SWARA – Saat ini profesi selebriti instagram (selebgram) terbilang menjanjikan. Selain cuannya banyak, popularitas pun meningkat. Lihat saja selebgram Indonesia sukses seperti Awkarin dan Catwomanizer. Dua selebgram itu diikuti oleh ratusan ribu akun dan diundang di berbagai event eksklusif. Awkarin bahkan bisa mendirikan bisnis bermodal dari profesinya sebagai selebgram. 

 

Salah satu sumber penghasilan selebgram berasal dari endorsement. Biasanya selebgram akan mengunggah beberapa foto atau konten dari brand tertentu sebagai bentuk promosi produk. Bayarannya pun beragam, mulai dari jutaan hingga miliaran Rupiah! Kira-kira siapa yang mendapat bayaran sedemikian fantastis? 

 

1. Kendall Jenner 

Selebgram sekaligus model ini mencetak penghasilan paling tinggi dari media sosial. Untuk sekali unggahan, Jenner mampu menghasilkan US$611 ribu atau Rp8,4 miliar! Pada 2019, total penghasilan Jenner dari profesi selebgram mencapai US$15,9 juta atau setara Rp220 miliar! Penghasilan itu dia dapatkan dari 26 unggahan foto.

 

2. Selena Gomez

Aktris dan penyanyi asal Amerika Serikat ini berada di peringkat kedua setelah Kendall Jenner. Gomez menghasilkan cuan sebesar US$886 ribu atau Rp12 miliar dari satu kali unggahan foto di akun Instagram-nya. Pada 2019, Gomez meraup US$8 juta atau Rp110 miliar dari 9 kali postingan. 

 

Artikel Terkait: Kontroversi Selebriti Internasional 

  1. Kontroversial Berdarah Indonesia, Ini 6 Reaksi Keras Agnez Mo!
  2. Meghan Markle dan Pangeran Harry Mundur dari Keluarga Kerajaan, Ini Kontroversinya!
  3. Ramai #ApologizeToSeungRi, Fans Gugat Media Minta Maaf

 

3. Kylie Jenner

Pengusaha kosmetik sukses Kylie Jenner juga turut meraup keuntungan dari bayaran iklan di media sosial. Miliarder muda ini memasang tarif US$1,27 juta atau Rp17 miliar untuk satu kali unggahan foto di akunnya. Dari profesinya sebagai selebgram, Jenner menerima bayaran sebesar US$3,8 juta atau Rp52 miliar dari akun Instagram. Dia membuat tiga konten iklan di Instagram pada 2019. 

 

4. Khloe Kardashian

Bintang reality show Keeping Up With The Kardashian ini nggak kalah dari adik-adiknya, Kendall dan Kylie. Sepanjang 2019, Khloe menghasilkan US$1,2 juta atau Rp16 miliar dari iklan berbayar di Instagram. Tahun lalu, dia mengunggah dua iklan dengan harga masing-masing US$598 ribu atau Rp8 miliar. 

 

5. Priyanka Chopra Jonas 

Pada 2019, bintang Bollywood-Hollywood ini menerima cuan sekitar US$1,1 juta atau Rp15 miliar dari iklan berbayar di akun Instagram-nya. Untuk satu kali unggahan, Priyanka mematok harga sekitar US$271 ribu atau Rp3 miliar. Pada 2019, dia memposting tiga iklan. 

 

Pendapatan fantastis lima selebgram perempuan di atas terdengar menggiurkan. Mungkin kamu bertanya-tanya, apa sih yang bisa menjadikan kamu sukses seperti Kendall dan kawan-kawannya? Berikut adalah kemampuan yang harus kamu miliki bila ingin serius berprofesi sebagai selebgram. 

 

6. Membangun self-branding 

Self-branding sangatlah penting. Ketika ingin menjadi selebgram, kamu harus mengembangkan keunikan diri kamu. Tanyakan pada dirimu, apa sih daya tarik kamu? Kira-kira bagaimana kamu mengemasnya agar membuat orang tertarik dan mengapresiasi konten yang kamu ciptakan? 

 

Artikel Terkait: Kamu Fans K-Pop?

  1. 5 Selebriti Korea yang Investasi di Bidang Properti. Bisa Ditiru!
  2. Drama Korea Bertemakan Profesi Jurnalistik atau Reporter
  3. 7 Modal Sukses dari Seleb Korea yang Menginspirasi dan Bisa Ditiru

 

7. Membuat strategi konten 

Memposting foto dan video di Instagram bukan satu-satunya cara untuk menggalang pengikut. Sebaliknya, kamu harus membangun strategi konten, sama seperti merencanakan pemasaran sebuah produk. Kamu harus banyak riset dan membuat konten yang unik sesuai kepribadianmu. 

 

8. Berinteraksi dengan pengikut

Langkah ini penting apabila kamu sedang membangun personal brand. Kamu bisa memulainya dengan membalas komentar ataupun direct message di Instagram. 

 

9. Berkolaborasi dengan influencer lainnya

Kolaborasi dengan influencer lain adalah salah satu kunci untuk meningkatkan engagement di akun medsos. 

 

10. Tim media sosial 

Memiliki tim media sosial juga berpengaruh penting dalam mendukung kesuksesan profesi sebagai selebgram, terutama untuk mengembangkan strategi konten. Ini bisa kamu gunakan ketika kamu sudah menghasilkan cuan dari medsos. 

 

Menjadi selebgram memang terdengar menjanjikan. Namun, modalnya pun besar. Kamu harus meluangkan banyak waktu untuk riset dan membaca tren terkini. Intinya sama saja dengan profesi lain, kamu harus kerja sukses untuk sukses!