Beranda > Gaya Hidup > Ikuti Tips Menabung Ini Agar Cita-cita Traveling Kamu Terwujud!

Ikuti Tips Menabung Ini Agar Cita-cita Traveling Kamu Terwujud!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Ikuti Tips Menabung Ini Agar Cita-cita Traveling Kamu Terwujud!watermark

TUNAIKU.COM – Bisa jalan-jalan baik di dalam maupun di luar negeri adalah impian semua orang. Mungkin kamu ingin jalan-jalan untuk tujuan shopping, menikmati keindahan tempat tertentu, atau bahkan untuk keperluan konten media sosial saja. Namun, traveling membutuhkan dana yang nggak sedikit, lho. Kamu butuh perencanaan keuangan yang baik agar impian traveling ini bisa terwujud. Lalu bagaimana cara menabung yang efektif untuk traveling? Yuk, simak tips-tipsnya di bawah ini!

 

1. Tentukan tempat tujuan traveling

Rencanakan tempat tujuan traveling kamu sebelum memulai mempersiapkan keuangan. Pastikan berapa biaya-biaya akomodasi seperti transportasi, makan, dan penginapan terlebih dahulu agar kamu mudah menghitung perkiraan pengeluarannya. Lakukan survei singkat tempat tujuan traveling kamu secara online maupun offline dengan bertanya kepada kerabat yang sudah pernah ke tempat tujuan traveling.

 

Artikel Terkait: Tips Traveling Hemat

  1. Travelling Hemat? Sharing Cost atau Open Trip Bisa Jadi PIlihan!
  2. Hai Anak Kampus, Ini 5 Tips Menabung untuk Modal Traveling
  3. Bagaimana Cara Mengatur Keuangan untuk Makan Saat Traveling?

 

2. Komitmen terhadap diri sendiri untuk menabung

Menabung nggak akan berjalan mulus jika kamu nggak komitmen dan disiplin menyisihkan pemasukan uang tiap bulan. Buatlah aturan berapa persen kamu harus menabung setiap bulannya. Jika ingin cepat terkumpul, sisihkan sebanyak 30% dari hasil pemasukan tiap bulan untuk menabung. Sisihkan di awal bulan saat kamu baru menerima gaji, jangan di akhir bulan karena nanti uangmu akan terpakai berbagai macam hal sehingga jatah menabung adi sedikit.

 

3. Batasi uang yang ada di dompet

Terkadang saat sedang beraktivitas sehari-hari, kamu nggak sadar membeli sesuatu yang sebenarnya nggak begitu dibutuhkan. Meskipun nominalnya kecil, tapi itu bisa mempengaruhi aktivitas keuangan kamu jika terlalu sering. Ada baiknya membatasi uang yang kamu bawa sehari-hari di dompet, misalnya Rp50 ribu dalam sehari dan usahakan agar masih sisa. Hindari juga membawa kartu ATM jika memang nggak dibutuhkan banget, karena tabungan di bank lama-lama bisa jebol jika kamu berbelanja menggunakan kartu ATM tanpa dikontrol.

 

4. Cobalah menabung berdasarkan nominal

Buatlah aturan menarik untuk dirimu sendiri. Misalnya, jika kamu mendapatkan uang Rp10 ribu yang berwarna ungu, wajib menabungnya dan nggak boleh kamu pakai untuk membeli apa-apa sama sekali. Ini bakal seru, karena kamu jadi harus memutar otak untuk berhemat jika mendapatkan pecahan uang Rp10 ribu ini sebab nggak bisa untuk membelanjakan apa-apa. Nominalnya bisa kamu atur sesuai keinginan, usahakan tetap konsisten sehingga lama-lama akan terkumpul banyak.

 

5. Buat daftar belanjaan saat ke swalayan

Saat berjalan-jalan ke swalayan, nggak sadar kita justru membeli barang yang nggak ingin dibeli. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya kamu membuat daftar belanjaan sebelum berangkat ke swalayan. Saat sampai di swalayan, fokuslah untuk mencari barang yang ada di catatan saja tanpa perlu melihat-lihat barang lain. Saat sudah dapat semua barangnya, langsung bayarkan dan pulang agar kamu nggak tergiur dengan barang-barang lain yang sedang promo dan sebenarnya nggak dibutuhkan.

 

6. Hibur diri sendiri dengan cara yang murah

Konsisten dan disiplin dalam menyisihkan uang memang melelahkan sehingga kamu juga butuh refreshing. Bukan hal-hal mahal yang justru akan menguras tabungan kamu sebelum traveling tiba, tapi hal-hal murah yang sudah cukup untuk menghibur diri. Seperti menonton film di laptop, mencari promo tiket bioskop, dan mencari promo makan bisa menjadi solusi refreshing yang tetap bisa menghemat pengeluaran kamu, lho.

 

Artikel Terkait: Kenali Tabungan Berjangka

  1. Yuk, Kenali Apa Itu Tabungan Rencana dan Keunggulannya!
  2. Yuk, Kenali Beragam Jenis Tabungan di Bank
  3. Serba-serbi Tabungan Deposito yang Perlu Kamu Ketahui

 

7. Tabung uang yang kamu sisihkan di program tabungan berjangka

Menyimpan uang di bank saja ternyata nggak cukup untuk menyelamatkan uang traveling, karena bisa termakan biaya administrasi tiap bulannya. Tabungan berjangka adalah layanan yang diberikan kepada bank untuk menyimpan uang dalam tenggat waktu tertentu dan kamu akan diberikan bunga yang lebih besar dari bunga simpanan bank biasa jika berhasil mengikuti tenggat waktu yang diberikan.

 

Ini jelas menguntungkan buat kamu, kamu jadi lebih disiplin karena tabungan berjangka bakal otomatis mengambil tabungan kamu untuk dimasukan ke tabungan khusus. Kamu juga bisa dapat tambahan uang dari bunga yang diberikan. Selain itu, dengan tabungan berjangka kamu juga bisa mengatur waktu keberangkatan traveling. Misalnya 6 bulan ke depan kamu akan traveling, mulailah untuk membuka rekening tabungan berjangka sekarang agar 6 bulan lagi uangmu sudah terkumpul bersama dengan bunganya.

 

Bicara tentang pembukaan rekening tabungan berjangka, kamu perlu memperhatikan bank yang menyediakan layanan ini. Lebih mudah jika kamu membuka tabungan berjangka sesuai dengan rekening yang sedang kamu pakai saat ini. Selain itu, perhatikan dan hitung bunga yang diberikan oleh bank dan pastikan juga tabungan berencana di bank yang kamu tuju memiliki layanan asuransi jiwa karena layanan tersebut sudah umum dijadikan satu paket dengan tabungan berjangka sehingga jika kamu sakit sebelum traveling, nggak akan mengurangi tabunganmu.

 

Itulah tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan biaya traveling. Yuk, menabung dan nikmati impian traveling kamu! Selamat berlibur!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya. Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTABARU3

Tunaiku

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett