Beranda > Gaya Hidup > Pecinta Alam, Wajib Kunjungi 5 Gunung di Pulau Sumatera Ini

Pecinta Alam, Wajib Kunjungi 5 Gunung di Pulau Sumatera Ini

TUNAIKU
Pecinta Alam, Wajib Kunjungi 5 Gunung di Pulau Sumatera Iniwatermark

TUNAIKU.COM – Kamu mahasiswa atau karyawan yang pernah atau masih aktif dalam klub pecinta alam? Jika ya, ada 5 gunung di Sumatera yang wajib kamu kunjungi bersama teman-temanmu sesama pecinta alam. Sebagai salah satu pulau terbesar di dunia, banyak sekali hal menakjubkan yang menantimu di sini. Berikut informasi selengkapnya buatmu.

 

Artikel Terkait: Gunung dan Tempat Wisata yang Direkomendasyikan

  1. Pendaki Pemula, 5 Gunung Ini Aman dan Ramah untuk Dieksplor
  2. Hobi Hiking? Ini Rekomendasi Gunung Terindah di Pulau Jawa yang Wajib Kamu Taklukkan
  3. 5 Pilihan Tempat Wisata yang Coock untuk Manula

 

1. Gunung Kerinci

Gunung yang terletak di Provinsi Jambi ini berada pada titik 3.805 mdpl sehingga mendapat predikat gunung api tertinggi di Indonesia. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri kalau kamu berhasil menaklukkan puncak dari gunung yang menjadi bagian dari bukit barisan di Pulau Sumatera ini.

 

Kerinci juga termasuk dalam area Taman Nasional Kerinci-Sebat dan menjadi habitat alami untuk harimau dan badak endemik Sumatera yang statusnya hampir punah. Saya harus melewati jalur pos Kersik Tuo saat mendaki gunung ini. Pemandangan puncaknya membuat saya tidak ingin pulang. Pokoknya, sebagai pecinta alam sejati, kamu wajib datang ke sini,

 

2. Gunung Leuser

Rekomendasi gunung berikutnya ada di bagian tenggara Provinsi NAD (Nanggroe Aveh Darussalam), dekat perbatasan NAD-Sumatera Utara. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser dan bisa kamu daki puncaknya melalui Desa Kedah Panosan di Kuta Panjang Aceh Tenggara.

 

Leuser memiliki 3 puncak tertinggi, yakni puncak setinggi 3.445 mdpl yang saat saya ke sini masih belum diberi nama, lalu puncak Loser setinggi 3.405 mdpl, dan puncak Leuser setinggi 3.119 mdpl. Butuh perjuangan besar untuk bisa mencapai salah satu puncaknya. Namun, rasa lelah dalam 14 hari perjalanan menjadi terbayarkan saat kamu sudah sampai di puncaknya.

 

3. Gunung Dempo

Dari rumah penduduk yang berada di sekitar sawah saja, pemandangan gunung berapi stratovolcano (tipe kerucut) ini sudah sangat menyegarkan mata, apalagi jika berdiri di puncaknya. Gunung Dempo terletak di Provinsi Sumatera Utara yang berbatasan langsung dengn Bengkulu. Pendakian bisa diawali di kota terdekat, yakni Pagalaram.

 

Gunung dengan ketinggian 3.195 mdpl memiliki daya tarik yang membuatmu ingin pergi ke sini lagi. Ya, Gunung Dempo memiliki satu area teropuler yang menjadi incaran banyak pendaki, yakni kawah birunya yang begitu memukau. Pendakian sekaligus liburan ke Gunung Dempo ini wajib kamu dokumentasyikan.

 

4. Gunung Bandahara

Kamu pernah mengonsumsi kopi khas Gayo? Selain kopi hitamnya yang mantap, Gayo juga punya gunung yang direkomendaikan buat kamu daki, yakni Gunung Bandahara. Gunung ini terletak di Kabupaten Gayo, Provinsi NAD.

 

Dengan ketinggian 3.030 dpl, gunung ini termasuk dalam salah satu gunung tertinggi di Sumatera. Meski tidak berapi, ada banyak hal menarik yang bisa kamu temui di sini. Salah satunya adalah tanaman khasnya, yakni Nepenthes sp. atau mungkin kamu lebih akrab mendengarnya denagns ebutan kantung semar.

 

Artikel Terkait: Tips dan Manfaat Liburan dengan Mendaki Gunung

  1. 6 Tips Ampuh Liburan lebih Hemat
  2. Stres Bikin Skripsi? Yuk Lepas Penatmu dengan Hunting Foto di 5 Spot Keren Ini!
  3. Manfaat Mendaki Gunung bagi Kesehatan Mentalmu

 

5. Gunung Talamau

Berada di ketinggian 2.982 mdpl, Gunung Api Talamau yang terletak di Provinsi Sumatera Barat ini memiliki daya tarik untuk membuat banyak pendaki lokal maupun asing ingin mencapai puncaknya. Meski statusnya sudah tidak aktif, Gunung Talamau tetap menjadi salah satu gunung terfavorit bagi pendaki yang ingin mencapai semua puncak di Sumatera.

 

Kondisi Gunung Talamau seakan masih belum terjamah. Di sini, kamu bisa mendengar kicauan berbagai jenis burung yang saling bersahutan. Bahkan, dengan keeksotisan telaga-telaga di dalamnya, membuat perjalanan panjang pendakian tidak terasa melelahkan.

 

Masih ada 2 lagi gunung di Sumatera yang direkomendasyikan buat kamu yang mengaku pecinta alam, yakni Gunung Marapi di ketinggian 2.891 mdpl (Sumatera Barat) dan Gunung Geureudong (NAD). Marapi cocok buat kamu yang suka melihat hamparan edelweiss, sedangkan Geureudog cocok buat kamu yang ingin melihat habitat alami gajah di Sumatera.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

1

Mobile Site CTA

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett