Beranda > Gaya Hidup > Tips Jaga Rumah Agar Tetap Aman Saat Mudik Lebaran

Tips Jaga Rumah Agar Tetap Aman Saat Mudik Lebaran

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Tips Jaga Rumah Agar Tetap Aman Saat Mudik Lebaranwatermark

TUNAIKU.COM – Lebaran sudah di depan mata. Mereka yang merantau pasti sudah nggak sabar untuk mudik ke kampung halaman. Selain melepas rindu, mereka juga sudah nggak sabar untuk bermaaf-maafan dengan keluarga dan tetangga.

 

Mudik memang menjadi tradisi saat Lebaran. Namun, untuk melaksanakannya harus ada banyak hal yang diperhatikan. Selain mempersiapkan kendaraan mudik dengan baik, kamu juga harus memastikan agar rumah yang kamu tinggali selama mudik aman terkendali.

 

Buat kamu yang akan mudik, nggak usah khawatir. Rumah yang kamu tinggal akan tetap aman. Berikut tipsnya!

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Mudik

  1. Siap-siap Lebaran! Inilah 5 Tips Hemat Saat Mudik
  2. Ditinggal ART Mudik? Housekeeping Robot Ini Bisa Jadi Solusinya!
  3. Ketimbang Beli Baru, Ini 5 Keuntungan Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran

 

1. Lapor ke petugas keamanan

Pastilah di setiap kompleks ada satpam yang menjaga keamanan. Nah, untuk memastikan rumahmu dijaga dengan baik, berikan laporan kepada satpam kompleks. Berikan juga nomormu pada mereka agar jika terjadi apa-apa bisa langsung berkabar.

 

2. Kunci pintu dan jendela dengan dobel

Nah, ini jadi bagian penting, ya. Pastikan kamu sudah mengunci semua pintu dan jendela. Kalau biasanya mengunci cuma sekali, pastikan saat lebaran ini dikunci dobel. Jadi selain kunci menggunakan anak kunci juga kunci gerendel.

 

3. Pasang kamera CCTV

Kalau ada dana lebih, akan lebih baik jika kamu memasang kamera CCTV. Kamu bisa menaruhnya di spot-spot tertentu. Kamu bisa menaruhnya di bagian lorong menuju tempat kamu menyimpan barang berharga.

 

4. Copot regulator tabung gas

Sebelum mudik, pastikan kamu sudah menyopot regulator tabung gas, ya. Well, mungkin memang terkesan remeh-temeh. Namun, hal ini sangat penting untuk menjaga rumahmu terhindar dari hal-hal yang nggak diinginkan.

 

5. Nyalakan lampu di beberapa ruang tertentu

Ada baiknya kamu menyalakan lampu di beberapa titik tertentu. Untuk lampu teras pasti, ya. Namun, untuk ruangan di dalam rumah, ada baiknya seenggaknya ada satu ruangan yang dinyalakan. Ini akan memberikan kesan ada penghuni di dalamnya. Namun, ingat! Pastikan tiraimu sudah terpasang sempurna, ya.

 

Artikel Terkait: Begini Ide Menata Rumah

  1. Trik Menata Ruang Makan di Rumah yang Sempit
  2. Bikin Ruangan di Rumah Makin Cantik dengan 10 Pilihan Gorden Ini
  3. Tips Menata Kamar Tidur Si Kecil Agar Enggak Terasa Sempit

 

6. Copot stop-kontak

Sebelum mudik, jangan lupa untuk mematikan seluruh alat eketronik. Jangan lupa juga untuk mencopot stop-kontak yang terpasang. Ini sangat perlu kamu lakukan untuk menghindari yang namanya korsleting arus listrik.

 

7. Atur rak sepatu

Ada baiknya juga kamu menata rak sepatu sedemikian rupa yang menunjukkan bahwa ada orang di dalam. Jadi, bisa kamu bentuk agak berantakan di depan rumah. Dengan kesan ada orang di dalam, otomatis pencuri yang akan masuk pun akan ragu.

 

Itu dia tips menjaga rumah selama ditinggal mudik ke kampung halaman. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lagi selama di kampung halaman, ya.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

CTABARU3

Tunaiku

 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett