SWARA –  Masalah klasik yang sering melanda dalam hubungan rumah tangga adalah masalah antara menantu dengan ibu mertua yang kurang harmonis. Terkadang kondisi membuat seorang suami-istri masih harus tinggal dengan mertua sehingga nggak hanya pasangan, tetapi mertua juga jadi tahu sifat-sifat asli menantu. 

 

Ketika saya mengetahui jika saya nggak akur dengan ibu mertua, saya akan cenderung mencari tahu hal-hal yang nggak disukai mertua saya dengan bertanya ke pasangan. Nah, jika kamu juga sering berhadapan dengan mertua, cara-cara ini ampuh dilakukan agar kamu disukai oleh mertua.

 

1. Jangan berekspektasi tinggi terhadap sikap mertua

Banyak yang bilang jika hubungan menantu dengan mertua nggak akan pernah akur, meskipun sebelum menikah hubunganmu dan calon mertua baik-baik saja. Namun, biasanya sikap mertua akan berubah saat kamu sudah menikah dengannya. Mertua akan mulai mengatur apa yang kamu lakukan. 

 

Satu hal yang harus kamu lakukan adalah jangan berekspektasi tinggi bahwa hubungan menantu dan mertua akan selalu baik-baik saja meski sudah diawali dengan hubungan baik. Kamu harus bersiap jika hal tersebut terjadi dan menyadarinya bahwa mertua juga ingin mengatur dirimu layaknya mengatur pasanganmu karena setelah menikah mereka juga merupakan orangtuamu.

 

2. Jangan melawan kehendak mertua

Di suatu titik seorang menantu akan merasa jenuh dengan aturan-aturan yang ditetapkan oleh mertua. Seseorang yang seumur hidupnya sudah terbiasa dengan aturan yang dijalankan keluarganya harus mulai beradaptasi kembali dengan aturan baru yang juga sudah diterapkan oleh keluarga pasangan. 

 

Jika sudah jenuh sekalipun, jangan melawan orang tua karena itu akan membuat masalah menjadi lebih besar dan berbahaya. Ikuti terlebih dahulu apa yang diinginkan mertua sambil mencari solusi yang tepat bagaimana mengatasinya.

 

Artikel Terkait: Menjaga Hubungan Harmonis Suami-Istri

  1. Hati-hati! Ini 5 Kebiasaan di Media Sosial yang Bisa Bikin Hubungan Suami Istri Hancur
  2. Kepada Para Suami, Lakukan 7 Hal Ini agar Istri Selalu Bahagia!
  3. 7 Tips Menjaga Hubungan Ketika Penghasilan Istri Lebih Besar dari Suami

 

3. Ikhlas menerima apa yang terjadi

Jika sudah sering mendapat masalah dengan mertua, coba introspeksi diri kamu. Tenangkan hati, bersabar, dan ikhlaslah menerima semua perlakuan mertua kepadamu. Membicarakan ini kepada pasangan juga hal yang baik, tetapi kamu juga harus menyadari bahwa orang yang kamu hadapi adalah orang tua pasanganmu sendiri. 

 

Jangan sampai pasangan kamu jadi membenci orang tuanya sendiri karena berusaha membela kamu. Jika sampai itu terjadi, sama saja kamu mendorong pasanganmu untuk durhaka kepada orang tua. Tetap ikhlas dan beri ruang kepada mertuamu dengan hati dan pikiran yang jernih. Dengan cara ini, kamu akan bisa menemukan celah-celah yang membuat kamu dan mertua bertikai. Sedikit demi sedikit hal itu bisa kamu perbaiki dengan baik.

 

4. Ajak mengobrol ibu mertua

Kamu sebagai menantu sudah seharusnya lebih aktif dalam menghadapi ibu mertua. Sebelum masalah banyak terjadi, ajak ngobrol ibu mertua. Tanyakan kepada pasanganmu hal-hal apa yang disukai ibu mertua agar kamu nggak kehabisan bahan pembicaraan. Sempatkan menelepon jika kamu nggak serumah dengannya, kunjungi dia dan ajak mengobrol lebih dulu. Hubungan yang baik datang dari komunikasi yang baik.

 

5. Perbanyak beraktivitas bersama ibu mertua

Aktivitas bersama juga bisa membangun ikatan. Bantu ibu mertua dengan hal-hal yang bisa kamu lakukan, seperti memasak, mencuci piring, bahkan membantu membersihkan rumah. Kegiatan seperti ini bisa mendorongmu untuk lebih akrab dengan mertua.

 

6. Bawakan sesuatu untuk ibu mertua

Kamu harus ingat, ibu mertua juga orang tuamu yang pasti akan senang jika kamu datang sambil membawakan sesuatu. Ini adalah sebuah sikap peduli terhadap ibu mertua. Bawakan makanan atau barang yang dia butuhkan dan konsultasikan dulu dengan pasangan barang apa yang bisa kamu bawa agar ibu mertua juga senang.

 

7. Jadikan pasangan sebagai penengah

Pasanganmu sudah sangat mengerti bagaimana sifat orang tuanya. Nggak ada salahnya kamu berkomunikasi dengan pasangan untuk mencari lebih jauh tentang sifat mertua tanpa memojokkannya. Tetap ingat bahwa mertuamu adalah orang tuanya sehingga kamu juga harus hati-hati berkomunikasi dengan pasangan.

 

8. Saling terbuka kepada mertua

Dengarkan setiap keluh kesah mertua yang diutarakan kepadamu. Dia akan merasa dihargai jika kamu mendengarkannya. Tunjukkan rasa peduli terhadap mertua dengan memberikan solusi yang baik terhadap keluh kesahnya. Kamu juga bisa balik bercerita tentang hal-hal yang kamu alami kepada mertuamu. Dia akan merasa dihargai saat dia bisa memberikan solusi kepadamu dan kamu menerimanya dengan baik.

 

Artikel Terkait: Siapkan Ini Sebelum Menikah

  1. 3 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Menikah
  2. Alasan Kamu Perlu Mengenal Karakter Calon Mertua sebelum Menikah
  3. Mengapa Ilmu Parenting Perlu Dipelajari Sebelum Menikah?

 

9. Jangan bandingkan mertua dengan orang tuamu

Setelah menikah, kamu pasti akan menemukan perbedaan cara mertua mendidik dibanding dengan orang tuamu. Jangan bandingkan mereka, kamu harus sadar setiap orang tua punya caranya masing-masing dalam mendidik. Sebagai gantinya, kamu bisa menganggap ini adalah wawasan baru bagimu tentang cara orang tua mendidik anaknya.

 

10. Ingat lagi hal baik yang sudah diberikan mertua

Meskipun kamu merasa mertua menyebalkan, tetapi jangan sampai ada rasa benci muncul di hatimu. Ingat kembali hal-hal yang sudah mertua berikan kepadamu. Termasuk merestui hubunganmu dengan pasangan. Jika kamu terbiasa mengingat hal-hal baik yang dilakukan mertua, kamu bisa mengurangi rasa sebal itu dan menganggap maklum bahwa mertua pasti memiliki tujuan tertentu memperlakukanmu seperti itu. 

 

Itulah cara-cara terbaik agar kamu bisa disukai oleh ibu mertua. Yuk, mulai terapkan cara-cara ini agar hubungan pernikahanmu bisa selalu lancar.