SWARA – Musim hujan itu musim yang rawan untuk berkendara. Bagi kamu yang punya kendaraan pribadi, rajin-rajinlah merawat kendaraan. Saya pernah mengalami kejadian tidak menyenangkan gara-gara kendaraan tidak pernah dirawat. Akibatnya, saat hujan deras, ban terkilir dan menabrak pembatas jalan. Untuk antisipasi, lakukan 9 perawatan ini.

 

Artikel Terkait: Tips Merawat Mobil

  1. Tips Merawat Mobil dengan Hemat dan Efisien
  2. 7 Cara Merawat Mobil di Musim Hujan Agar Tidak Cepat Rusak
  3. 7 Cara Merawat mobil di Musim Hujan Agar Kondisinya Prima

 

1. Hindari menggelincir saat berkendara

Jalanan tidak selalu mulus dan beraspal. Bahkan di jalanan beraspal pun masih ada trek yang melibatkan pasir atau kerikil. Saat kendaraan dilajukan dengan kecepatan tinggi dan melewati jalan berpasir, pasti body-nya rentan kecelakaan. Oleh sebab itu, saat musim hujan tiba, pelankan laju kendaraan. Jadi ketika menemui jalan berpasir, bisa sedikit menghindarinya.

 

2. Selalu rutin mengecek rem

Sama seperti pedal gas, peran rem juga sangat vital dalam berkendara. Pastikan selalu cek kondisi rem kendaraanmu. Lebih baik rajin-rajinlah mengolesi komponen rem menggunakan oli agar bisa bekerja dengan semestinya. Soalnya ketika musim hujan dan rem menjadi basah, kemungkinan tergelincirnya cukup besar.

 

3. Lindungi cat kendaraanmu

Warna cat kendaraan bawaan sangat antik. Sebetulnya kalau dirawat dengan baik, warnanya bisa bertahan lebih lama. Saat hujan tiba dan dalam keadaan berkendara, potensi warna cat kena air kotor sangat besar. Sebelum rusak karena kotoran dan semacamnya, lapisi dulu dengan wax khusus untuk kendaraan.

 

4. Selalu sediakan kit handy

Kit handy merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk memperbaiki performa kendaraan. Musim hujan sering sekali membuat banyak kendaraan tidak bisa melaju dengan baik. Saat hujan tengah deras-derasnya, air akan merambat ke area busi dan aki. Lambat laun akan mematikan fungsinya. Dengan membawa kit handy, kamu bisa mencegahnya.

 

5. Selalu cek kesehatan aki

Sebagaimana yang sudah disentil sebelumnya, kebutuhan aki termasuk bagian dari penerapan cara merawat kendaraan di musim hujan. Sebelum atau sesudah berkendara, rajin-rajinlah mengecek kesehatan aki kendaraan. Kalau ada kerusakan yang tidak bisa ditangani, ganti saja dengan yang baru. Tidak terlalu maha, kok. Daripada mempengaruhi komponen lain, kan?

 

6. Cek komponen yang berpotensi bocor

Kendaraan apa pun pasti memiliki masalah yang sama ketika ada komponen yang bocor. Biasanya, komponen yang berkaitan meliputi karet pada pintu, kaca, kap mesin, bagasi, dan saluran yang berhubungan dengan bahan bakar. Usahakan selalu periksa dari waktu ke waktu saat musim hujan masih berlangsung.

 

7. Selalu jaga kesehatan karet wiper

Wiper yang macet bisa jadi masalah besar dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Jangan biarkan karet wiper kering. Selalu gunakan cairan yang aman ketika dikombinasikan dengan gerakan wiper saat berkendara. Usahakan ketika karet wiper bekerja, permukaan kaca depan mobil tidak menyisakan cairan yang mengalir setetes pun.

 

8. Selalu sediakan parfum khusus mobil

Cara ini khusus untuk kamu yang punya mobil. Saat musim hujan, apa pun benda yang agak basah bisa menimbulkan bau tak sedap. Tentu sangat merepotkan kalau benda itu masuk mobil. Untuk mengatasinya, sediakan parfum di dashboard. Saran saya sih pakai bau parfum alami saja, misalnya bau jeruk atau bunga melati saja.

 

Artikel Terkait: Tips Merawat Motor

  1. Rawat Motor 4 Tak dengan Mudah, Ini Tipsnya!
  2. Tips Rawat Motor Matic Supaya Awet Terus!
  3.  Yuk, Patuhi 3 Prinsip Dasar Ini Agar Motor Selalu Prima

 

9. Lapisi jok mobil dengan kain

Kita tidak pernah tahu apa yang terjadi pada kendaraan—khususnya mobil—saat dibawa ketika hujan mengguyur. Bisa saja ada atap yang bocor. Bisa pula karena terlalu deras, rembesannya mengenai jok mobil. Biar jok tetap kering, lapisi dengan kain yang mampu menyerap air dengan cepat. Kain tua juga tidak masalah asalkan berkemampuan sama.

 

Kalau kamu sudah tahu cara merawat kendaraan pada waktu musim hujan tiba, yuk, sebarkan ke orang lain. Misalnya ke istri, anak, atau saudara seayah-seibu. Biar mereka tahu kalau kendaraan yang dirawat dengan baik selalu bisa membuat perasaan nyaman. Sebaliknya, kalau tidak dirawat, justru akan membahayakan diri pengemudinya.

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

1

 

 

 


SWARA TUNAIKU   SWARA TUNAIKU