Beranda > Gaya Hidup > Hati-Hati, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Kredit Mobil Bekas

Hati-Hati, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Kredit Mobil Bekas

HENDRATANU WIJAYAHendratanu Wijaya
Hati-Hati, Hindari 7 Kesalahan Ini Saat Kredit Mobil Bekaswatermark

TUNAIKU.COM – Membeli mobil tidak selalu berarti pemborosan. Apalagi, di zaman sekarang.  Selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, mobil juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan tambahan. Salah satunya, jasa transportasi online.

 

Ada beberapa faktor awal yang membuat saya mulanya nggak terlalu pengin membeli mobil. Ini meliputi harga beli dan perawatan yang membutuhkan biaya banyak. Namun, setelah mendengar pengalaman beberapa teman yang memanfaatkannya sebagai jasa transportasi online, saya pun jadi berubah pikiran.

 

Akhirnya, saya mencoba untuk mencari informasi dari beberapa teman soal membeli mobil dengan bujet terbatas. Beberapa dari mereka menyarankan untuk membeli mobil bekas secara kredit. Namun, bukan berarti keputusan tersebut tidak berisiko.

 

Supaya nggak rugi, ada baiknya kamu menghindari 7 kesalahan kredit mobil bekas berikut. Apa saja?

 

Artikel Terkait: Cek Informasi Otomotif Lainnya

  1.  3 Kiat Memilih Ban Mobil yang Aman Digunakan Saat Hujan
  2.  Berapa Harga Mobil Masa Depan yang Futuristik dan Canggih?
  3.  Mahal, Sih, Tapi 5 Mobil Mewah Ini Tetap Laku di Pasaran

 

1.    Tidak melakukan perbandingan

Membeli mobil bekas secara kredit memang jadi solusi kebanyakan orang. Selain harga yang murah, “mencicil” harga dengan metode kredit juga memudahkanmu memiliki mobil pribadi dalam waktu cepat dan terjangkau. Namun, jangan terburu-buru memutuskan pilihan, ya.

 

Jangan gegabah dan langsung tergiur begitu saja. Setidaknya, kamu bisa sedikit menahan diri dan melakukan riset kecil untuk membandingkan harga. Toh, caranya nggak bikin repot, kok. Cukup mengecek secara online. Adapun dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan mobil yang paling cocok dengan keinginan dan bujet.

 

2.    Lupa memeriksa sejarah mobil

Ada kalanya, nggak lama setelah digunakan mobil justru mengalami beberapa kerusakan. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata mobil yang kamu beli pernah tabrakan hebat dan terendam banjir. Hal tersebut rupanya meemngaruhi performa mobilmu.

 

Nah, supaya kamu tidak harus menanggung “risiko”, ada baiknya kamu bertanya terlebih dulu tentang sejarah dan latar belakang mobil. Pastikan mobil tidak memiliki riwayat yang merugikanmu.

 

3.    Tidak memahami mesin

Pastikan mobil bekas yang hendak kamu beli masih memiliki komponen mesin original, atau setidaknya masih berfungsi dengan baik. Jika tidak, sebaiknya kamu mengurungkan niat untuk membelinya.

 

4.    Tidak membawa mekanik

Kalau kamu termasuk orang yang nggak ngerti mesin, ada baiknya minta mekanik atau orang kepercayaan untuk menemani proses survei mobil. Dengan demikian, kamu nggak perlu ragu dalam menentukan apakah mobil tersebut dalam kondisi baik atau justru tidak.

 

5.    Terburu-buru saat test-drive

Dengan melakukan test-drive kamu bisa lebih merasakan kondisi dan performa mesin mobil yang hendak dibeli. Lakukan dengan perlahan dan jangan terburu-buru. Perhatikan dengan saksama suara dan getaran mesin, serta asap pada knalpot mesin. Jika tidak ada masalah, silakan langsung dibeli.

 

6.    Tidak memeriksa catatan service

Baik-buruknya kondisi, bergantung pada sebaik apa pemilik terdahulu merawat mobil bekas. Demi kenyamanan dan keamanan, pastikan mobil tersebut rutin di-service, ya. Nah, apabila ada komponen yang diganti, usahakan diganti dengan yang asli.

 

Artikel Terkait: Mau Beli Mobil atau Motor?

  1. Agar Tak Kekurangan Uang, Inilah Cara Tepat Mencicil Motor
  2. 5 Motor Bebek Ini Dikenal Paling Irit Bensin! Apa Saja?
  3.  Jangan Keliru! Ini 5 Kesalahan Ketika Membeli Sepeda Motor yang Kerap Dilakukan

 

7.    Hitung cicilan  

Ketika membeli mobil secara kredit, orang sering kali mudah terbuai dengan rayan kredit murah. Namun, jangan keburu tergiur, ya. Membeli sesuatu secara kredit memang akan mengurangi biaya cicilan. Namun, apakah kamu mau terus dikejar utang selama bertahun-tahun? Nah, jika memang mampu, usahakan kamu sudah mengambil tenor cicilan yang tidak terlalu lama.

 

Membeli mobil bekas secara kredit memang jadi solusi yang baik. Namun, bukan berarti kamu boleh sembarang mengeluarkan uang. Mungkin, kamu akan dicap sebagai pembeli rewel. Namun, hal ini tentu lebih baik ketimbang menyesal di kemudian hari, bukan?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari 2-15 juta yang dapat diangsur mulai 6-15 bulan.

 

cta2

 

 

 


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett