SWARA – Saat ini masih cukup banyak mitos-mitos yang beredar dan dipercayai oleh masyarakat, termasuk mitos tentang pernikahan. Seperti misalnya menentukan kecocokan pasangan dari tanggal dan jam kelahiran pasangan, sehingga jika tanggalnya sesuai maka dipercaya bisa langgeng dengan orang tersebut. 

 

 

Nah, ternyata selain hal itu masih banyak lho mitos-mitos tentang pernikahan yang beredar di masyarakat. Apa saja mitos-mitosnya? Yuk, simak artikelnya.

 

1. Pernikahan selalu membuat bahagia

Memang pernikahan membuat orang bahagia. Namun, kamu juga harus tahu bahwa pernikahan adalah awal sebuah cerita baru kamu dan pasangan. Setelah menikah, kamu akan dihadapkan dengan sifat asli

pasangan yang sebelumnya kamu belum tahu, hingga berbagai macam pengeluaran dari kebutuhan rumah tangga. Sehingga pernikahan nggak hanya melulu bahagia, tetapi juga masih membutuhkan perjuangan untuk melanjutkan perjalanan cinta ke level selanjutnya.

 

Artikel Terkait: Membina Hubungan Pernikahan

  1. 5 Hal yang Membuat Hubungan Pernikahan akan Selalu Sehat
  2. Banyak yang nggak Menyadari Orangtua Pasangan Memengaruhi Hubunganmu, lho
  3. Resep Awet Bikin Lima Tahun Pernikahan Aman dari Guncangan

 

2. Nggak akan ada perceraian jika sudah memiliki anak

Anak memang menjadi sebuah alasan kuat pasangan yang ingin bercerai untuk tetap meneruskan rumah tangga agar anak bisa tumbuh dengan orang tua yang lengkap. Namun, nggak semua pernikahan berjalan lancar meskipun sudah memiliki anak. 

 

Biasanya hal ini terjadi karena memang dari awal hubungan antara suami dan istri sudah nggak berjalan dengan baik, sehingga dengan adanya anak justru permasalahan semakin berat dan nggak ada rasa memberatkan anak lagi jika sudah begini.

 

3. Lama pernikahan bisa membuat pasangan lebih mengerti tentang diri kita

Banyak yang beranggapan semakin sering bersama maka akan terbangun sebuah chemistry yang kuat antar pasangan. Namun, hal itu nggak melulu terjadi. Ada suami-istri yang sudah menikah bertahun-tahun, tetapi suaminya masih belum memahami apa yang sebenarnya istri inginkan. Hal ini menjadi kewajiban bersama untuk lebih mengomunikasikan hal-hal yang dianggap sulit untuk ditebak oleh pasangan meski sudah menikah bertahun-tahun.

 

4. Cinta bisa menyelesaikan masalah

Pernikahan memang harus dilandasi rasa cinta antara suami dengan istri. Namun, bergantung pada perasaan cinta saja masih belum cukup. Setiap pasangan harus mampu menjalin komunikasi, saling bertoleransi, hingga berkomitmen agar hubungan suami istri tetap terjalin dengan baik. 

 

Cinta hanyalah pelengkap agar kamu dan pasangan selalu merasakan kebahagiaan dalam menjalin rumah tangga, sisanya adalah hal-hal yang wajib kamu usahakan bersama pasanganmu.

 

5. Dia akan selalu menemanimu

Sebagian orang memutuskan untuk menikah agar bisa memiliki teman yang selalu ada di sampingnya, tetapi kenyataan berkata lain. Ada banyak faktor yang membuat kamu tak selalu bisa berada di dekatnya, biasanya faktor pekerjaan. 

 

Kamu bisa membuat komitmen terlebih dahulu sebelum menikah bagaimana kehidupan setelah menikah jika pasangan dan dirimu memiliki pekerjaan di tempat yang berjarak cukup jauh hingga berbeda pulau atau negara, karena kedekatan dan komunikasi sangat perlu dalam pernikahan.

 

6. Pasanganmu adalah yang terbaik

Memang boleh-boleh saja jika beranggapan pasanganmu adalah orang yang paling tepat untuk dirimu. Hanya saja, kamu juga harus sadar bahwa manusia nggak ada yang sempurna sehingga kamu harus bisa memaklumi jika pasanganmu melakukan kesalahan. 

 

Jika dari awal kamu sudah menganggap pasanganmu sempurna, saat pasanganmu melakukan kesalahan kamu bisa merasakan kekecewaan yang mendalam, lho. Sehingga ada baiknya untuk menganggap pasangan dengan sewajarnya dan nggak berlebihan.

 

Artikel Terkait: Calon Pengantin Wajib Baca

  1. Hindari 7 Keraguan yang Biasanya Datang Jelang Pernikahan
  2. Agar Usia Pernikahan Langgeng, Ini Umur yang Tepat untuk Menikah Menurut Penelitian!
  3. Mau Tahu Kebohongan Seputar Pernikahan, Percayalah Tak Ada Pasangan yang Sempurna

 

7. Masalah harus diselesaikan saat itu juga

Memang membawa masalah rumah tangga terlalu lama akan membebani pikiran. Namun, kamu juga perlu sadar bahwa memaksakan menyelesaikan permasalah rumah tangga di saat kamu dan pasangan sedang dalam keadaan marah hanya akan memperkeruh suasana. Cobalah untuk menenangkan diri dulu agar pikiran lebih tenang dalam menyelesaikan masalah. Tak perlu khawatir masalah belum selesai meskipun sudah berhari-hari, jika kamu dan pasangan sudah tenang, masalah bisa segera diselesaikan dengan cara yang paling bijak.

 

Itulah 7 mitos yang perlu kamu pahami dalam pernikahan. Harapannya setelah kamu mengetahui mitos-mitos ini, jangan membuat keyakinan terhadap pasanganmu berkurang, karena agar bisa menjalani pernikahan dengan bahagia adalah dengan berkomitmen penuh dan mencintai dengan tulus tanpa syarat.