Beranda > Gaya Hidup > Olahraga Pagi vs Olahraga Malam, Mana yang Lebih Menyehatkan?

Olahraga Pagi vs Olahraga Malam, Mana yang Lebih Menyehatkan?

DEWI AYU NURJANAHDewi Ayu Nurjanah
Olahraga Pagi vs Olahraga Malam, Mana yang Lebih Menyehatkan?watermark

TUNAIKU.COM – Persoalan mana waktu yang lebih sehat melakukan olahraga di pagi hari dan malam hari masih saja terus bergulir hingga kini. Bagi yang suka melakukan olahraga di pagi hari tentu mendukung dan menganggap waktu yang tepat adalah pagi. Begitupun sebaliknya bagi yang susah bangun pagi dan menganggap olahraga di malam hari bisa jadi solusi.

 

Artikel terkait: Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar

  1. 5 Gerakan Olahraga Ringan Saat di Mobil, Cocok Dilakukan Saat Terjebak Macet
  2. 8 Gadget yang Bisa Membantumu Lebih Bersemangat Saat Olahraga
  3. Nggak Perlu ke Gym, Lakukan 7 Tips Ini agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar!

 

Lalu, manakah yang efektif dan lebih baik?Nah, berikut ini akan dijabarkan beberapa kelebihan olahraga yang dilakukan malam hari dan pagi hari agar kamu nggak bingung lagi ya!

 

Kelebihan Olahraga Malam

 

1.    Badan lebih siap

 

Jika kamu nggak bekerja terlalu larut, maka bisa melakukan olahraga malam. Selepas bekerja, tubuhmu sudah siap untuk berolahraga. Ada kalanya, saraf tubuh belum ‘terbangun’ ketika kamu olahraga di pagi hari. Satu lagi, saat malam hari, bakal banyak makanan dan lemak di dalam tubuh yang bisa dibakar saat berolahraga. Dengan demikian, olahraga malam akan lebih efektif dilakukan.

 

2.    Aman dan minim risiko cidera

 

Seandainya kamu lebih suka melakukan workout yang fokus pada kekuatan tubuh seperti squat, olahraga malam adalah pilihan tepat. Tubuhmu yang telah bergerak seharian akan lebih siap untuk melakukan gerakan-gerakan eksplosif. Kamu pun akan terhindar dari cidera.

 

3.    Punya waktu lebih banyak

 

Kamu bakal punya waktu yang lebih banyak untuk fokus berolahraga. Seperti untuk pemanasan, berkomunikasi dengan pelatih, sampai waktu untuk beristirahat. Jika dilakukan di pagi hari, kamu hanya punya sedikit waktu untuk berolahraga karena harus segera berangkat bekerja.

 

Namun, olahraga malam juga ada poin minusnya. Pertama, hanya punya ada sedikit pilihan olahraga malam yang bisa kamu pilih dan biasanya cukup memakan biaya. Seperti fitness di gym, badminton, ataupun futsal. Kedua, kamu bisa mengalami gangguan susah tidur. Jika olahraga di malam hari, kamu akan tetap waspada sehingga sulit untuk tidur. Pola tidurmu bisa terganggu karena peningkatan hormon kortisol dalam tubuh.

 

Kelebihan Olahraga Pagi

 

1.    Murah biaya

 

Bisa dikatakan olahraga pagi itu lebih ekonomis. Banyak sekali pilihan olahraga gratis atau dengan biaya murah yang bisa kamu lakukan. Seperti, ikut senam gratis di supermarket, jogging, sepedaan, atau workout sederhana.

 

2.    Cepat membakar lemak

 

Olahraga pagi cocok berat buat kamu yang ingin kurusan, lho. Pembakaran lemak paling efektif dilakukan di pagi hari saat perut masih kosong. Saat berolahraga, kandungan gula dalam tubuh sedikit demi sedikit akan berkurang. Sesudah itu, lemak tubuhmu juga akan ikut terbakar!

 

3.    Energi positif

 

Jika dilihat dari sisi psikologis, olahraga pagi bisa meningkatkan energi positif seseorang. Bisa pula meningkatkan mood sebelum melakukan aktivitas seharian. Pikiran bisa rileks dan tenang. Jadi, nggak salah jika olahraga pagi digemari oleh orang-orang sukses di dunia.

 

4.    Punya energi tambahan

 

Kamu yang punya aktivitas segudang, sebaiknya mencoba untuk olahraga pagi. Dengan berolahraga di pagi hari, kamu masih punya timbunan energi untuk sekedar jogging atau senam sehat. Berbeda cerita, kalau kamu olahraga selepas bekerja.

 

Besar kemungkinan badanmu telah merasa capek karena karena tumpukan aktivitas ditambah stres pekerjaan. Jadi, akan lebih efektif kalau dilakukan di pagi hari. Meski begitu, orang yang memilih olahraga pagi punya risiko cidera lebih tinggi. Mengapa? Sebelum melakukan olahraga tertentu, kamu perlu pemanasan yang serius dan menyeluruh.

 

Hal ini berkaitan dengan kondisi tulang belakang tubuh yang perlu waktu beradaptasi setelah bangun tidur. Kalau dipaksa untuk melakukan olahraga berat, kamu bisa mengalami cidera.

 

Artikel terkait: Dunia Gadget

  1. Jelang Liburan, Ini 5 Action Cam Cocok untuk Dibawa, Pilih Mana?
  2. Pilah Pilih Ponsel Murah, Ini 7 Ponsel Android yang Nggak Keliatan Murahan
  3. 4 Aplikasi Smartphone Wajib untukmu yang Super Sibuk

 

Kalau kamu mau berolahraga berat dan fokus pada gerakan punggung, lebih baik bangun lebih pagi. Dengan begitu, tulang punggung punya waktu yang cukup untuk kembali ke kondisi normal.

 

Pada akhirnya, semua kembali pada individu masing-masing. Karena setiap orang punya kebutuhan yang berbeda, maka olahraga yang dibutuhkan pun nggak bisa dipukul rata. Tubuhmu bakal tahu, kok, kapan waktu efektif untuk olahraga. Olahraga malam dan pagi itu sama-sama baik, asal dilakukan sesuai porsi dan kebutuhan.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!

cta2


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett