Kiat sukses berbisnis

  1. Ingin Sukses? Pastikan Kamu Memiliki 5 Skill Bisnis Ini!
  2. Ingin Sukses Berbisinis? Coba Terapkan 12 Mindset Ala Enterpreneur Ini!
  3. Ingin Menjadi Pengusaha Sukses? Simak 20 Kiat Ampuh Ini

 

4. Merekrut pekerja muda yang pintar dan bersemangat

Jack Ma sangat menyayangkan banyak perusahaan besar yang tidak memberikan anak-anak muda banyak kesempatan untuk masuk perusahaan besar dan mengembangkan dirinya. Padahal anak-anak muda yang pintar dan memiliki semangat kerja tinggi dapat meningkatkan kualitas perusahaan menjadi jauh lebih baik. Jack Ma bahkan beranggapan bahwa membangun kerja sama tim dalam jangka panjang itu lebih penting daripada berkutat dengan warisan posisi atau jabatan kerja.

 

5. Jangan menyerah dan terus maju!

Seluruh enterpreuner di dunia terinspirasi oleh kisah sukses Jack Ma. Ia selalu memberikan nasihat singkat yang dibuat berdasarkan refleksi pengalamannya bersama Alibaba. Salah satu yang populer adalah “Ketekunan adalah hal yang penting. Hari ini mungkin sangat sulit, besok juga akan akan sulit, tetapi di kemudian hari nanti akan sangat indah.” Luar biasa ya sosok Jack Ma ini?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

4

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett