Demi menghemat pengeluaran untuk konsumsi sehari-hari, banyak anak kos yang akhirnya memutar otak. Salah satunya adalah menyediakan stok makanan anak kos tanpa kulkas.

 

Hal ini dilakukan karena fasilitas yang disediakan beberapa tempat kos juga terbatas. Sehingga mau tak mau, anak kos juga harus cermat memilih bahan makanan yang bisa bertahan lama meski tidak disimpan di suhu yang rendah.

 

Bahan Stok Makanan Anak Kos Tanpa Kulkas

 

Karena tidak semua anak kos memiliki kulkas, berikut adalah rekomendasi makanan anak kos yang bisa disimpan bahkan tanpa kulkas dan kisaran harganya.

 

1. Beras, Oatmeal dan Sereal

 

Ketiganya adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang bisa memenuhi kebutuhan energi setiap harinya. 

 

Beras, makanan pokok kebanyakan orang Indonesia, tidak memiliki masa kadaluarsa. Namun, beras harus disimpan dalam wadah tertutup yang terbuat dari kaca, logam dan plastik untuk mencegah kutu. 

 

Selain beras, karbohidrat yang baik juga bisa diambil dari oatmeal dan sereal yang kebanyakan terbuat dari biji gandum yang kaya akan serat, protein, vitamin dan mineral. 

 

Sama seperti beras, oatmeal dan sereal idealnya disimpan dalam wadah tertutup. Bedanya, oatmeal dan sereal memiliki masa kadaluarsa.

 

stok makanan anak kos tanpa kulkas

 

2. Mie Instan dan Pasta

 

Mie instan bukanlah makanan yang asing bagi anak kos, karena mayoritas anak kos memiliki makanan ini di lemarinya. 

 

Mie instan adalah makanan yang paling sering disantap anak kos menjelang tanggal tua karena selain enak, murah, dan juga mudah dalam cara pembuatannya. 

 

Selain mie instan, anak kos juga biasa menyantap pasta yang juga terbuat dari tepung. Hanya saja, pasta terlihat lebih ribet dalam cara pembuatannya karena harus ditambahkan dengan saus tertentu agar menggugah selera.

 

 

3. Pisang dan Kentang

 

Kentang juga termasuk jenis makanan yang sebenarnya tidak boleh disimpan di kulkas, sehingga aman jika dijadikan stok makanan anak kos tanpa kulkas.

 

Menyimpan kentang di kulkas disebutkan akan membuat kandungan pati dalam kentang berubah menjadi gula dan menghasilkan zat kimia yang bisa memicu kanker.

 

Sedangkan pisang juga tidak disarankan untuk disimpan di dalam kulkas karena akan membuat teksturnya berubah menjadi terlalu matang atau terlalu lembek.

 

 

4. Ikan Kaleng dan Kornet

 

Untuk memenuhi kebutuhan protein dan lemak, anak kos juga membutuhkan lauk sebagai pendamping nasi. 

 

Beberapa jenis makanan yang bisa anak kos simpan meski tidak dalam suhu yang dingin adalah ikan kaleng dan kornet. 

 

Meski memiliki masa kadaluarsa yang cukup cepat, ikan kaleng dan kornet bisa dinikmati asal disimpan dalam wadah yang tertutup.

 

 

5. Susu Bubuk dan Susu Kental Manis

 

Sebagai anak kos, jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan protein, vitamin dan kalsium dengan mengonsumsi susu setiap harinya. 

 

Meskipun susu cair dianggap lebih menyehatkan daripada susu bubuk, namun untuk anak kos susu bubuk dianggap sudah cukup memenuhi kebutuhan dalam tubuh. 

 

Selanjutnya, susu kental manis memang memiliki kadar gula yang lebih besar dibandingkan vitamin dan proteinnya, namun stok susu kental manis bisa kamu tambahkan sebagai pendamping untuk minuman seperti kopi atau teh untuk pengganti gula.

 

 

6. Abon dan Bawang Goreng

 

Sebagai pelengkap makanan, abon dan bawang goreng juga bisa menjadi makanan yang bisa dipertimbangkan anak kos yang tidak memiliki kulkas. 

 

Harganya juga cukup terjangkau dan bisa dinikmati bersama mie instan ataupun nasi beserta lauk pauknya.

 

stok makanan anak kos tanpa kulkas

 

7. Aneka Camilan

 

Terakhir, pertimbangkanlah untuk menyediakan camilan sebagai stok makanan anak kos tanpa kulkas.

 

Untuk mengganjal perut, anak kos biasanya makan makanan ringan seperti keripik, biskuit atau cokelat sembari menanti jam makan. 

 

Beberapa aneka cemilan juga bisa disimpan dengan masa kadaluarsa yang cukup lama sehingga bisa dinikmati kapan saja.

 

stok makanan anak kos tanpa kulkas

 

Tips Menghemat Pengeluaran Makan

 

Selain menyimpan stok makanan anak kos tanpa kulkas, terdapat juga beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa menghemat pengeluaran makan setiap harinya.

 

1. Rajin minum air putih

 

Jika kamu memang ingin menghemat pengeluaran, maka usahakan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih setiap harinya. 

 

Hindari minuman soda, minuman kopi kekinian, hingga minuman kemasan yang memang tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

 

2. Memasak sendiri

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Salah satu cara yang baik dipraktikkan oleh anak kos adalah dengan memasak makanannya sendiri. 

 

Kamu bisa mulai belajar memasak dengan rajin melihat konten masak memasak dan mempraktekannya. 

 

3. Belanja dalam jumlah banyak

 

Trik khusus dalam menghemat pengeluaran bagi anak kos adalah belanja dalam jumlah yang banyak. 

 

Dibandingkan berbelanja dalam jumlah yang kecil namun dalam intensitas yang sering, berbelanja dalam partai besar jauh lebih disarankan karena berpotensi mendapatkan potongan harga atau diskon.

 

4. Membatasi pengeluaran nongkrong

 

Salah satu pengeluaran terbesar anak kos dalam masalah makan adalah tidak bisa menolak ajakan nongkrong dari teman-teman sebayanya. 

 

Untuk menghindari kantong yang jebol akibat keseringan nongkrong, kamu bisa membatasi pengeluaran seperti membawa sendiri botol minum, makan di tempat yang murah atau bahkan sudah makan besar sebelum nongkrong bersama teman.

 

Buat kamu anak kos, meski sedang berhemat, jangan lupa juga untuk tetap makan sehat, ya. 

 

Mungkin uang yang kamu miliki saat ini terbatas, tetapi ingatlah besar atau kecilnya uang akan sangat bergantung pada cara mengolahnya. Jadi, bijaklah dalam mengeluarkan uang, ya.