Beranda > Gaya Hidup > Tips Merawat Mobil dengan Hemat dan Efisien

Tips Merawat Mobil dengan Hemat dan Efisien

Tips Merawat Mobil dengan Hemat dan Efisienwatermark

Apakah kamu termasuk orang yang menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasi sehari-hari? Kondisi prima sebuah mobil turut menentukan faktor keamanannya, lho! Beberapa kecelakaan lalu lintas pada mobil terjadi karena faktor internal, seperti kondisi yang tidak prima karena perawatannya tidak maksimal. Kecelakaan mobil juga bisa disebabkan oleh kondisi mobil yang buruk, bukan hanya kelalaian pengemudi saja. Oleh karena itu, kamu harus merawat mobil dengan baik sebagaimana mestinya.

Perawatan rutin akan membuat mobilmu menjadi awet dan terlihat baru. Dan yang terpenting, kamu bisa menghindari kemungkinan kecelakaan yang disebabkan oleh rusaknya mesin. Namun sayang, biaya servis rutin sebuah mobil yang menguras kantong sering membuat para pengemudi mengurungkan niatnya untuk merawat mobil. Padahal masih ada cara lain untuk merawat mobil dengan cara mudah, hemat, dan efisien. Berikut ini merupakan beberapa tips merawat mobil dengan hemat dan efisien.

 

1. Melakukan perawatan secara rutin

 

Banyak pengemudi yang mengatakan bahwa perawatan mobil yang dilakukan secara rutin biasanya akan mengeluarkan banyak biaya, sehingga akan boros. Sebenarnya hal ini justru salah. Perawatan mobil yang dilakukan secara rutin atau berkala akan membuat mobil terhindar dari kerusakan-kerusakan yang tidak diperlukan di kemudian hari.

 

2. Mengurangi pembelian aksesoris yang dirasa tidak perlu

 

Sebenarnya membeli aksesoris yang beragam untuk mobil tidak masalah jika kamu memang memiliki budget yang berlebih. Namun jika budget kamu minim dan harus berhemat, sebaiknya kamu hanya membeli peralatan-peralatan dasar yang diperlukan saja. Jangan membeli terlalu banyak peralatan yang tidak terlalu diperlukan, seperti aksesoris pada mobil. Jangan sampai kamu membuang-buang uang untuk membeli peralatan yang sebenarnya bisa tidak terpakai nantinya. Kamu cukup membeli perlengkapan yang bisa menunjang keselamatanmu saat berkendara saja.

 

3. Melakukan perawatan secara efisien

 

Melakukan perawatan secara efisien yang dimaksud adalah meminta montir yang memperbaiki mobilmu untuk memeriksa seluruh bagiannya. Jangan hanya sebagian saja. Dengan begitu kamu akan menghemat waktu untuk memperbaiki beberapa bagian yang bermasalah sekaligus, sehingga tidak perlu repot bolak-balik ke bengkel untuk memperbaiki atau merawat mobil lagi dalam waktu dekat.

 

4. Pilih onderdil yang berkualitas

 

Banyak orang membuang banyak budget karena salah memilih onderdil. Biasanya pengguna akan tergiur dengan harga onderdil yang dijual murah oleh penjual. Padahal onderdil yang dijual dengan harga miring tersebut belum tentu bisa bertahan lama. Lebih baik jika kamu membeli onderdil yang bermutu dan berkualitas baik. Walaupun harganya dibanderol cukup mahal, tentu onderdil tersebut akan mampu bertahan lebih lama dan aman untuk kendaraan.

 

Beberapa tips merawat mobil secara hemat dan efisien di atas dapat kamu praktekkan agar mobilmu tetap prima dan nyaman saat berkendara. Yang terpenting adalah melakukan perawatan secara rutin dan berkala agar kondisi mobil selalu prima.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett