Beranda > Gaya Hidup > Jadikan Rumah Lebih Sehat dengan Melakukan 4 Kebiasaan Ini

Jadikan Rumah Lebih Sehat dengan Melakukan 4 Kebiasaan Ini

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Jadikan Rumah Lebih Sehat dengan Melakukan 4 Kebiasaan Iniwatermark

TUNAIKU.COMMen sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Pepatah ini, nampaknya layak juga diadopsi untuk kondisi rumahmu. Rumah yang sehat, bikin penghuninya kuat jiwa dan raga.

 

Ngomong-ngomong, bikin rumah sehat itu nggak mahal, kok. Nggak harus selalu mengucurkan duit membeli peralatan elektronik canggih. Kuncinya, kamu dan penghuninya harus konsisten saja jaga kebersihan dan kebiasaan baik.

 

Nah, kebiasaan baik apa saja sih yang harus dipelihara supaya rumah lebih sehat?

 

Artikel Terkait: Di dalam Rumah yang Sehat, Ada Penghuni yang Kuat!

  1. Ingin Punya Rumah Ramah Lingkungan? Ikuti Cara Berikut!
  2. Perabotan Dapur yang Tanpa Kamu Tahu Banyak Kumannya, Ini Cara Atasinya!
  3. Waspada, Inilah Rumah Kuman yang Ada di Rumahmu!

 

1. Tidak merokok di dalam rumah

Sebuah penelitian menyebutkan, merokok di dalam rumah ternyata meninggalkan zat-zat beracun yang terserap ke semua permukaan yang berpori. Ini berarti, zat-zat beracun akan melekat di karpet, tirai, sofa, bahkan dinding rumah. Karena terus terpapar, rumah dan penghuninya jadi nggak sehat. Makanya, jangan biarkan ada orang yang merokok di dalam rumah ataupun teras, ya. Kalau mau merokok, silakan nongkrong di kebun!

 

2. Rumah tetap wangi, tapi bukan dari produk pabrik

Ada banyak produk pengharum ruangan yang mengklaim bisa membersihkan dan menyegarkan udara dalam rumah. Padahal, menggunakan produk-produk seperti ini nggak disarankan karena mereka mengandung 1,4-dichlorobenzene yang dapat membahayakan paru-paru.

 

Alih-alih menggunakan pewangi sintetis seperti ini, lebih baik gunakan yang alami saja. Seperti, baking soda untuk menetralkan bau nggak enak di tong sampah, pembuangan air, atau karpet. Cuka, untuk pembersih kamar mandi dan dapur, atau potongan jeruk kering dan biji kopi untuk memberikan aroma segar.

 

3. Pelihara tanaman indoor

Untuk menyaring polutan dalam ruangan, kamu bisa memelihara tanaman indoor seperti pakis, lacelear, gerbera, atau azalea. Selain bikin udara makin bersih, bisa jadi unsur dekoratif yang segar juga!

 

Artikel Terkait: Mengakali Rumah Mungil Agar Lebih Lega

  1. Lakukan 7 Cara Ini untuk Membagi Apartemen Studio Jadi Beberapa Ruangan
  2. Manfaat Memiliki Ventilasi Udara yang Baik di Hunianmu
  3. Perhatikan Kriteria Ini Saat Memilih Furnitur untuk Rumah Mungil

 

4. Buka pintu dan jendela sesering mungkin

Udara di dalam rumah harus digantikan sesering mungkin dengan udara segar dari luar. Buka pintu dan jendela selebar mungkin supaya aliran udara dan asupan sinar Matahari terjaga. Namun, kalau rumahmu berada di pinggir jalan raya banget, jangan sering-sering juga, ya. Bisa-bisa justru membuat debu dan polusi makin sering masuk.

 

Bisa mewujudkan rumah lebih sehat dengan melakukan 4 hal di atas, kan? Yuk, mulai diterapkan. Kalau rumah nyaman dan sehat, kamu juga yang betah, kan?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

1

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett