Sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, tahapan awal yang perlu dilewati oleh hampir semua pasangan adalah prosesi lamaran. Seperti halnya mempersiapkan pengeluaran untuk acara pernikahan, kamu juga perlu memperkirakan biaya lamaran.

 

Beberapa pasangan bermimpi untuk menyelenggarakan acara lamaran yang sama megahnya dengan acara pernikahan. Perlu diperhatikan bahwa akan lebih banyak biaya yang harus dikeluarkan sesudah acara pernikahan selesai. 

 

Lalu bagaimana caranya mengalokasikan dana untuk biaya nikah dan biaya lamaran? Apa saja pengeluaran yang perlu dialokasikan untuk keperluan lamaran?

 

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Acara Lamaran Sederhana di Rumah

 

Jumlah angka pernikahan di Indonesia selama beberapa tahun terus menurun. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 menunjukkan bahwa hanya terdapat 1,79 juta pernikahan pada 2020. 

 

Menurunnya angka pernikahan salah satunya disebabkan pembatasan pelaksanaan kegiatan publik selama masa pandemi dan juga kemampuan finansial masyarakat yang belum stabil.

 

Demi meminimalisir biaya, ada baiknya untuk menyelenggarakan prosesi pernikahan yang sederhana. Hal ini termasuk memperhitungkan estimasi biaya lamaran yang tidak terlalu merogoh kocek. Apa saja pertimbangannya?

 

1. Dekorasi tempat lamaran

 

Acara lamaran kekinian lekat sekali dengan dekorasi tempat lamaran. Tempat lamaran bisa menyesuaikan seperti di dalam rumah atau di sebuah gedung. 

 

Dekorasi dalam biaya lamaran akan meliputi backdrop untuk pasangan, hiasan bunga, meja dan kursi untuk keluarga dan tamu. Kegiatan dekorasi bisa dilakukan sendiri maupun dengan vendor.

 

Tentunya, kalau kamu memilih untuk mendekor sendiri, maka kamu bisa menghemat biaya yang perlu dikeluarkan.

 

2. Biaya lamaran berkaitan dengan pakaian dan rias wajah

 

Meski tidak wajib, menggunakan riasan wajah dan pakaian khusus lamaran akan menambah kesan spesial saat lamaran. 

 

Pilihlah paket jasa make-up artist sesuai bujet. Jika ingin lebih hemat biaya, bisa juga meminta bantuan dari teman.

 

Terkait pakaian, kamu bisa saja membeli pakaian pasangan yang sudah jadi di department store. Bisa juga menyewa pakaian khusus acara lamaran dan pernikahan.

 

3. Biaya seserahan lamaran sederhana 

 

Seserahan mencakup berbagai item seperti perhiasan baik itu cincin, kalung, gelang serta anting yang dibawa oleh calon pasangan pria kepada pasangan wanita. 

 

Dalam tradisi Jawa dan Sunda, seserahan ini pun perlu dibalas oleh pihak wanita dengan menyediakan makanan untuk menjamu pihak pria.

 

Untuk menghemat biaya, pilihkan item yang akan dibutuhkan calon pengantin wanita saat pesta pernikahan. Begitupun untuk jamuan makanan, ada baiknya makanan dibuat sendiri oleh keluarga pihak wanita.

 

4. Katering

 

Katering umumnya menjadi pengeluaran biaya lamaran terbesar. Jika dilangsungkan di rumah, sajian makanan umumnya akan disediakan oleh pihak keluarga wanita yang didatangi. 

 

Penting untuk memesan katering dengan jumlah yang cukup, kira-kira 30 hingga 70 pax di hari lamaran. Jumlah ini tergantung pada jumlah keluarga besar yang akan ikuti dalam acara lamaran.

 

Jika ingin menghemat biaya, mintalah bantuan keluarga besar untuk mempersiapkan sajian makan sendiri.

 

5. Dokumentasi foto atau video

 

Ada banyak paket dokumentasi lamaran dengan harga beragam yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menyewa jasa freelancer untuk mendokumentasi momen lamaranmu.

 

Jika akan menggunakan jasa fotografer, disarankan untuk memilih paket gabungan jasa foto dan atau video beserta dengan dekorasi. Karena semuanya sudah menjadi satu kesatuan, biayanya akan lebih murah.

 

Tidak melulu harus menggunakan jasa profesional, dokumentasi acara lamaran bisa juga dilakukan oleh kerabat atau teman yang memiliki kemampuan dalam bidang ini.

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Perkiraan Biaya Lamaran Sederhana

 

Jika diselenggarakan secara sederhana, sebenarnya biaya lamaran cenderung tidak akan memakan banyak biaya. 

 

Dengan estimasi pengeluaran yang cukup realistis, total biaya lamaran bisa ditekan hingga mencapai angka 11 juta rupiah saja. Berikut rincian biayanya:

 

Komponen Perkiraan Biaya
Dekorasi tempat Rp1.500.000
Pakaian dan Rias Wajah Rp2.000.000
Seserahan Rp2.500.000 untuk perhiasan
Katering Rp3.500.000 untuk 50 orang
Dokumentasi Rp1.500.000
Total Rp11.000.000

 

Artikel Terkait: Siapkan Biaya Lamaran Tambahan, Ini Solusi yang Direkomendasikan

 

Perbedaan Antara Lamaran dan Tunangan 

 

Penting untuk diketahui bahwa prosesi lamaran dan tunangan adalah dua hal yang berbeda. Lamaran berarti meminang atau meminta calon pasangan wanita untuk menjadi pengantin dan membina biduk rumah tangga bersama calon pasangan pria. 

 

Sementara itu, tunangan adalah kesepakatan untuk mengikat seseorang yang menjadi tahap awal tujuan pernikahan.

 

Jadi, prosesi lamaran biasanya dilakukan terlebih dahulu diikuti dengan tunangan dan acara pernikahan. 

 

Baik prosesi lamaran dan tunangan diberi tanda dengan menyediakan sepasang cincin sehingga banyak yang mengira keduanya adalah acara yang sama.

 

Selain Biaya Lamaran, Ini Barang Lamaran yang Harus Dibawa Pihak Pria

 

Beberapa hal yang perlu diperhitungkan pihak pria saat melamar adalah dengan membawa barang lamaran. Barang lamaran ini akan disesuaikan dengan tradisi dan atau konsep yang diambil dalam proses lamaran. 

 

Namun secara umum, beberapa orang melengkapi seserahan berupa perhiasan dengan barang lamaran yang kemungkinan akan dibutuhkan oleh calon pasangan wanita.

 

Artikel Terkait: 10 Ide Sederhana Seserahan Pernikahan, Sederhana Tapi Penuh Makna

 

Misalnya seperti pakaian, sepatu, riasan wajah, peralatan ibadah, serta makanan dan cemilan untuk dinikmati saat acara lamaran berlangsung.

 

Selain barang lamaran, biaya yang mungkin akan dikeluarkan oleh pihak pria adalah sumbangan dalam bentuk uang tunai untuk pihak keluarga wanita.

 

Kemudian ada juga biaya transportasi keluarga dan akomodasi jika tinggal berjauhan.

 

Satu hal yang perlu diingat, rincian biaya lamaran di atas akan sangat bergantung pada konsep acara lamaran dan pembicaraan kedua belah pihak. 

 

Tetapi, perlu diingat bahwa pengeluaran untuk acara pernikahan umumnya akan jauh lebih besar sehingga penting untuk memperhitungkan biaya lamaran dengan bijak.