SWARA – Menurut saya pribadi, orang bisa dikatakan satu tingkat lebih baik jika mereka memiliki hobi. Selanjutnya, dia bisa berkembang dengan hobi itu. Bahkan, dengan memiliki hobi dia bisa bahagia karena menjadi salah satu management stress.

 

Sebenarnya akan lebih bagus lagi kalau hobimu tadi bisa mengasilkan pundi-pundi Rupiah. Biasanya mereka menggunakan hobi sebagai pekerjaan sampingan atau iseng-iseng berhadiah. Beberapa orang bahkan bekerja sesuai dengan hobinya. Tentu ini jadi sumber utama penghasilannya. Namun, sebagian orang lagi nggak menjadikan hobi sebagai salah satu sumber pemasukan.

 

Bagaimanapun, entah itu menghasilkan Rupiah atau nggak, sah-sah saja terus mengembangkan hobi. Kan, akhirnya itu bisa membuatmu berkembang. Hanya saja, kalau bisa menghasilkan Rupiah bisa jadi poin plus sendiri.

 

Kira-kira, hobi apa yang bisa menghasilkan pundi-pundi Rupiah?

 

1. Menulis

Apakah kamu memiliki minat di dunia kepenulisan? Jika ya, kamu harus memaksimalkan hobi ini, ya. Pintu rezeki terbuka lebar buat kamu si hobi menulis, entah itu tulisan fiksi maupun nonfiksi. Mau bukti? Saya sendiri sudah aktif di dunia ini dan bisa traveling karena uang dari menulis.

 

Jika suka menulis fiksi, kamu bisa mengikuti lomba menulis cerpen. Jika menang itu rezeki. Kamu juga bisa mengirimkannya ke majalah. Bahkan, kamu bisa menerbitkannya jadi novel. Lalu jika kamu suka menulis nonfiksi, saat ini pintu rejeki di dunia nonfiksi terbuka lebih lebar. Ada banyak perusahaan start up yang membutuhkan content contributor. Nah, kamu bisa menjadi freelance writer di sini.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Dunia Tulis-menulis

  1. 7 Keuntungan Punya Pacar Hobi Menulis, Dijamin Bakal Makin Cinta
  2. Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis
  3. Tips Memiliki Domain Blog Sendiri buat yang Ingin Menekuni Hobi Menulis (Part 2)

 

2. Fotografi

Sebenarnya fotografi dan tulisan nggak bisa dipisahkan. Di tempat saya menjadi content contributor, nggak hanya memerlukan writer, tapi juga fotografer yang menyediakan stok foto. Jadi, mereka adalah pelengkap untuk tulisan.

 

Namun, ladang rejeki fotografi juga lebih luas daripada itu. Kamu bisa membuka jasa untuk foto studio. Saat ini banyak permintaan untuk foto, seperti foto angkatan, foto kantor, foto wisuda, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mulai aktif di foto prewed dan lain sebagainya.

 

3. Make up

Di zaman yang serba media sosial ini sangat menguntungkan buat kamu yang punya hobi make up. Make up di meja rias jangan cuma didiamkan dan dipakai saat mau kondangan saja. Kamu mulai bisa bikin review dan video tutorial ala-ala selebgram. Siapa tahu kamu adalah penerus dari Alifah Ratu dan kawan-kawan.

 

4. Bermain musik

Main musik juga bisa kamu jadikan hobi yang menghasilkan pundi-pundi Rupiah. Kamu bisa mulai meng-cover lagu dan diunggah ke kanal Youtube. Yap, kamu bisa jadi vlogger dari hobi ini. Atau kamu bisa mulai menyanyi dari kafe ke kafe. Bahkan kamu juga bisa menyanyi di pesta pernikahan. Bagaimana, banyak ladang rezekinya, kan?

 

5. Game

Mungkin orang yang bermain game terkesan negatif karena jadi lupa dunia sosial. Faktanya, nggak juga. Semua kembali ke pribadi masing-masing. Justru kalau kamu gamer andal, bisa meraup keuntungan lewat ini. Salah satunya adalah dengan menjual akun, bertanding yang disponsori sponsor, dan lain sebagainya.

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Game

  1. 7 Games Ini Dapat Membantumu Bangun Hubungan Yang Seru Dengan Pasangan!
  2. Video Game Bisa Mendatangkan Uang, Penasaran Dengan Caranya?
  3. Keren! 9 Game Ini Mengandung Unsur Budaya Indonesia, Lho, Sudah Coba Main?

 

Nah, itu dia 5 hobi yang bisa menambah pemasukanmu. Apakah hobimu juga salah satu dari di atas?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

TRI PUSPITASARI    TRI PUSPITASARI

 

Tunaiku