SWARA – Seserahan merupakan salah satu bagian penting dalam prosesi pernikahan. Seserahan ini mengandung makna bahwa laki-laki yang akan menafkahinya kelak mampu untuk mencukupi kehidupan istri. Begitu juga dengan barang-barang seserahan, masing-masing memiliki makna tersendiri.

 

Barang yang jadi seserahan biasanya bermacam-macam. Kalau barang yang dipilih kebetulan branded ya bisa boros dan mahal juga. Jadi ya nggak heran kalau seserahan ini bisa mahal. Berikut 10 ide seserahan sederhana tapi penuh makna yang bisa kamu coba:

 

1. Alat shalat

 

View this post on Instagram

 

Seserahan seperangkat alat shalat Decor : Natural Rustic Thank you… @pipitomicorazon ________________________ Available for rent & sale! Seserahan Jakarta – Tangerang – Karawaci WA : 08989156822 #hantaran #hantarannikah #hantaranpernikahan #sewahantaran #sewahantaranmurah #hantarankarawaci #terrarium #mahar #tempatmaharperhiasan #tempatmaharcantik #seserahanmukenah #tempatmaharperhiasan #tempatmaharperhiasan #nikah #seperangkatalatsholat #sewaseserahan #sewaseserahanmurah #inspirasipernikahan #hiasseserahan #jasahiasmahar #jasahias #getdiscount #promo #rusticdecor #rustic #keranjangrotan #taspesta #jasasewa #seserahantangerang #rusticdecor #seserahanalatshalat

A post shared by Seserahan & Hampers Tangerang (@present.creative) on

 

Menurut saya, sebagai umat muslim ini menjadi barang seserahan yang wajib. Makna alat shalat sendiri dalam seserahan adalah bahwa pernikahan ini sendiri didasari oleh nilai-nilai agama. 

 

2. Pakaian

 

View this post on Instagram

 

#seserahanpakaian

A post shared by seserahan lunaluni (@seserahan_lunaluni) on

 

Seserahan kedua yang biasanya diberikan kepada pihak perempuan adalah pakaian. Ada pun pakaian di sini bisa berbagai macam. Kamu bisa memilih pakaian kerja, pakaian pesta, bahkan pakaian dalam. Ada pun simbol dalam seserahan pakaian ini adalah bahwa yang namanya rahasia rumah tangga itu harus disimpan dengan baik.

 

3. Perhiasan

 

Perhiasan juga menjadi salah satu bentuk seserahan bagi calon mempelai. Perhiasan di sini nggak harus lengkap dari anting sampai cincin, ya. Semua kembali ke kesepakatan masing-masing. Ada pun makna perhiasan dalam seserahan ini adalah agar calon pengantin bersinar dan berkilau sepanjang hidup.

 

4. Tas

 

View this post on Instagram

 

Kotak Kayu Jati Belanda tutup mika. Sewa dan hias 500 rb : 10 pcs kotak, wadah cincin, wadah duit, adukan duit. Jika wadah tidak cukup akan dapat gratis tambahan wadah maksimal 4 wadah dan ada pilihan warna pita polkadot. Lokasi di Wildan Sari I Banjarmasin. Wa 085248745849. Tersedia juga wadah hantaran lain dg harga sewa dan hias 250 rb, 350 rb, 600 rb. Silahkan lihat postingan sebelumnya ya.. #hantarantas #seserahantas #hiashantaranbanjarmasin #hiashantaranbanjarbaru #hiasseserahanbanjarmasin #hiasseserahanbanjarbaru #wadahhantaranbanjarmasin #wadahseserahanbanjarmasin #wadahhantaranbanjarbaru #wadahseserahanbanjarbaru #wadahhantarankalsel #jasasewabanjarmasin #jasasewabanjarbaru #jasasewakalsel #hantaranbanjarmasin #seserahanbanjarmasin #hantaranbanjarbaru #seserahanbanjarbaru #hantarankalsel #seserahankalsel #kotakseserahanbanjarmasin #kotakhantaranbanjarmasin #kotakseserahankalsel #kotakhantarankalsel #kotakseserahanbanjarbaru #kotakhantaranbanjarbaru #kotakkayujatibelanda #baantaran #hantarannikah #seserahannikah

A post shared by seserahan.hantaran_byulfa (@seserahan.hantaran_byulfa) on

 

Buat kamu yang suka mengoleksi tas-tas lucu, momen seserahan ini bisa kamu manfaatkan dengan baik. Pasalnya, salah satu barang seserahan yang biasanya diberikan adalah tas. Ada pun makna daripada seserahan ini adalah bahwa suami kelak akan mampu menafkahi dan memenuhi kebutuhan istri.

 

Artikel terkait: Baca ini buat kamu yang suka barang-barang branded

  1. Pilih Investasi Tas Branded, Simak Tips Merawatnya Supaya Tetap Bernilai

  2. 5 Barang Koleksi Perempuan yang Memiliki Nilai Jual Tinggi

  3. Belanja Sembari Investasi, Ini Barang yang Bisa Kamu Pilih!

 

5. Sepatu

 

Buat kamu yang suka mengoleksi sepatu, seserahan pastilah menjadi momen bahagia. Pada salah satu barang seserahan busa diisi dengan sepatu. Untuk maknanya adalah kedua suami istri kelak akan bersama dalam menjalani kehidupan dan pastinya dengan langkah yang mantap di jalan yang benar.

 

6. Daun suruh ayu

 

Dalam seserahan juga biasanya memuat daun suruh ayu yang ditata lucu. Saya sendiri belum pernah menjumpai seserahan ini di dunia nyata, ya. Mungkin di lingkungan saya belum ada yang menerapkannya. Padahal, makna seserahan berupa daun suruh ayu ini adalah doa untuk kebahagiaan dan keselamatan dua calon mempelai.  

 

7. Barang hobi

 

Kamu juga bisa memberikan seserahan pada pasanganmu berupa barang yang menjadi hobinya. Sebagai contoh dia memiliki hobi membaca. Nah, ide berupa novel favoritnya juga bisa dicoba. Ini artinya kalau nantinya saat sudah jadi suami juga akan mendukung semua hobinya.

 

8. Skincare

 

Skincare saat ini juga menjadi daftar seserahan yang rasanya wajib untuk dipenuhi. Kamu bisa memilih merek skincare yang cocok dengan jenis kulitmu. Ada pun makna dari seserahan ini adalah agar istrimu terawat dan selalu tampil cantik di depanmu. 

 

Artikel terkait: Suka merawat wajah pakai skin care? Baca ini

  1. Ingin Sukses Memulai Usaha Kosmetik dan Skin Care dengan Modal Minim, Ikuti Kiatnya

  2. Pengen Tampil Menawan Ala Song Hye Kyo? Intip Skincare Routine-nya Di Sini!

  3. 6 Merek Skincare yang Terjangkau dan Aman untuk Ibu Hamil

 

9. Kosmetik

Kosmetik juga menjadi serangkaian barang seserahan yang rasanya wajib untuk dipenuhi. Ada pun makna di balik kosmetik sama dengan skincare, agar kamu sebagai istri selalu tampil menarik dan terawat di depan suami.

 

10. Makanan

 

Daftar barang seserahan ke sepuluh yang biasanya ada adalah makanan. Nah, makanan yang dipilih biasanya lengket dan basah. Ada pun makanan ini mengandung harapan agar kelak pasangan suami istri ini selalu lengket dan hubungan antara kedua keluarga berlangsung dengan baik.

 

Itu dia 10 barang seserahan beserta maknanya. Bagaimana, sudah siap untuk melangkah ke jenjang berikutnya?