SWARA – Kemewahan mobil terletak pada desain interior dan eksterior. Kalau desain mobilmu sudah keren, rasanya masih belum puas kalau interiornya belum dipermak. Memodifikasi jok captain seat kini menjadi trend baru di kalangan pecinta otomotif.  

Saya sendiri menyukai bentuk captain seat karena lebih nyaman digunakan selama perjalanan. Namun, masuk jok baris ketiga mobil Innova Venturer pun masih terbilang sulit. Meski badan saya ramping, melewati captain seat yang hanya berjarak 17 sentimeter itu tetap nggak mudah.

Sebenarnya, perlukah mobil dengan captain seat?

 

Artikel terkait: Rekomendasi mobil pilihan

  1. 7 Jenis Mobil yang Bisa Digunakan untuk Usaha Rental Mobil
  2. 5 Mobil Matic Murah dan Irit yang Bisa Jadi Pilihan
  3. Rekomendasi Mobil Mitsubishi untuk Memenuhi Kebutuhan Keluarga

 

Kelebihan captain seat

Captain seat, membuat mobil naik kasta. Ciri utama captain seat adalah independen, kursi hanya diperuntukkan bagi satu orang. Hal ini menonjol pada interior mobil Toyota Alphard yakni adanya captain seat mewah untuk si bos. Kalau kamu belum mampu membeli Alphard, memodifikasi mobil milikmu agar interiornya mirip Alphard bisa menjadi solusi.

Selain itu, adanya arm rest dapat membuat tanganmu nggak pegal selama perjalanan jauh. Kelebihan lainnya adalah tambahan busa di balik lapisan jok yang membuat penumpang lebih nyaman duduk di captain seatPerbedaan antara jok standar dengan captain seat terletak pada bentuknya. Pada baris kedua, captain seat hanya terdiri dari dua jok yang dipisahkan ruang kosong untuk lalu lalang penumpang di baris ketiga.

 

Biaya modifikasi captain seat

Biaya untuk mengubah jok baris tengah menjadi captain seat bervariasi, tergantung bahan dan fitur yang ditawarkan. Penggantian jok dengan bahan kulit sintetis atau oscar sekitar Rp 2.500.000 per kursi. Kamu bisa menambahkan footrest dengan menambah biaya Rp 1.500.000.

Agar lebih paripurna, mekanisme jok bisa diubah menjadi swivel yang bisa diputar seperti MPV premium, lho! Biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 2.250.ooo per kursi.

 

Artikel terkait: Tips berkendara yang aman dan nyaman

  1. Jalur Tanjakan, Ini 5 Cara Menyetir Agar Aman dan Kurangi Risiko Celaka
  2. Jangan Lupa Cek 5 Hal Ini pada Mobilmu Sebelum Dikendarai
  3. Bagi Pemula, Ikuti 5 Tips Mudah Parkir Mobil Ini

 

Jadi, kamu butuh mengubah jok mobil dengan captain seat?

Captain seat di mobil menambah nuansa mewah, namun ada konsekuensi yang dikorbankan, yakni kapasitas penumpang. Captain seat hanya bisa digunakan satu orang saja, sedangkan jok standar bisa digunakan bersama orang lain.

Sepadankah harga yang dibayarkan terhadap kenyamanan yang akan kamu dapat? Jawabannya relatif, tergantung kebutuhan dan keinginanmu. Sebaiknya perubahan jok standar menjadi captain seat disesuaikan dengan kebutuhan, karena kemewahan nggak selalu sesuai dengan kebutuhan. Kalau kamu butuh kursi sekaligus tempat kerja, captain seat yang dibekali meja adalah jawabannya.

Nggak semua penggunaan captain seat puas. Pengguna mobil Innova misalnya, yang masih tetap merasa susah mengakses baris ke tiga meski sudah menggunakan captain seat. Apabila fungsinya nggak ada, terlalu mubazir membuang uang sebanyak itu. Beberapa bengkel modifikasi menuturkan bahwa setengah tahun kemudian, banyak yang meminta captain seat modifikasinya dikembalikan menjadi jok standar lagi.

Nah, setelah membaca semua ulasan, apakah kamu butuh mengubah jok mobil dengan captain seat

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


PAULUS RISANG