Beranda > Gaya Hidup > Tips Wisata Kota Lama Semarang Hanya Bermodalkan Rp100 Ribu

Tips Wisata Kota Lama Semarang Hanya Bermodalkan Rp100 Ribu

NESA WILDA MUSFIANesa Wilda Musfia
Tips Wisata Kota Lama Semarang Hanya Bermodalkan Rp100 Ribuwatermark

TUNAIKU.COM-Selain terkenal dengan lawang sewunya, Semarang juga terkenal akan Kota Lamanya. Tempat wisata yang kental akan suasana jadul ini disebut juga sebagai Little Netherland karena memang bangunannya yang seperti bangunan-bangunan yang ada di Belanda pada umumnya. Maka nggak heran kalau Kota Lama sudah menjadi ikon wisata dari kota yang terkenal dengan kuliner Lumpia dan Wingko Babatnya ini.

 

Kota Lama, mungkin agak mirip dengan Kota Tua di Jakarta. Sama-sama menarik banyak wisatawan, Kota Lama juga ternyata sudah mempersiapkan diri untuk mendapatkan pengakuan dari UNESCO World Heritae Site 2020, lho. Makin menarik untuk dikunjungi, bukan? Nah, kira-kira dibutuhkan bujet berapa banyak ya untuk berkeliling Kota Lama Semarang? Kalau kamu lagi mepet bujet, kamu nggak perlu khawatir karena hanya dengan Rp 100 ribu saja kamu sudah bisa bejalan-jalan seru di Kota Lama. kira-kira bisa kemana saja dan ngapain aja, ya? Berikut ulasannya.

 

Mengunjungi Gereja Blenduk

Sepertinya ada yang kurang kalau kamu berkunjung ke Kota Lama Semarang tapi tanpa mengunjungi bangunan ikonik satu ini. Gereja Blenduk seringkali dijadikan objek foto karena arsitekturnya yang khas dengan bangunan tinggi bergaya Neo-klasik dan bentuk heksagonalnya yang khas. Untuk berfoto diluar area gereja kamu nggak perlu merogoh kocek, tetapi kalau kamu ingin masuk ke dalamnya kamu cukup membayar Rp10 ribu saja.

 

Artikel Terkait: Rekomendasi Sekolah di Semarang

  1. SMIP/SMK Pariwisata Terbaik yang Ada di Semarang
  2. Rekomendasi SMA/SMK Terbaik di Semarang dengan Nilai Tertinggi
  3. Rekomendasi Kuliah dengan Kelas Malam di Semarang buat Karyawan

 

Nongkrong Cantik di Taman Srigunting

Di Taman Srigunting ini disediakan tempat-tempat duduk untuk para wisatawan. Terletak nggak jauh dari gereja blenduk kamu bisa duduk bersantai ria sambil menikmati lalu lalang kendaraan yang melewati Jalan Letjend Suprapto. Kamu juga bisa berfoto ria dengan sepeda-sepeda yang dipajang disana. Kamu hanya perlu membayar seikhlasnya saja untuk retribusi foto dengan sepeda-sepeda yang ada. Menariknya, kamu juga bisa mengisi botol tumbler air minummu karena disana disediakan air siap minum untuk setiap pengunjung.

 

Berburu Barang Antik di Pasar Seni Klithikan

Kalau kamu pecinta barang-barang unik dan antik kamu bisa mengunjungi Pasar Seni Klithikan yang letaknya masih berada di area Kota Lama Semarang. Sekiranya ada sekitar 10—15 kios milik Paguyuban Pedagang Barang Seni (Padangrani) yang bisa kamu kunjungi dan kamu pilih-pillih barangnya. Untuk harganya sendiri sangat variatif dari yang hanya ribuan hingga ratusan ribu. Namun, tenang aja, kamu bisa menawar harganya pada penjual di sana kok.

 

Mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery

Untuk mengunjungi tempat ini kamu bisa melihat petunjuk arah “Semarang Gallery” ketika menyusuri Pasar Seni Klithikan. Karena gedung Semarang Contemporary Art Gallery ini berada persis di samping tulisan pentunjuk arah tersebut. Tiket masuknya hanya dibanderol dengan harga Rp10 ribu saja. Dengan tiket yang cukup murah kamu bisa menikmati karya seni kontemporer yang dipajang di galeri ini. Di sini juga seringkali diadakan pameran lukisan oleh beberapa senima juga, lho. Kamu bisa mencari tahu informasinya melalui website resmi Semarang Contemporary Art Gallery.

 

Artikel Terkait: Ada Apa dengan Semarang

  1. 5 Hotel Instagramable di Semarang dengan Pemandangan Keren!
  2. Ini Dia 10 Kuliner Hits Kota Semarang yang Wajib Dicicip
  3. Kabar Gembira, Kini Tunaiku Hadir di 16 Kota!

 

Bergaya di Old City 3D Trick Art Museum

Di museum seni ini kamu akan menemukan banyak spot foto kece dengan tema-tema yang nggak jauh beda dari suasan Kota Lama Semarang. Tema spot foto dengan konsep 3D ini di antaranya ada yang bertema suasana negeri Belanda, ikon-ikon wisata di Semarang, Kawasan Kota Lama, sampai spot-spot foto 3D keren lainnya yang membuatmu terkagum-kagum saat melihat hasilnya. Harga tiket masuknya memang agak mahal jika dibandingkan dengan wahana wisata lainnya. Namun, meski harus membayar HTM Rp50 ribu tetap sebanding dengan pengalaman dan hasil foto yang kamu dapat, kok. Percaya, deh.

 

Keliling dengan Si Kenang

Kalau kamu sedang di Semarang tapi khawatir menghabiskan banyak uang untuk transportasi keliling Semarang maka kamu harus mencoba naik si Kenang ini. Si Kenang adalah fasilitas bus wisata kota Semarang yang memungkinkan pengunjung berkeliling menikmati kota Semarang secara cuma-cuma alias gratis.

 

Untuk naik si Kenang ini, kamu hanya perlu datang ke Museum Mandala Bhakti lalu menukarkan tanda pengenalmu dengan ID Card penumpang. Dengan begitu, kamu sudah bisa menikmati jalan-jalan keliling Semarang tanpa membayar 1 rupiah pun. Jam operasionalnya sendiri yakni dimulai dari pukul 08:00, 11:00, dan 15:00 di hari Senin-Kamis dan tambahan pukul 19:00 di hari weekend. Pastikan kamu datang lebih pagi ke Museum Mandhala Bhakti agar nggak kehabisan kursi di si Kenang, ya.

 

Nah, itu dia beberapa alternatif yang bisa kamu coba saat berwisata di Semarang dengan bujet minim. Nyatanya, hanya dengan Rp100 ribu saja kamu sudah bisa mengunjungi banyak tempat di Kota Lama Semarang hingga berkeliling Semarang dengan si Kenang, bukan?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett