Beranda > Gaya Hidup > Hindari 5 Hal Ini yang Bikin Cekcok Jelang Pernikahan

Hindari 5 Hal Ini yang Bikin Cekcok Jelang Pernikahan

PAULUS RISANGPaulus Risang
Hindari 5 Hal Ini yang Bikin Cekcok Jelang Pernikahanwatermark

TUNAIKU.COM – Demi memastikan setiap detail berjalan dengan sempurna, konflik menjelang pernikahan kerap kali menimpa pasangan. Perbedaan pendapat dan perselisihan dengan pasangan, orang tua, calon mertua, bahkan keluarga besar bakal mudah terjadi. Semua orang sibuk dan lelah sehingga mudah naik pitam. Hal ini saya alami sendiri saat mempersiapkan pernikahan bersama pasangan. Hal-hal yang sebenarnya sepele bisa jadi ramai karena tingkat stres yang makin tinggi jelang hari H.

Sebenarnya, cekcok jelang pernikahan bisa diminimalkan, asalkan kamu mau menghindari hal-hal pemicu konflik seperti yang saya jelaskan di bawah ini. Penasaran? Yuk langsung simak sampai akhir!

 

1. Kurang komunikasi

Semakin dekat dengan hari pernikahan, kesibukan akan semakin meningkat sehingga kamu dan pasangan mungkin lebih sulit untuk bertemu. Hal inilah yang menjadi pemicu segala permasalahan, yaitu kurangnya komunikasi. Apalagi kalau kamu mengambil keputusan tanpa komunikasi dengan pasangan dan keluarga, pasti akan runyam.

Sempatkan waktu di pagi hari sebelum memulai aktivitas atau malam hari untuk berkomunikasi. Jangan menunda-nunda dalam menyampaikan informasi. Hindari mengambil keputusan sepihak tanpa persetujuan pasangan. Serta, berkomunikasilah dengan bahasa yang baik, jangan berbicara kasar dengan nada tinggi.

 

Artikel terkait: Perhatikan hal ini menjelang pernikahan!

  1. Budget Pernikahan Terbatas, Ini 14 Cara Menghemat Biaya Pernikahan!
  2. 10 Cara Mudah Lepas Stres Menjelang Hari Pernikahan
  3. Perhatikan, 10 Hal Ini Sering Terlewat Saat Mempersiapkan Gaun Pengantin!

 

2. Gengsi tinggi

Menikah itu murah, yang mahal itu gengsinya. Ungkapan ini benar adanya, apalagi kalau kamu berasal dari keluarga terpandang. Kemudian, memaksakan diri untuk mengikuti standar penikahan yang tinggi seperti lingkunganmu.

Inti dari sebuah pernikahan adalah prosesi pengikatan janji suci. Sayangnya, banyak orang yang lebih fokus mempersiapkan resepsi ketimbang prosesi pengikatan janji suci. Tetaplah fokus pada tujuan utama pernikahan, jangan menomorduakan kesakralan pernikahan hanya karena mengejar gengsi.

CTABARU4

Mobile Site CTA

3. Bujet membengkak

Watak seseorang akan terlihat aslinya ketika bersinggungan dengan uang, nggak heran kalau budget sering kali menjadi masalah sensitif dalam proses pernikahan. Pengeluaran tak terduga dan budget yang membengkak akan memicu terjadinya stres.

Diskusikan bersama keluarga masing-masing, berapa dana yang kalian miliki untuk menggelar pesta pernikahan ini. Alokasikan dana sesuai anggaran, hindari pengeluaran yang tidak penting. Yang terpenting adalah sediakan dana cadangan untuk hal-hal yang tak terduga.

Kalau kamu atau pasangan terlanjur membuat kesalahan, jangan saling menyalahkan. Lebih baik fokus memikirkan solusinya. Wah, harus selalu sabar dan logis ya!

 

4. Permasalahan keluarga

Pernikahan nggak hanya melibatkan kamu dan pasangan, tetapi juga keluarga dan calon mertua. Bahkan, keluarga besarmu pun ikut campur dalam urusan ini. Beda kepala tentu beda pendapat, nggak heran kalau hal sepele pun bisa menjadi ribet gara-gara banyak yang ikut campur.

Memiliki keluarga besar yang solid adalah sebuah anugerah, maka bagilah tugas untuk mereka agar setiap orang mempunyai jobdesk yang jelas. Kalau sudah dibagi tugasnya, mereka akan fokus menunaikan tanggung jawabnya dan bebanmu menjadi ringan.

 

Artikel terkait: Memilih vendor untuk pernikahan

  1. 10 Rekomendasi Makeup Artist Terbaik untuk Pernikahan di Surabaya
  2. Yuk, Intip Prosesi Upacara Pernikahan Adat Jawa Plus Hitung Biayanya
  3. Rekomendasi Venue Indoor Hotel dengan Budget Murah di Yogyakarta

 

5. Mudah terpancing emosi

Perbedaan selera, sudut pandang, dan budaya menjadi beberapa alasan tidak sejalannya pemikiran. Kemudian ego bertemu emosi, dan akhirnya terjadilah keributan. Nggak perlu berpikir bahwa resepsi pernikahan akan berantakan hanya karena menggunakan jasa penyahit langganan calon mertua. Utarakan dengan halus keinginanmu, dengarkan pula apa yang keluarga harapkan. Diskusikan dan cari jalan tengahnya. 

Apapun masalahnya, selama kamu bisa mengontrol emosi dan mengalahkan ego pasti bisa terselesaikan dengan baik. Jaga komunikasi dan tebarkan aura positifmu. Semoga persiapan pernikahanmu lancar sampai hari H!

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga!

Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett