Beranda > Gaya Hidup > Pilihan Wisata di Sumatera Barat untuk Liburanmu

Pilihan Wisata di Sumatera Barat untuk Liburanmu

TUNAIKU
Pilihan Wisata di Sumatera Barat untuk Liburanmuwatermark

TUNAIKU.COM-Pernah dengar lagu “Ampun Mandeh”, “Tinggalah Kampuang”, sampai “Pulanglah Uda”? Yap! Lagu-lagu legendaris itu berasal dari Sumatera Padang. Selain terkenal dengan musik aliran Melayunya, Sumatera Barat juga terkenal dengan destinasi wisata yang mayoritas masih alami dan keren. Mumpung masih memasuki nuansa liburan, coba kunjungi wisata-wisata terbaik di Sumatera Barat ini.

 

Artikel terkait: panduan initerary 3 hari liburan ke negara populer Asia

  1. Panduan Itinerary Liburan 3 Hari di Hong Kong untuk Kamu
  2. Panduan Itinerary Liburan 3 Hari di Manila yang Bisa Kamu Terapkan
  3. Panduan Itinerary Liburan 3 Hari di Singapura

 

Istana Pagaruyung

Rumah adat padang rata-rata dibangun dengan atap yang unik, yang kalau dilihat seperti tanduk kerbau yang disebut dengan gonjong. Sayangnya, kita sudah jarang melihat rumah adat dengan atap seperti ini, terlebih di perkotaan Sumatera Barat. Oleh karena itu, destinasi wisata pertama yang harus dikunjungi adalah Istana Pagaruyung, yang merupakan simbol rumah adat Sumatera Barat yang biasa disebut dengan rumah Gadang. Istana ini merupakan replika dari istana yang dulunya menjadi tempat tinggal Raja Minangkabau. Sering juga disebut dengan Istana Baso.

 

Begitu menjejakan kaki di bagian pelatarannya, kamu akan melihat megahnya bangunan ini. Sudut-sudut lancip pada atap di bagian kanan-kirinya seolah saling berlawanan. Kemudian ada atap induk yang berada di tengah-tengahnya. Titik yang paling menarik bagi saya ada di lantai 3 yang jadi tempat banyak peninggalan sejarah. Tarif masuknya hanya Rp5 ribu.

 

Ngarai Sianok

Lembah atau ngarai ini terbilang sangat unik. Walau lokasinya berada di kaki bukit, tapi ada di tengah-tengah kota tepatnya Kota Bukittingi. Ngarai Sianok memiliki kedalaman hingga 100 meter. Di bawah ngarai terdapat sungai yang mengalir ke Samudera Hindia. Di sungai itu, kamu bisa melakukan aktivitas keren seperti arung jeram ataupun kano.

 

Hal menakjubkan lainnya dari ngarai ini adalah keberadaan bunga bangkai raksasa atau Rafflesia Arnoldi. Jenis bunga ini termasuk salah satu yang dilindungi oleh pemerintah karena sangat langka. Kalau ingin masuk, silakan bayar tiketnya dulu seharga Rp4 ribu. Di dalam ngarai juga ada hutan dengan bermacam satwa seperti tapir, rusa, dan lain-lain.

 

Danau Kembar

Libur Lebaran ke wisata Sumatra Barat yang ini enggak kalah keren. Berwisata ke satu danau saja sudah menyenangkan, apalagi dua? Alasan kenapa disebut kembar itu karena letaknya yang berdekatan. Dari bentuk dan kesan yang ditimbulkan juga sama. Walau kembar, tetap ada bedanya. Kedua danau tersebut masing-masing ada di atas dan di bawah.

 

Tempatnya cukup menyejukkan dan menenangkan batin. Kedua danau ini akan menampakkan perhiasannya pada waktu langit tengah cerah atau biru-birunya. Untuk memasuki kawasan ini, tarifnya Rp2 ribu/danau.

 

Lembah Harau

Masih berminat untuk main ke wisata lembah? Yuk mari ke Lembah Harau. Lembah ini berada di Payakumbuh. Berbeda dengan Ngarai Sianok, kalau yang ini cukup jauh dari kota. Suasana yang terbangun sangat asri dengan kicau burung, desir angin, dan aroma yang menyegarkan karena banyak pepohonan rimbun di sana.

 

Lokasinya berada di kawasan pedesaan dan dekat dengan area persawahan. Pada waktu dua bulan pertama musim panen dan langit cerah, Lembah Harau akan tampak gemilang. Liburan tentunya makin seru kalau ke Lembah Harau bersama keluarga tercinta. Tarif masuknya sekitar Rp10 ribu. Kalau mau akomodasi lengkap, tambah lagi Rp400 ribu.

 

Artikel terkait: rekomendasi hostel untuk backpacker ke negara Asia Tenggara

  1. Traveling ke Phuket, Ini 9 Hostel Backpacker Terbaik dan Murah
  2. Rekomendasi Hostel Backpacker Terbaik dan Murah di Penang
  3. Rekomendasi Hostel Backpacker Terbaik dan Murah di Hanoi

 

Pulau Cubadak

Provinsi Sumatera Barat juga terkenal dengan pulau-pulaunya yang cantik. Pulau ini sudah memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bungalow. Aktivitas bersama yang bisa dilakukan meliputi diving, snorkeling, ataupun memancing. Untuk menuju ke sana, kamu sewa speedboat saja dengan tarif Rp150 ribu berhubung tarif masuknya enggak ada.

 

Orang Sumatera Barat memang terkenal kreatif dan memiliki semangat untuk melestarikan alamnya. Enggak heran kalau wisata Sumatra Barat ini cantik-cantik. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Sumatera Barat di liburan kali ini?

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett