Beranda > Gaya Hidup > Musim Pancaroba, Ini 5 Penyakit yang Harus Kamu Waspadai

Musim Pancaroba, Ini 5 Penyakit yang Harus Kamu Waspadai

TRI PUSPITASARITri Puspitasari
Musim Pancaroba, Ini 5 Penyakit yang Harus Kamu Waspadaiwatermark

TUNAIKU.COM – Belakangan ini cuaca lagi nggak menentu. Kadang di Senin pagi cuaca sedang cerah-cerahnya. Tapi tahu-tahu Senin siangnya sudah turun hujan lebat. Hujan dan panas kini bisa datang sewaktu-waktu secara mendadak. Itu tandanya sudah memasuki musim pancaroba.

Saat musim pancaroba seperti ini ada baiknya kita sedia payung sebelum hujan. Nggak hanya membawa payung dan jas hujan di kendaraan, tapi juga segala penanganan jika terserang penyakit. Yap, musim pancaroba memang identik dengan beberapa penyakit.

 

Artikel terkait: Hal-hal seputar musim

  1. Musim Pancaroba, Konsumsi 6 Buah Ini untuk Mengatasi Radang Tenggorokan!
  2. 5 Destinasi Wisata Musim Panas Terbaik di Asia, Yuk Rencanakan Liburan!
  3. Bunga yang Cocok untuk Pernikahan di Musim Semi

 

Saya yakin 5 penyakit ini sudah sangat akrab dengan lingkunganmu, terlebih saat musim pancaroba. 5 penyakit itu antara lain:

1. Diare

Penyakit satu ini sering dialami saat musim pancaroba. Kamu jadi harus berkali-kali ke kamar mandi karena sakit perut. Untuk mengatasinya tentu kamu harus minum oralit atau obat diare lainnya secepatnya. Oh ya, saat diare pastilah tubuh jadi lemas. Pastikan kamu tetap mengkonsumsi air putih dengan cukup, ya.

Akan lebih lagi jika kamu melakukan upaya pencegahannya. Pastikan kamu rajin cuci tangan nggak hanya setelah dari kamar mandi. Patikan juga kamu menjaga kebersihan lingkungan.

2. Batuk

Ada macam-macam jenis batuk. Ada batuk berdahak dan juga kering. Pastikan kamu sudah tahu obat batuk apa yang cocok denganmu. Selain mengonsumsi obat batuk, minumlah air putih hangat lebih banyak dari biasanya. Kamu juga bisa menambahkan air jeruk hangat.

3. Alergi

Perubahan cuaca yang mendadak tentu saja merubah tekanan udara, suhu, dan komposisi udara. Selanjutnya kuman dan virus pun semakin liar berkembang. Di sinilah kamu mulai alergi. Ada di antaraya alergi dingin yang menyebabkan gatal dan bentol pada kulit.

Ada baiknya kamu melarutkan cairan anti septik dan anti alergi dalam bak kamar mandi. Jangan lupa juga untuk menyediakan obat alergi di kotak P3K, ya.

CTABARU1

Mobile Site CTA

4. Flu

Gejala flu ditandai dengan batuk, pilek, dan kenaikan suhu tubuh. Kadang juga diikuti oleh peradangan tenggookan sehingga sakit untuk menelan sesuatu. Perbanyaklah minum air putih hangat. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang berkuah bening seperti soto. Nggak lupa, minum obat flu andalanmu secepatnya.

 

Artikel terkait: Lakukan ini agar tetap sehat

  1. Hidup Sehat, Yuk Sediakan Selalu Makanan Ini di Rumah!
  2. 5 Diet yang Cocok untuk Capricorn Bikin Hidup Makin Sehat
  3. Nggak Hanya Dipelihara, Kaktus Juga Bisa Dimakan untuk Kesehatan, Lho!

5. Masuk angin

Ini juga jadi penyakit yang sering muncul saat musim pancaroba. Kalau sudah mengalami masuk angin, rasa sakit di kepala pasti nggak bisa ditahan lagi. Lalu pengennya cuma tidur seharian.

Sebenarnya penangan masuk angin itu cukup sederhana. Selain minum obat masuk angin, pastikan kamu makan tepat waktu. Perbanyak juga konsumsi air putih hangat. Kamu juga bisa meningkatkan konsumsi vitamin C. Jika diikuti dengan panas, kamu bisa mengompres kepala dengan air hangat.

Itu dia 5 penyakit yang sering muncul saat musim pancaroba. Kamu nggak perlu kawatir karena sudah tahu pencegahan serta penangannnya, ya.

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett