Kebanyakan orang menyiapkan tabungan menikah bersama pasangan. Tapi, apakah tabungan ini hanya perlu disiapkan bagi yang sudah akan menikah saja? 

 

Mungkin saja, saat ini kamu masih single dan belum akan menikah dalam waktu dekat. Lantas, apakah kaum single juga perlu mempersiapkan tabungan untuk menyiapkan dana pernikahan?

 

Perlukah Tabungan Menikah Meski Masih Single?

 

Perlu atau tidaknya menyiapkan tabungan menikah tergantung dari target menikahmu. Bagi yang masih single, tidak ada salahnya menyiapkan tabungan pernikahan dari sekarang. 

 

Ada beberapa alasan yang membuat kamu perlu mempersiapkan tabungan pernikahan meski belum memiliki pasangan: 

 

1. Tabungan bisa untuk keperluan lain

 

Tabungan yang kamu siapkan tidak terbatas untuk menikah saja, kok. Bisa saja tabungan itu akhirnya dipakai untuk memenuhi kebutuhan lain yang lebih mendesak. Misalnya jika mau membeli rumah atau biaya pengobatan.

 

Tidak ada salahnya punya tabungan meski kamu masih single. Kamu jadi punya simpanan yang bisa menambah nilai aset yang kamu miliki. 

 

2. Lebih siap merencanakan pernikahan di masa depan

 

Mungkin saat ini kamu belum punya pasangan dan belum akan menikah. Tapi, kalau menunggu punya pasangan baru menabung, bisa jadi sudah terlambat.

 

Kalau kamu menabung dari sekarang, jika jumlah tabungan sudah banyak dan kamu punya pasangan nantinya, kamu tidak perlu lagi capek-capek menyiapkan tabungan pernikahan dari awal.

 

Nanti, pasanganmu pun akan jadi lebih nyaman untuk berkomitmen denganmu. Karena kamu sudah punya rencana keuangan yang jelas dari tabungan dan investasi. 

 

3. Biaya menikah cukup berat

 

Memang betul, kadang biaya pernikahan yang besar dapat memberatkan, terutama bagi kamu yang baru mulai bekerja. Uang yang sudah susah payah dikumpulkan jadi habis untuk satu acara besar saja dalam satu malam.

 

Karena itu, kamu perlu memiliki tabungan menikah dari sekarang. Mungkin sekarang kamu masih single dan tabungan itu dikelola sendiri. Tapi, kalau sudah ada pasangan nantinya, kamu bisa berbagi tabungan dengan pasangan. 

 

Artikel Terkait: Pilihan Sumber Dana untuk Menikah

  1. Menikah Tanpa Bantuan Biaya dari Orang Tua? Bisa, Perhatikan Hal Ini
  2. Deposito Berjangka untuk Biaya Pernikahan, Ini Hal yang Harus Kamu Pahami
  3. Biaya Pernikahan Kurang, Amankah Pakai Kartu Kredit?

 

Cara Mempersiapkan Tabungan Menikah untuk Kaum Single

 

Tidak ada salahnya membuat tabungan dana pernikahan meski kamu masih single. Supaya tidak salah langkah, berikut ini cara mempersiapkan tabungan tersebut dengan benar:

 

1. Menghitung perkiraan biaya menikah

 

Pertama-tama, kamu harus menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan nantinya. Tentukan perkiraan target menikah, apakah 1 tahun, 2 tahun, atau 5 tahun lagi?

 

Kamu perlu memperkirakan harga pasaran di tahun yang kamu targetkan tersebut. Kemudian, kamu bisa mulai menghitung dengan rumus future value sebagai berikut: 

 

Biaya menikah masa depan = biaya menikah saat ini x (1+inflasi biaya pernikahan) target tahun menikah.

 

 

Berikut ini contoh simulasi perhitungannya:

 

Biaya menikah saat ini: Rp50 juta

Rata-rata kenaikan biaya pernikahan: 10% per tahun (0.1 dalam desimal)

Target menikah: 5 tahun lagi

Biaya menikah di masa depan = Rp50.000.000 x (1 + 0.10)5

Biaya nikah 5 tahun lagi = Rp80.525.500

 

2. Pilih investasi untuk mempersiapkan biaya

 

Instrumen investasi atau tabungan menikah yang kamu pilih disesuaikan dengan targetmu. Kalau mau menikah 6 bulan lagi, tentu tidak bisa berinvestasi di saham, karena saham lebih baik untuk investasi jangka panjang.

 

Kalau waktu menikah kurang dari dua tahun, lebih baik gunakan reksa dana pasar uang atau deposito. Sementara, kalau mau menikah dalam waktu 2-5 tahun lagi, kamu bisa gunakan obligasi atau reksa dana obligasi. 

 

Tapi, kalau kamu baru akan menikah lebih dari 5 tahun lagi, maka kamu bisa coba gunakan instrumen saham atau reksa dana saham. 

 

Artikel Terkait: Cara Tepat Mempersiapkan Pernikahan

  1. Ikuti Tips Ini Agar Persiapan Pernikahanmu Lebih Efisien
  2. Jadi Tren, Ikuti Tips Berikut untuk Live Streaming Pesta Pernikahanmu
  3. 5 Alokasi Dana yang Harus Dipersiapkan Jika Ingin Menikah di Bali

 

3. Jangan pikirkan gengsi

 

Banyak orang memaksakan acara pernikahan mewah demi gengsi. Gengsi inilah yang mahal. Padahal, acara pernikahan bisa berlangsung sederhana saja, kok. 

 

Pastikan kamu mempersiapkan acara pernikahan yang sesuai budget. Dengan begitu, kamu tidak akan dibuat stres ketika mempersiapkan tabungan menikah. 

 

Tidak ada salahnya mempersiapkan tabungan pernikahan meski kamu masih single. Tapi, lebih jauh dari itu, perencanaan keuangan jangan hanya berhenti di pernikahan. 

 

Setelah menikah nantinya, perencanaan keuangan akan semakin dibutuhkan. Karena akan ada banyak tantangan finansial yang dihadapi ke depannya. 

 

Jadi, tidak salah kalau kamu mau mempersiapkan tabungan menikah meski saat ini masih single. Karena memulai kehidupan berumah tangga memerlukan biaya yang tidak sedikit.