SWARA – Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern ini, manusia semakin mengoptimalkan potensi dan kemampuannya untuk menciptakan berbagai inovasi. Belakangan ini, semakin banyak temuan-temuan baru yang diciptakan oleh manusia untuk memudahkan tugas dan aktivitas dari manusia itu sendiri.

 

Salah satu contohnya adalah inovasi penggunaan robot di dalam operasional restoran. Saat ini, sudah ada beberapa negara yang mulai menerapkan teknologi robot sebagai pelayanan di restoran-restorannya.

 

Nah, berikut ini adalah 5 negara yang sudah mulai menerapkan pelayanan robot untuk melakukan berbagai hal dalam operasional restoran, mulai dari menjadi pelayan, hingga menjadi juru masak. Wah, unik ya!

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang teknologi terbaru

  1. Tahukah Kamu, Kalau Ada Motor yang Sudah Mempunyai Teknologi Keyless? Apa Saja Teknologi Motor Terbaru di Tahun 2019 Ini?
  2. 5 Teknologi Canggih yang Wajib Wajib Kamu Miliki di Rumah
  3. Wow, 5 Teknologi Canggih ini Bikin Percaya Masa Depan Semakin Dekat

 

1. Thailand, Hajime Restaurant

 

Sumber: oddviser.com
Sumber: oddviser.com

Hajime Restaurant adalah salah satu restoran Yakiniku yang ada di Bangkok, Thailand. Restoran ini sebagian besar berbasis digital, sebab hampir semua proses pelayanannya menggunakan teknologi canggih.

 

Restoran yang tepatnya terletak di Monopoly Park Plaza ini menyediakan tablet di setiap meja untuk memesan berbagai menu makanan. Setelah pesanan siap disajikan, robot akan datang ke meja pengunjung sebagai pelayan untuk menyajikan makanan yang telah dipesan oleh para pengunjung.

 

Uniknya lagi, selain sebagai pelayan restoran, robot di restoran Hajime juga ternyata memiliki kemampuan untuk menghibur. Kamu bisa meminta para robot tersebut untuk menari selama beberapa menit. Jadi, kamu bisa merasakan sensasi makan bersama dengan teknologi canggih yang juga bisa menghibur.

 

2. Amerika Serikat, Royal Caribbean

 

Sumber: technologue.co.id
Sumber: technologue.co.id

Tahukah kamu apa itu bartender? Ya, bartender adalah seseorang yang bertugas menyiapkan minuman di balik meja bar. Namun, pernahkah terpikir bahwa peran bartender tersebut bisa digantikan oleh teknologi?

 

Ternyata, salah satu bar yang ada di Amerika Serikat menggunakan robot sebagai bartender untuk menyiapkan segala jenis minuman dari balik bar. Bar ini bernama Royal Caribbean. Walaupun kemampuannya belum selihai bartender manusia, tapi tetap saja hal ini menjadi hal yang unik dan baru bagi sebagian orang.

 

Selain itu, tempat ini juga menyuguhkan lokasi yang menarik untuk dikunjungi, sebab desain barnya yang terlihat sangat futuristik.

 

3. Hong Kong, Restoran Hotpot Robot

 

Sumber: detikfood.com
Sumber: detikfood.com

Sekarang kita beralih ke negara di sekitar China, yaitu Hong Kong. Terdapat sebuah restoran yang memanfaatkan teknologi canggih dalam operasionalnya, yaitu Hotpot Robot Restaurant.

 

Ternyata, restoran ini bekerja sama dengan HaiDiLao dan salah satu perusahaan elektronik terbesar yaitu Panasonic. Kerja sama ini menciptakan dan membuat robot hotpot yang berfungsi sebagai chef dan juga pelayan restorannya, wah, hebat ya!

 

Robot ini rupanya memiliki beberapa kemampuan, antara lain meracik sup dengan rasa yang sesuai dalam menu, mengantar pesanan, dan juga ada yang bertugas untuk mengambil nampan pengunjung yang telah selesai makan.

 

4. Singapura, Rong Heng Seafood Restaurant

 

Sumber: straitstimes.com
Sumber: straitstimes.com

Buat kamu yang ingin merasakan sensasi dilayani robot saat makan di restoran, kamu bisa terbang ke negara tetangga yaitu Singapura. Terdapat salah satu restoran seafood yang ternyata menggunakan robot sebagai pelayannya, yaitu Rong Heng Seafood Restaurant.

 

Penggunaan robot sebagai pelayan di restoran ini adalah inovasi yang praktis, canggih, dan juga hemat. Karena, pemilik restoran tidak perlu memberi gaji, bonus, atau kesejahteraan pada para pelayannya. Selain itu, robot juga bisa bekerja tanpa batas asal bisa di-maintain dengan baik.

 

Artikel Terkait: Ragam menarik tentang teknologi terbaru

  1. Melek Finansial di Era Teknologi, Hati-Hati dengan Modus Penipuan via Ponsel Berikut Ini!
  2. INFOGRAFIS: 9 Jenis Pekerjaan Tak Tergerus Laju Teknologi
  3. Profesi di Bidang Teknologi yang Bakal Banyak Dicari

 

5. Jepang, Hen-na Restaurant

 

Sumber: misteraladin.com
Sumber: misteraladin.com

Siapa yang kira bahwa robot bisa memasak seporsi okonomiyaki dengan sempurna? Ya, di Hen-na restaurant, terdapat robot yang bisa menyajikan makanan seperti okonomiyaki atau pancake seperti chef pada umumnya.

 

Restoran yang terletak di Jepang ini sebenarnya masuk ke dalam kawasan Taman Hiburan Huis Ten Bosch. Nah, sedangkan Hen-na itu sendiri adalah nama sebuah hotel yang juga ada di dalam kawasan tersebut.

 

Hotel tersebut memang dibuat sangat modern, dengan operasional yang sebagian besar dijalankan oleh robot. Khusus di restoran Hen-na, terdapat sebuah robot spesial bernama Andrew yang bisa menyajikan beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas.
Andrew memang bisa menyajikan makanan, mulai dari menuang adonan, hingga membaliknya. Jadi, robot ini memang dirancang khusus sebagai chef yang profesional.


dhandyDhandy Dwi Yustica