SWARA – Di banyak negara, tinggal bersama dengan orangtua adalah sesuatu yang memalukan. Sebab, hal tersebut dianggap tidak mandiri dan tanda nggak mampu menopang kehidupannya sendiri. Namun, banyak pula negara yang menganggap hal itu wajar. Indonesia adalah salah satunya. 

Bila saat ini kamu masih tinggal bareng orang tua, walau sudah bekerja, hal itu sah-sah saja. Hal ini bahkan telah berlangsung puluhan tahun. Sejak 1940-an, sekitar 36 persen perempuan usia 18-34 tahun hidup serumah dengan orangtuanya. Today.com juga melaporkan riset Pew Research yang menemukan bahwa pria berusia 18-34 tahun memiliki potensi lebih besar tinggal bersama orangtua, yakni sebesar 43 persen. 

Statistik itu memperlihatkan bahwa tinggal bersama orangtua sejak kuliah hingga bekerja sebagai sesuatu yang normal. Selain tetap dekat dengan orang tua, kamu juga dapat mengurangi pengeluaran.

Tetapi, walau tinggal dengan orang tua, kamu juga harus tetap memperhatikan batasan yang jelas. Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar nggak jadi beban buat orangtua. 

 

1. Menyisihkan pendapatan untuk orangtua

Menyisihkan pendapatan untuk orangtua adalah wajib. Apakah itu untuk menambah tabungan hari tua ataupun ikut patungan membayar premi asuransi kesehatan mereka. Orangtua telah merawat dan membesarkanmu hingga sekarang. Sekarang giliranmu untuk membantu dan merawat mereka. 

 

2. Memenuhi kebutuhan sendiri 

Walau hidup dengan orangtua, kamu harus tetap mandiri. Memang sih fasilitas rumah itu gratis, tapi bisa saja itu jadi beban bagi finansial orangtua. Karena itu, penuhi kebutuhan bulanan sendiri. Alokasikan duit untuk biaya makan, alat mandi, serta listrik dan air yang kamu gunakan. 

 

Artikel Terkait: Tips dan trik untuk ibu. 

  1. Mengenal Lebih Jauh Mengenai Mom Shaming dan Cara Mengatasinya
  2. Dear Moms, Ini 5 Cara Bikin Anak Makin Semangat untuk Berangkat ke Sekolah
  3. Mengapa Edukasi Seks Perlu Diterapkan ke Anak Sejak Dini?

 

3. Berkontribusi untuk belanja kebutuhan rumah tangga

Tinggal bersama dengan orang tua berarti kamu nggak perlu membayar sewa. Tapi kamu bisa menyumbang dengan cara lain, yakni berkontribusi pada kebutuhan rumah tangga. Contohnya, biaya air, listrik, atau internet. Hal ini dapat meringankan orangtua. Kamu pun masih tetap bisa menabung. 

 

4. Meluangkan waktu untuk pekerjaan rumah 

Setiap orang dewasa punya kesibukannya sendiri, seperti pekerjaan dan aktivitas sosial. Akan tetapi, usahakanlah untuk selalu meluangkan waktu bagi orangtua. Kamu bisa membantu mereka dengan beres-beres rumah atau ikut mengecat saat renovasi. 

5. Menolak uang dari orangtua

Saking sayang anak, ada beberapa orangtua yang masih ingin memberi uang saku. Walau ini tawaran menggiurkan, tolaklah tawaran ini secara halus. Kamu sudah dewasa dan harus belajar untuk hidup di luar zona nyaman. Kalau terus bergantung pada orang tua, kapan mandirinya? 

 

6. Dilarang menyusahkan orangtua 

Saat masih kecil, ayah atau ibu selalu mengurus kamu. Makanan sampai pakaian diurusi. Ketika dewasa, hal ini nggak boleh berlanjut. Uruslah diri kamu sendiri. Cuci piring dan pakaian sendiri, serta bantulah ayah atau ibu memasak makanan. 

 

Artikel Terkait: Tips untuk pasangan yang berencana punya anak. 

  1. 5 Hal Penting Belajar Mendidik Anak dari Barack Obama
  2. Kalimat yang Harus Dihindari para Orang Tua dalam Mendidik Anak
  3. Akrab dengan Internet dan Gadget, Ini 5 Hal Penting dalam Mendidik Anak-anak Generasi Z!

 

Tinggal bersama orang tua bisa jadi menyenangkan. Keuntungan secara finansial pun ada karena dapat menabung lebih banyak. Namun ingat, kamu harus tetap punya etika dan menjaga batasan. Lakukan yang terbaik untuk membantu orangtua, baik dalam finansial maupun mengurus rumah tangga. Sebagai orang dewasa, tentu kamu ingin belajar bertanggung jawab kan