SWARA – Indonesia tak hanya memiliki Bali sebagai tujuan wisata menyenangkan, tapi saat akan menuju ke Bali kamu bisa menemukan surga wisata, yaitu di Banyuwangi. Wilayah yang masih termasuk dalam Provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak destinasi wisata alam mulai dari gunung, hutan, hingga pantai lho. Penasaran apa saja destinasi wisatanya? Berikut 10 rekomendasinya.

 

1. Kawah Ijen

View this post on Instagram

pesona wisata kawah ijen . . . . . . . . ๐Ÿ“ฃ informasi ๐Ÿ“ฐ travel News ๐Ÿฒ Kuliner ๐Ÿ—บTraveling ๐Ÿ’ƒ Lifestyle ๐Ÿ‘ซ Sosial ๐ŸŽญ Seni ๐ŸŽŽ Budaya ๐Ÿ“ท Photography _________________________________________ Media partner @ijenexpedition @bwi24jam @yakbendebesah @hirokbanyuwangi _________________________________________ . . . . #ijen #ijencrater #ijenmountain #ijensunrise #ijencratertour #ijenmidnight #ijenvulcano #ijentoday #ijenviewbondowoso #ijenjalanjalan #ijenwisata #wisataalam #pengusahamuda #wisatajawatimur #wisataijen #wisataijenmurah #banyuwangi #balihits #balilove #baliphotography #explorebali #balijava #balijavatrip #ijenexpedition #travellerindonesia #travellerphotography #instatraveller #travelling

A post shared by KAWAH IJEN INDONESIA (@kawahijenindonesia) on

Tak lengkap rasanya jika ke Banyuwangi tanpa mendaki Gunung Ijen. Tak perlu khawatir jika kamu belum pernah naik gunung karena mendaki gunung Ijen termasuk fun hiking yakni medan yang dilalui nggak berat. Di atas kamu bisa menikmati pemandangan kawahnya yang luar biasa indah, dan jika beruntung kamu bisa melihat blue fire, api biru yang terkenal akan keeksotisannya di puncak Ijen.

 

2. Taman Nasional Baluran

Ingin berfoto di tengah padang savana layaknya di Afrika? Kamu bisa datang ke Taman Nasional Baluran ini. Tak hanya pemandangan savana yang luas, tapi juga hewan liar seperti ajag, rusa, hingga kerbau hutan bisa kamu temui di sini. Selain itu di ujung padang rumput kamu bisa menemukan pantai Bama dengan ombak yang sangat tenang sehingga cocok untuk snorkeling. Wah, lengkap banget, ya.

 

Artikel Terkait: Tips Liburan di Bali

  1. Liburan ke Bali Makin Seru dengan Berkunjung ke 10 Beach Club Ini
  2. SWARA KAMU: Solo Traveling ke Bali, Ini Tipsnya!
  3. Jelajah Pasar Tradisional di Bali, Ini 5 Lokasi yang Murah dan Layak Dikunjungi

 

3. Pantai Sukamade

Tak hanya keindahan pantai yang bisa kamu lihat di sini, tapi kamu juga bisa melihat langsung penyu. Pantai Sukamade menjadi sebuah tempat konservasi penyu. Untuk menuju ke pantai kamu juga bisa menikmati serunya melewati jalanan offroad ringan. Setelah sampai di pantai, jangan lupa menginap di penginapan-penginapan yang ada di sana, karena di malam hari kamu bisa melihat penyu bertelur dan di pagi hari kamu bisa melihat pelepasan anak penyu ke laut.

 

4. Desa Adat Osing Kemiren

Jika kamu sangat menyukai budaya yang ada di Indonesia maka mampir ke desa adat Osing Kemiren adalah hal yang menyenangkan. Di sini kamu bakal melihat adat dan kebiasaan asli penduduk desanya. Di dalamnya terdapat rumah khas suku Osing, penduduk asli Banyuwangi. Melihat keseharian tradisional yang masih dilakukan dan mengobrol dengan mereka sangat menyenangkan dilakukan.

 

5. Jawatan Benculuk

Hutan seperti yang ada di film-film petualangan fantasi bisa kamu temui di Banyuwangi lho, yaitu di Jawatan Benculuk. Lokasinya yang hijau dan banyaknya pohon dengan tumbuhan yang menjalar sampai ke atas membuat suasananya semakin keren untuk berfoto.ย 

 

6. Taman Nasional Alas Purwo

Taman nasional ini menyajikan hamparan padang tropis dengan hewan-hewan liar, sehingga kamu harus hati-hati saat melintas dengan kendaraan karena hewan-hewan tersebut sering kali lewat. Pemandangan hamparan pohon jati menambah seru perjalanan kamu. Sampai di ujung taman nasional, kamu akan menemukan Pantai Plengkung yang sejuk dan cocok untuk surfing setelah seharian melewati padang rumput tropis.

 

7. Pantai Teluk Hijau

Menuju ke Teluk Hijau kamu bisa menyusuri pantai dengan menaiki perahu nelayan sembari melihat air laut yang memang berwarna hijau dan bersih. Jangan lupa menuju ke area bebatuan untuk mendapatkan foto pemandangan yang indah di antara batu-batu pantai.

 

8. Gunung Raung

View this post on Instagram

ada sebuah kisah, tentang dua anak manusia yang tiba-tiba saling mencinta. โŽฏ mereka dua anak manusia biasa. yang berjalan dengan dua kaki juga mempunyai jari-jari. yang tertawa jika dikelitiki juga menangis karena mainannya tak berfungsi. โŽฏโŽฏ lalu mereka beranjak dewasa dan bertemu alasan-alasan lain untuk tawa juga tangis yang tercipta. mereka mulai mengerti bahwa apa apa yang tercipta pasti berujung dan terhenti. โŽฏ tapi saat mereka bertemu, di bawah langit yang sedang biru, mereka lupa dengan semua itu. tanpa aba-aba dan hanya menerka, mereka saling jatuh cinta. mereka lupa petuah lama bahwa apa-apa saja yang terjadi pasti berujung dan terhenti. apalagi cuma sebuah rasa yang tak satu pun tahu pasti. โŽฏ walaupun begitu, pertemuan mereka adalah hal yang harus dirayakan. dengan kembang api yang bermunculan, suara terompet yang bersahutan, sorak sorai yang melegakan. atau lebih hebat dari hal-hal itu, lebih megah dari hal-hal itu. โŽฏโŽฏโŽฏ #MtRaung #RaungSejati #RaungViaKalibaru #GunungRaung #MountRaung #Aksaradarihati. @raungtrekker @mountnesia @pendakiindonesia @gunungindonesia

A post shared by lul (@znurlyzw) on

Bagi kamu yang hobi mendaki gunung, maka gunung tertinggi ke dua di Jawa Timur ini cocok kamu taklukkan. Medan pendakian yang disajikan jauh lebih ekstrem dari gunung Ijen sehingga cocok bagi kamu yang suka menikmati perjalanan mendaki gunung. Belum lagi saat sampai di puncak, kamu bisa melihat pemandangan kawah berbentuk elips yang indah.

 

Artikel Terkait: Liburan dengan Budget Murah

  1. Liburan ke Luar Negeri dengan Bujet 5 Juta, Kunjungi Negara Ini!
  2. Pengen Liburan Hemat? Ini 3 Pulau Eksotis yang Bisa Kamu Kunjungi dengan Budget 3 Jutaan!
  3. Tips Liburan Murah di Korea Selatan dengan Budget Rp 5 Juta

 

9. Bangsring Underwater

Pecinta dunia bawah laut akan puas saat berlibur ke sini. Kamu bisa snorkeling untuk melihat terumbu karang dan ikan-ikan berwarna-warni yang indah. Tak puas? Kamu juga bisa menyelam bersama hiu kecil karena di sini juga merupakan penangkaran hiu lho.

 

10. Pantai Pulau Merah

Pantai yang satu ini memiliki ciri khas yaitu sebuah bukit yang berada di dekat pantai. Bukit ini jika dilihat seksama memiliki warna kemerahan pada bagian dasarnya dan ditutupi oleh tumbuhan hijau di atasnya. Waktu yang paling tepat saat ke sini adalah di kala sunset tiba, karena suasana pantai langsung berubah menjadi merah akibat cahaya matahari tenggelam.ย 

 

Banyak sekali bukan, wisata alam yang bisa dieksplor di Banyuwangi? Agendakan waktumu untuk liburan ke Banyuwangi beberapa hari sekaligus ya, karena banyak tempat indah yang harus dieksplorasi, nih.