SWARA – Zaman sekarang memang sudah banyak yang membuka bisnis. Nggak hanya mereka yang benar-benar fokus menjadi entrepreneur, mereka yang karyawan juga. Belum sepenuhnya lepas dari status karyawan dikarenakan dalam hal membuka usaha masih coba-coba. Selain itu juga karena permodalan yang belum ada.

 

Tahukah kamu kalau sebenarnya dalam membuka usaha pun bisa tanpa modal? Jadi kalau kamu belum memiliki cukup uang, kamu tetap bisa mulai membuka usaha dari sekarang. Penasaran dengan bisnis tanpa modal itu? Ini dia beberapa yang bisa kamu coba!

 

Artikel Terkait: Panduan Sebelum Membuka Usaha

  1. Ingin Membuka Usaha? Lakukan 5 Cara Jitu Ini untuk Mencari Modal
  2. Tips Mengatasi Keraguan Saat Akan Membangun Usaha
  3. Langkah-langkah Membuat Business Plan untuk Usaha Kecil

 

1. Reseller

Bisnis pertama yang bisa kamu rintis tanpa modal adalah menjadi reseller. Yap, menjadi reseller nggak memerlukan modal. Kamu tinggal mencari produsen yang bisa kamu berikan jasa penjualannya. Sebagai contoh, di bulan puasa ini ada temanmu yang membuka bisnis musiman kue Lebaran. Nah, kamu di sini bertindak sebagai reseller-nya. Menjadi reseller memang nggak dibutuhkan modal, hanya koneksi dan kemampuan bernegosiasi yang baik.

 

2. Penulis

Saat ini menjadi penulis pun bisa sebagai bisnis. Kamu bisa menjadi penulis lepas untuk suatu perusahaan. Kamu bahkan bisa menjadi blogger dan mendapatkan penghasilan dari sana. Nah, caranya kamu harus mendaftarkan blogmu ke Google Adsense, ya. Dari sana kamu akan mendapatkan pemasukan dari setiap visitor yang membuka blog ataupun iklan yang masuk.

 

 

3. Membuka jasa

Kalau ingin membuka bisnis tanpa modal berikutnya adalah dengan membuka usaha jasa. Bisnis jasa hanya mengandalkan kemampuan. Jadi, kamu nggak perlu keluar uang. Bisnis jasa yang dimaksud seperti membuka jasa travel. Jadi yang kamu butuhkan hanyalah memahami objek wisata lokal. Selanjutnya kamu hanya perlu mengatur jadwal berlibur wisatawan, membuat jadwal, menghubungkannya pada penginapan, tempat wisata, dan merekomendasikan tempat makan.

 

Artikel Terkait: Punya Hobi Nulis? Kamu Bisa Dapatkan Tambahan Pemasukan dari Sini

  1. 5 Hobi ini Bisa Membuat Pundi-pundi Uang Semakin Menambah
  2. Ingin Mendapatkan Uang Tambahan Saat Kuliah? 6 Pekerjaan Paruh Waktu Ini Bisa Kamu Coba!
  3. 7 Media Massa untuk Publikasikan Tulisanmu

 

4. Guru privat

Menjadi guru privat juga jadi bisnis yang tanpa modal. Yang kamu butuhkan hanya relasi, dan pengerahuan seputar mata pelajaran yang akan kamu ampu. Lebih lanjut sebenarnya kamu bisa membuka bimbingan belajar. Nah, menjadi guru privat ini bisa jadi pijakan pertama membuka bimbingan belajar.

 

Itu dia bisnis yang bisa kamu buka tanpa modal. Kalau kamu telaten, bisnis di atas bisa terus kamu usahakan dan ketika jumlahnya sudah lumayan, bisa kamu gunakan sebagai modal untuk membuka usaha yang lebih besar.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI