SWARA – Akhir 2019 adalah kabar apes bagi Medina Zein. Pengusaha sekaligus influencer muda ini diciduk polisi lantaran menggunakan narkoba jenis amfetamin, setelah kakak iparnya Ibra Azhari terjerat atas kasus yang sama. Kasus ini tentunya menjadi kendala bagi bisnis Medina, karena dirinya harus sibuk dengan urusan pidana. 

 

Nama Medina sudah nggak asing lagi di telinga publik Indonesia. Perempuan kelahiran Bandung ini merupakan pengusaha di berbagai bidang, mulai dari produk perawatan, makanan, hingga penginapan. Selain itu, Medina juga merupakan seorang influencer berhijab dengan jumlah pengikut sebanyak 750 ribu pengikut di Instagram. 

 

Selain itu, Medina juga dikenal bersahabat dengan artis Zaskia Sungkar. Namun, pertemanan mereka diberitakan sempat meruncing akibat konflik bisnis antara Medina dengan suami Zaskia, Irwansyah. 

 

Artikel Terkait: Sukses dengan Bisnis Online Shop

  1. Intip Fitur-Fitur Whatsapp Business, Aplikasi Wajib Bagi Online Shop!
  2. 6 Kiat Sukses Rintis Bisnis Online Shop, Mudah dan Cepat Menghasilkan
  3. 7 Hal yang Harus Kamu Ketahui Agar Menjadi Konsumen Online Shop yang Bijak

 

Terlepas dari itu semua, Medina merupakan sosok perempuan muda yang sukses membangun bisnisnya. Berikut adalah enam fakta bisnis yang berhasil, dirangkum dari Brillio. 

 

1. Klinik kecantikan

Pada 2012, Medina merintis bisnisnya yang pertama. MD Clinic merupakan klinik kecantikan yang punya langganan sederet artis Indonesia. Hingga saat ini MD Clinic masih beroperasi dan telah berkembang dengan 400 karyawan.  

 

2. Produk perawatan kulit

Nggak mau ketinggalan animo, Medina pun ikut berbisnis di produk perawatan kulit (skincare) yang saat ini sedang menjamur. Dia mendirikan MD Cosmetics pada 2013 dan diklaim cukup sukses. Medina pun kerap men-endorse produk-produk berhijab. 

 

3. Butik

Berkolaborasi dengan Zaskia Sungkar, Medina mendirikan butik bernama Medina Zein Boutique pada 2014. Butik ini menyediakan berbagai jenis pakaian khusus muslimah, seperti hijab, gamis, dan khamir. 

 

4. Penginapan dan vila

Pada 2015, Medina melebarkan sayap dengan merambah bisnis penginapan dan vila. Medina mendirikan penginapan bernama The Laras Villa Jimbaran by MZ yang berpusat di Bali. Sama seperti bisnis lain yang dirintis Medina, bisnis penginapan ini pun menuai sukses dan memberikan keuntungan bagi Medina. 

 

Artikel Terkait: Bisnis Tanpa Modal Usaha? Bisa Kok!

  1. 4 Ide Bisnis Tanpa Modal, Mau Coba?
  2. 6 Bisnis Online Rumahan Tanpa Modal yang Bisa Kamu Coba!
  3. Berani Berbisnis Properti Tanpa Modal Lewat 5 Tips Ini!

 

5. Agen tur dan perjalanan

Medina memulai bisnis tur dan perjalanan (tour & travel) pada 2016. Dinamakan MedinaZein Tour & Travel, Medina fokus menyediakan jasa penyedia perjalanan untuk umrah. Beroperasi di bawah naungan PT Medina Global Travelindo, Melinda juga menyediakan jasa paket liburan ke luar negeri.  

 

6. Kue dan makanan

Nggak mau ketinggalan, Medina juga merambah ke bisnis kue artis yang ngehits beberapa tahun belakangan di Indonesia. Bersama Zaskia Sungkar dan Irwansyah, Medina mendirikan Makuta. Bisnis ini pula yang sempat ramai diperbincangkan publik lantaran Medina sempat menuding Irwansyah menggelapkan uang perusahaan. 

 

Itulah beberapa fakta soal Medina Zein. Nggak disangkal, kesuksesannya di usia mudah sangat menginspirasi. Namun, penggunaan narkoba bukanlah hal yang baik untuk ditiru. Karena itu bila kamu pengen sukses seperti Medina Zein, soal narkoba itu jangan ditiru ya.