Beranda > Karier Sukses > 5 Tips Sukses Kembali Kuliah Setelah Cuti Cukup Lama

5 Tips Sukses Kembali Kuliah Setelah Cuti Cukup Lama

NOBERTA JEANIENoberta Jeanie
5 Tips Sukses Kembali Kuliah Setelah Cuti Cukup Lamawatermark

TUNAIKU.COM – Ada banyak alasan yang membuat mahasiswa mengambil cuti saat melakukan studi. Adanya urusan keluarga yang mendesak, jenuh dengan banyaknya tugas, dan mendapat tawaran pekerjaan adalah sedikit dari banyaknya alasan mahasiswa untuk mengambil cuti.

 

Terlepas dari alasan-alasan tersebut, sebenarnya ada banyak pro dan kontra ketika seorang mahasiswa memutuskan untuk mengambil cuti. Teman saya sempat mengatakan bahwa terlalu sering cuti, akan membuat kita malas kembali untuk kuliah.

 

Kalau diingat-ingat pengalaman cuti kemarin, sih, perkataan teman saya itu ada benarnya . Setelah mengambil cuti 1 semester karena bekerja, harus diakui bahwa saya malas untuk melanjutkan kuliah. Tapi, saya berusaha untuk mengesampingkan itu dan mencoba 5 tips berikut.

 

Artikel Terkait: Tips Kuliah

  1. 10 Langkah Hidup Hemat Tapi Nggak Menderita Saat Kuliah di Luar Negeri
  2. Lulus D3, Lebih Baik Lanjut Kuliah atau Langsung Bekerja
  3. 7 Jurusan Kuliah dengan Potensi Gaji Besar tapi Sepi Peminat

 

1. Bangun motivasi dan tujuan

Cuti dalam jangka waktu yang lama kadang membuat tujuan kamu berubah. Terlebih jika selama cuti, kamu menemukan aktivitas baru yang kelihatannya menarik dan menguntungkan. Makanya, cobalah bangun kembali motivasimu untuk belajar. Yakinkan dirimu bahwa kembali kuliah adalah langkah yang tepat untuk mengembangkan potensi diri. Oh ya, jangan lupa untuk membuat target kelulusan, ya. Tujuannya agar kamu lebih semangat dalam belajar.

 

2. Buat perencanaan yang matang

Untuk membantumu menjalani perkuliahan, buatlah sebuah perencanaan belajar. Cobalah mengingat kembali mata kuliah yang telah kamu lewatkan. Pastikan untuk tidak melewatkannya lagi. Beri perhatian lebih pada mata kuliah wajib karena akan rsangat berpengaruh pada kelulusanmu. Oh ya, dalam hal ini, kamu juga bisa bertemu dosen akademis untuk berkonsultasi, lho. Jangan malu atau ragu untuk bertanya, ya.  

 

3. Bangun kebiasaan yang baik

Harus diakui, selama cuti kuliah kemarin saya menjalani hidup yang ‘kurang’ normal. Sering kali saya tidur malam dan bangun siang karena tuntutan pekerjaan. Nah, Kebiasaan inilah yang akhirnya perlu saya sesuaikan sebelum kembali menjalani perkuliahan. Saya mencoba mengurangi jam malam untuk bisa bangun lebih awal keesokan harinya. Hitung-hitung antisipasi, kan, jika nanti dapat kelas pagi.

 

4. Istirahat yang cukup

Kembali menjalani perkuliahan berarti kamu harus siap kembali berkutat dengan banyaknya deadline tugas dan ujian. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memanfaatkan sisa-sisa cutimu untuk istirahat. Jangan sampai kamu terlalu bersemangat liburan dan menghabiskan seluruh waktu serta energi untuk itu. Sisakanlah 1-2 hari untuk beristirahat di rumah. Istirahat yang cukup akan sangat membantu pikiran dan tubuh agar lebih siap kembali dalam dunia perkuliahan.

 

Artikel Terkait: Mengelola Keuangan A la Mahasiswa

  1. Siapa Bilang Mahasiswa Nggak Bisa Berinvestasi? Pahami 5 Hal Ini!
  2. 6 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Buat Mahasiswa yang Sulit Ngatur Duit
  3. Tips Hidup Hemat Mahasiswa Perantauan di Luar Negeri

 

5. Temui mahasiswa lainnya

Ketika kamu sudah mulai masuk kuliah, segeralah cari teman-temanmu. Dengan bantuan mereka, kamu akan mudah beradaptasi kembali dengan dunia perkuliahan. Tanyakan pada mereka tentang perkembangan kampus dan apa saja yang telah kamu lewatkan selama cuti kemarin.   

 

Oh ya, selain itu, ada kemungkinan jika kamu tidak lagi sekelas dengan teman-teman seangkatan. Jadi, cobalah untuk membaur dengan yang lain. Jangan ragu untuk memulai obrolan dan buatlah dirimu senyaman mungkin di kelas, ya.

 

Itulah 5 tips agar kamu lebih ber­semangat masuk kuliah setelah lama cuti. Semoga sukses dengan pendidikannya, ya.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

pinjaman tanpa agunan

 

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett