Banyak yang memutuskan untuk memelihara anjing dan kucing karena lucu dan bisa menjadi teman. Namun, biaya pelihara anjing atau kucing ini nggak sedikit, lho!

 

Punya teman di rumah memang menyenangkan, sekalipun mereka hanyalah makhluk berkaki empat yang ngegemesin. 

 

Kalau kamu memang berniat punya hewan peliharaan, pastikan kamu mempersiapkan biayanya dulu, ya. 

 

Persiapan Sebelum Pelihara Anjing dan Kucing

 

Butuh komitmen tinggi sebelum memelihara anjing dan kucing. Berikut beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan:

 

1. Komitmen waktu

 

Perhatikan pola aktivitas harianmu sebelum memutuskan untuk memelihara anjing dan kucing. Sebab, hewan peliharaan ini butuh perhatian. 

 

Pastikan kamu memiliki waktu untuk memperhatikan mereka. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan waktu dan tenaga untuk melatih mereka. 

 

Terlebih saat baru mengadopsi, ketika anjing dan kucing sedang beradaptasi dengan tempat tinggal mereka yang baru. 

 

2. Tahu cara merawat

 

Kamu juga harus tahu cara merawat mereka. Sebelum mengadopsi, bekali diri dengan ketentuan yang harus dipenuhi agar hewan peliharaan bisa hidup dengan nyaman di rumah.

 

3. Kondisi rumah

 

Ini penting, jangan sampai kehadiran hewan peliharaan bisa membahayakan rumah atau sebaliknya. 

 

Kalau kondisi rumah memang tidak memungkinkan, sebaiknya jangan memaksakan diri. Karena, bukannya bahagia, bisa-bisa hal ini malah menambah beban masalah, deh.

 

4. Beban finansial

 

Hal penting lain yang harus diperhatikan yaitu masalah finansial. Saat mengadopsi anjing dan kucing, artinya bertambah satu lagi pos pengeluaran di dalam daftar belanja bulanan. 

 

Sebelumnya, pastikan keadaan finansialmu cukup untuk menambah anggota baru di rumah. Cari tahu juga perkiraan biaya pelihara anjing atau kucing untuk dipersiapkan dari sekarang.

 

Berapa Biaya Pelihara Anjing atau Kucing?

 

Salah satu yang harus diperhatikan yaitu masalah finansial, sebab biaya pelihara anjing dan kucing ini nggak murah, lho

 

Ketika kamu mengadopsi anjing dan kucing, berikut rincian biaya yang harus kamu perhatikan:

 

1. Rumah anjing dan kucing

 

Salah satu cara agar anjing dan kucing betah tinggal di tempat yang baru adalah menyediakan fasilitas untuk mereka, seperti rumah untuk arena bermain.

 

Di e-commerce, rumah anjing dan kucing dengan ukuran sedang dan bisa dijadikan tempat bermain, butuh biaya sekitar Rp800 ribu sampai Rp2 juta.

 

Selain itu, kamu juga harus menyediakan litter box dan pasir sebagai tempat hewan membuang kotoran. Pasir ini juga termasuk ke dalam biaya bulanan yang rutin dikeluarkan.

 

Untuk litter box, kamu butuh sekitar Rp200-300 ribu, sementara pasir umumnya dihargai sekitar Rp50 ribu per 10 kg.

 

2. Biaya makan

 

Biaya makan anjing dan kucing wajib masuk ke dalam pos pengeluaran bulanan kamu. Hitung anggaran yang harus kamu keluarkan untuk membeli makanan. 

 

Bisa dibilang, ini salah satu biaya yang jumlahnya cukup besar dan berlaku cukup lama. Per bulannya, kamu bisa mengeluarkan sebesar Rp300-500 ribu untuk biaya makan.

 

3. Biaya kesehatan

 

Memelihara anjing dan kucing berarti kamu juga harus menyediakan pos keuangan khusus untuk biaya kesehatan. Salah satu biaya yang wajib dikeluarkan yaitu biaya vaksin.

 

Vaksin untuk anjing

 

Untuk anjing, ada jenis vaksin yang harus kamu perhatikan dan dimasukkan ke dalam alokasi biaya pelihara anjing atau kucing. 

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Pertama, vaksin di usia 3-12 bulan untuk mencegah penyakit gangguan pencernaan, penyakit pernapasan, batuk, gangguan fungsi hati, radang pencernaan, dan leptospirosis.

 

Selanjutnya vaksin kedua untuk memberikan tambahan perlindungan kepada anjing. Terakhir, vaksin ketiga yang diberikan setahun kemudian untuk memberikan perlindungan lebih, termasuk dari penyakit rabies.

 

Harga vaksin berkisar antara Rp200 ribu untuk vaksin pertama, dan Rp220 ribu untuk vaksin kedua, serta vaksin rabies biasanya dikenakan sekitar Rp120 ribu.

 

Vaksin untuk kucing

 

Lain lagi halnya dengan kucing. Ada tiga tahapan vaksin wajib untuk ‘majikanmu’ ini, yaitu, tahap I Tricat untuk kucing berusia 8-10 minggu yang biayanya sekitar Rp100-250 ribu.

 

Selanjutnya Tahap II Tetracat untuk kucing berusia 12-14 minggu dengan biaya sekitar Rp180-240 ribu. 

 

Terakhir vaksin Tahap III Rabies yang diberikan saat kucing berusia sekitar 20 minggu dan dikenakan biaya Rp250 ribu.

 

Selain itu, kamu juga perlu pengeluaran untuk biaya kesehatan lain misalnya biaya mensterilkan hewan. Untuk anjing, biaya steril berkisar antar Rp1,5-3,5 juta, sementara kucing berkisar antara Rp1,5-2,5 juta.

 

4. Biaya perawatan

 

Kamu memang bisa merawat anjing dan kucing, tapi sesekali mereka juga butuh perawatan dari ahli agar kebersihannya selalu terjaga.

 

Misalnya untuk memotong kuku, membersihkan telinga, perawatan bulu, dan lainnya. Kamu juga perlu mengeluarkan biaya khusus untuk perawatan harian, seperti sisir bulu dan sampo khusus.

 

Biaya perawatan ini juga termasuk perawatan kandang dan tempat tinggal. Kamu bisa mengeluarkan sekitar Rp300-500 ribu setiap bulannya.

 

Kelihatannya mungkin sepele, tapi butuh komitmen dalam banyak hal sebelum mengadopsi hewan. Salah satunya komitmen finansial.

 

Sebab, biaya pelihara anjing dan kucing cukup menguras kantong. Jadi, perhatikan kondisimu baik-baik agar hewan peliharaan bisa tinggal dengan nyaman di rumah.