SWARA – Akhir-akhir ini, tanaman hias janda bolong sedang banyak diminati. Bahkan, karena tingginya permintaan terhadap tanaman ini, harga per pohonnya telah mencapai ratusan juta rupiah.

 

Aslinya, janda bolong memiliki nama tanaman monstera. Tanaman ini identik dengan bentuk daunnya yang berlubang dan bertekstur kilap. Karena keunikan itulah, tanaman ini sering digunakan sebagai dekorasi karena membawa kesan mewah serta estetik.

 

Alasan Tingginya Harga Tanaman Janda Bolong

 

Sebenarnya, ada banyak faktor yang menentukan harga sebuah tanaman janda bolong. Salah satunya adalah penjualan yang masih terbatas, sementara permintaannya cukup tinggi.

 

Sejak pandemi, berkebun di rumah menjadi salah satu hobi yang cukup banyak digemari. Beberapa orang ingin bisa menanam janda bolong sebagai sarana menyalurkan hobi berkebun. Ditambah, keindahan dari daunnya cocok digunakan sebagai properti foto.

 

Di Indonesia, monstera tergolong jenis tanaman yang cukup langka. Dilansir dari Kompas, seorang petani di Bogor menjual 6 tanaman ini dengan harga Rp120 juta kepada seorang warga negara Jepang. Alhasil, popularitasnya perlahan-lahan meningkat sejak peristiwa itu. 

 

Para pecinta tanaman hias pasti sudah tidak asing dengan nama pohon monstera. Bagi sebagian orang, kondisi daun dari tanaman ini terkesan sangat indah sebagai dekorasi ruangan. Banyak restoran dan cafe yang menggunakan tanaman ini sebagai penghias. Ini menjadi salah satu faktor tingginya harga satu pohon janda bolong.

 

Selain daun, kondisi akar dari tanaman janda bolong juga menentukan harga per pohonnya. Semakin kuat akarnya, semakin tinggi juga harga yang ditetapkan. 

 

Tidak hanya itu, jumlah daun juga menjadi penentu harga. Ketika pohon sudah cukup besar dan daun semakin berkembang, penjual akan menetapkan harga per helai daun. 

 

Melihat tingginya permintaan terhadap monstera saat ini, banyak penjual tanaman yang mulai mencoba untuk menjual tanaman ini. Akan tetapi, bila janda bolong nantinya semakin menjamur di Indonesia, maka harga jualnya akan otomatis menurun. Hal ini terjadi karena penetapan harga ratusan juta untuk tanaman itu sekarang ditentukan oleh permintaan pasar. Jika permintaan pasar bisa dipenuhi oleh penjualan yang banyak, nilai jual tanaman pun akan menurun.

 

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

 

Beberapa orang sangat berhati-hati ketika merawat tanaman janda bolong karena harganya yang sangat mahal. Meski begitu, sebenarnya perawatan tanaman ini tergolong cukup mudah. Kamu hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut: 

 

  • Memperhatikan kondisi tanah

 

Selayaknya tanaman lainnya, kesuburan tanah akan menentukan apakah monstera bisa tumbuh dengan baik atau tidak. Apabila tanah tempat menanam monstera lembap dan basah, tanamanmu akan cepat rusak.

 

Hal ini terjadi karena tanah yang lembap dapat menjadi sarang tumbuhnya jamur dan bakteri. Bila dibiarkan, bakteri dan jamur bisa menyerang akar tanaman. 

 

Supaya tanah tetap kering, hindari menyirami tanaman terlalu sering dengan jumlah air yang terlalu banyak. Cukup tambahkan sedikit air dari pot dan biarkan air tersebut mengalir dengan sendirinya ke dalam tanah. 

 

  • Paparan sinar matahari

 

Sebagian besar tanaman hias memerlukan asupan sinar matahari yang cukup setiap harinya agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini juga berlaku untuk tanaman hias janda bolong. Sinar matahari penting untuk mendukung proses fotosintesis pada tanaman. Karena itu, pastikan tanamanmu mendapat cahaya matahari yang cukup setiap harinya.

 

Tapi, jangan biarkan tanaman berada di bawah sinar matahari secara terus menerus. Paparan sinar matahari yang berlebihan berpotensi menyebabkan kerusakan tanaman akibat suhu yang terlalu panas. 

 

  • Menjaga suhu di sekitar tanaman

 

Tanaman monstera aslinya berasal dari Meksiko. Suhu di negara tersebut tak jauh berbeda dengan Indonesia. Tetapi, kamu perlu memberikan perhatian khusus pada suhu di sekitar tanaman ini.

 

Monstera hanya sanggup bertahan di bawah suhu sekitar 23-30 derajat celcius. Apabila suhu di luar ruangan sedang sangat panas, jangan biarkan monstera berada di luar terlalu lama.

 

Cara paling aman untuk memastikan tanaman ini tidak terpapar oleh suhu yang terlalu panas adalah dengan meletakkannya di dalam ruangan, tapi tak jauh dari jendela. Dengan begitu, tanaman akan tetap mendapat pencahayaan yang cukup, tapi tidak terjebak dengan suhu panas di luar ruangan. 

 

Dari langkah-langkah di atas, kini kamu tentu mengerti bahwa merawat tanaman janda bolong bukanlah hal yang sulit. Selama kamu rajin memperhatikan kondisinya, tanamanmu pasti bisa tumbuh dengan baik dan menjadi dekorasi ruangan yang indah.