Beranda > Gaya Hidup > Hobi Menabung Sejak Dini Bisa Menjadi Investasi Jangka Panjang

Hobi Menabung Sejak Dini Bisa Menjadi Investasi Jangka Panjang

Anastasia Galuh Dinung PurwaningtyasAnastasia Galuh Dinung Purwaningtyas
Hobi Menabung Sejak Dini Bisa Menjadi Investasi Jangka Panjangwatermark

TUNAIKU.COM – Di zaman yang serba mahal ini, menabung sangatlah penting. Apalagi tuntutan kebutuhan semakin meningkat, sehingga kita sebagai anak muda yang selalu harus berjaga-jaga. Menabung sejak usia muda adalah hal yang direkomendasikan untuk menjamin kehidupan kita ke depannya. Berikut ini adalah manfaat menabung yang dapat kita rasakan di masa depan:


Belajar hidup hemat

Dengan menabung, kita juga mengubah gaya hidup. Perilaku boros dalam membelanjakan uang akan sedikit demi sedikit berubah menjadi “Sayang uangnya, mending ditabung saja untuk nanti.” Perilaku menabung karena kesadaran bukan karena paksaan dapat membuat kita secara tidak langsung belajar hidup hemat.

 

Memiliki cadangan keuangan dalam keperluan mendesak

Ketika kita membutuhkan uang, tabungan bisa menjadi pilihan untuk menyelesaikan masalah keuangan. Eit, bukan berarti kita bisa membuka tabungan saat membutuhkan uang. Cukup pada saat-saat mendesak saja. Ada berbagai cara supaya uang tidak dapat diambil sesuka hati, salah satunya dengan mengalokasikan dana khusus di simpanan berjangka. Bunga bank relatif lebih besar karena uang tidak dapat diambil sesuka hati. Pada tanggal jatuh tempo, uang yang ada di simpanan berjangka akan otomatis masuk ke rekening utama.

 

Mencegah untuk berhutang

Dengan menabung, kita otomatis memiliki cadangan uang sehingga tidak perlu berhutang pada saat-saat yang dibutuhkan. Hal ini dapat dilakukan dengan misalnya memisahkan rekening konsumsi dan rekening tabungan sehingga rekening tabungan bisa menjadi dana darurat.

 

NabungYuk

 

 

Artikel terkait hobi: Berbagai Hobi Yang Bermanfaat Untukmu

7 Hobi Yang Bikin Kamu Makin Sehat dan Bermanfaat

Ini Dia 6 Hobi Yang Bisa Menambah Kecerdasanmu

5 Jenis Hobi Yang Bisa Usir Suntuk dan Bisa Bikin Kamu Cerdas

 

Investasi jangka panjang

Walaupun bunga tabungan relatif kecil apabila dibanding dengan investasi lain seperti deposito, tabungan dapat menjadi bentuk investasi masa depan. Jika uang sudah terkumpul banyak, kita bisa mengalihkan uang tabungan menjadi bentuk investasi yang lain seperti emas atau surat berharga. Apalagi, untuk memperoleh informasi saat ini semudah memindahkan jari di layar telepon genggam. Kemungkinan kaum milenial untuk memiliki investasi jangka panjang juga semakin besar.

 

Belajar bersabar

Menabung berarti menahan diri untuk tidak menghamburkan uang. Dengan menahan diri, kita juga bersabar dalam menggunakan uang agar dialokasikan sebagaimana seharusnya. Misalnya, daripada menggunakan kartu kredit untuk membeli barang elektronik seperti handphone, lebih baik kita mengumpulkan uang untuk ditabung dan dibelikan barang yang kita inginkan. Bunga kartu kredit yan besar, dan bila barang yang dikreditkan tidak memiliki nilai ekonomi yang meyakinkan, piker-pikir lagi deh pakai kartu kredit. Lebih baik menabung sebentar, siapa tahu setelah selesai menabung malah muncul barang yang lebih bagus kualitasnya.

 

Melatih hidup sederhana

Yang terpenting, hidup sederhana. Dengan menghemat uang, kita juga menurunkan gaya hidup dan semakin selektif dalam menghabiskan uang. Misalnya, lebih memilih makan di warteg daripada di restoran bintang lima setiap hari dengan pertimbangan uangnya dapat ditabung dan dibelikan barang lain yang lebih penting.

Menabung tidaklah selalu mengenai nominal yang besar, melainkan kebiasaan. Dengan mulai membiasakan diri menabung, dari nominal kecil lama-lama dapat diperbesar menjadi nominal yang lebih besar. Rogohlah kantong celana kalian, lima ratus rupiah yang biasanya tidak sengaja hilang karena tercuci ataupun jatuh bisa diletakkan di dalam celengan ataupun botol yang sudah tidak terpakai. Lima ratus rupiah per hari, akan menjadi lima belas ribu per bulan. Bayangkan bila menabung tiga ribu, atau lima ribu per hari. Dimulai dari kebiasaan kecil, lama-lama menjadi besar. Beli barang-barang keinginan dari tabungan sendiri bukan lagi sekedar impian.

 

CTABARU3

Mobile Site CTA


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett