Beranda > Gaya Hidup > Trail Run Sambil Wisata, Ini Destinasi Lari Lintas Alam yang Paling Menawan

Trail Run Sambil Wisata, Ini Destinasi Lari Lintas Alam yang Paling Menawan

PAULUS RISANGPaulus Risang
Trail Run Sambil Wisata, Ini Destinasi Lari Lintas Alam yang Paling Menawanwatermark

TUNAIKU.COM – Buat kamu yang menyukai olahraga lari, terkadang kamu mungkin merasakan kejenuhan dengan trek aspal di perkotaan. Nah, trail run atau lari lintas alam adalah salah satu alternatif untuk lari sekaligus menikmati pemandangan di alam terbuka. Apalagi, Indonesia memiliki sejumlah destinasi yang pas untuk dijadikan sebagai trek trail run.

Karena berhadapan langsung dengan alam, lari lintas alam menawarkan berbagai tantangan bagi pelari. Mulai dari jenis lintasan yang beragam, seperti jalan berbatu, pasir, tanah, dan rerumputan, melewati aliran sungai, jalur yang naik turun, hingga cuaca. Tapi, trail run juga memberi reward yang menyenangkan, yaitu lanskap indah berupa gunung, bukit, hutan, pantai, dan persawahan. Kamu harus coba, deh!

 

Nah, ini dia destinasi lari lintas alam paling menawan di Indonesia yang pastinya layak kamu jelajahi!

 

1. Gede-Pangrango, Jawa Barat

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango adalah tempat yang cocok untuk berlatih lari lintas alam. Kawasan wisata ini ramah bagi pelari pemula. Di awal trek, kamu akan menemukan jalur berupa susunan batu-batu kali sepanjang 7,5 km hingga mencapai Kandang Badak. Setelah itu, kamu bisa memilih jalur menuju puncak gunung Gede atau Pangrango. Trek menuju puncak gunung Gede relatif lebih mudah, sementara jalur ke Pangrango cenderung menanjak dan banyak akar-akar pepohonan.

 

Artikel terkait: Lari, yuk!

  1. 5 Kiat Mengatur Ketahanan dan Stamina Agar Kamu Bisa Lari Lebih Jauh
  2. Hobi Lari? Coba 7 Tempat Jogging Favorit di Jakarta Berikut Ini!
  3. 4 Olahraga Ringan Praktis yang Bikin Tubuh Lebih Fit, Yuk Cobain!

 

2. Prana Dewi, Wongayagede, Bali

Area yang terletak di sekitar resort ini memang cukup terkenal di kalangan turis. Banyak bule yang lari di trek ini, lho. Di sini, kamu akan dihadapkan dengan trek sepanjang 6 km dengan medan berupa lembah dan hutan. Meski trek ini lumayan mudah, kamu perlu hati-hati karena jalurnya berlumpur, terutama ketika musim hujan.

 

3. Gunung Sibayak, Berastagi, Sumatera Utara

trail run sibayak

Gunung Sibayak relatif aman bagi pendaki pemula maupun trail runner. Gunung berapi yang tertidur ini menawarkan jalur teknikal yang lumayan menantang karena curam. Di sepanjang trek, kamu dapat menikmati pemandangan Berastagi yang menawan dari atas gunung. Di akhir perjalanan, sempatkan dirimu untuk berendam air panas dan melepas penat!

 

4. Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur

Siapa yang nggak kenal dengan keindahan kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru? Kawasan ini juga menjadi tempat dilangsungkannya lomba lari lintas alam tingkat internasional. Kamu diajak untuk melintasi trek sejauh kurang lebih 30-70 km dengan medan berupa jalur teknikal dengan tingkat kesulitan menengah hingga sukar. Untuk menaklukan jalur ini, yang jelas kamu harus sabar. Dinikmati saja sambil memandang panoramanya yang istimewa dari Gunung Bromo dan Semeru.

 

Artikel terkait: Destinasi wisata yang menarik dikunjungi

  1. 5 Pulau Romantis untuk Dikunjungi di Indonesia Bersama Pasanganmu
  2. Rekomendasi 5 Tempat Glamping yang Seru di Sekitar Jakarta
  3. Hobi Hiking? Ini Rekomendasi Gunung Terindah di Pulau Jawa yang Wajib Kamu Taklukkan

 

5. Gunung Rinjani, NTB

Nah, buat kamu yang sudah cukup berpengalaman dalam lari lintas alam, Gunung Rinjani adalah trek yang layak kamu jajal. Terbentang antara 20-100 km, trek trail run Gunung Rinjani dikenal dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Tapi, keindahan panorama alamnya jelas nggak ada duanya. Sebelum berangkat lari di kawasan ini, ada baiknya kamu hiking terlebih dulu untuk mempelajari medan.

Itulah destinasi lari lintas alam paling menawan di Indonesia yang layak kamu jelajahi. Yuk, siapkan sepatumu!

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

1


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett