Beranda > Gaya Hidup > Ajarkan Anak tentang Manfaat Puasa, Salah Satunya Hidup Hemat!

Ajarkan Anak tentang Manfaat Puasa, Salah Satunya Hidup Hemat!

Ajarkan Anak tentang Manfaat Puasa, Salah Satunya Hidup Hemat!watermark

UNAIKU.COM – Puasa adalah saat di mana kita harus menahan hawa nafsu. Menahan lapar, haus, amarah, serta hal-hal lain yang membatalkan puasa. Ibadah yang satu ini ternyata juga memberi banyak manfaat, salah satunya bagi anak-anak.

Nah, apa saja sih manfaat puasa bagi anak-anak kita? Selain menahan nafsu untuk makan dan minum, pelajaran-pelajaran apa yang mereka dapatkan dengan berpuasa? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

 

 

  • Puasa adalah cara mengajarkan kedisiplinan pada anak

 

Ibadah yang satu ini memang istimewa. Bagi para orang tua, puasa adalah salah satu cara mudah untuk mengajarkan tentang kedisiplinan pada anak-anak. Bangun sahur dan buka puasa tepat waktu secara tidak langsung mendidik anak untuk mengerti, bahwa ada aturan dalam kehidupan sehari-hari yang harus dipatuhi.

 

  1. Dengan puasa, mereka belajar tentang hidup hemat dan menabung

Pada dasarnya, puasa mengajarkan kita untuk tidak melakukan sesuatu dengan berlebihan. Saat puasa, tubuh kita dilatih untuk makan dan minum secukupnya serta sesuai waktunya. Dengan menjalankan ibadah ini, para orang tua dapat memperkenalkan pada anak tentang keharusan hidup berhemat. Selain itu, anak juga bisa diajak untuk menyisihkan sebagian makanan dan uang jajan mereka saat puasa. Uang jajan itu bisa ditabung untuk diri sendiri atau bisa juga disisihkan untuk orang lain yang tentunya lebih membutuhkan.

 

  1. Anak juga bisa dilatih untuk jujur dengan berpuasa

Tidak mudah memang melatih anak untuk berpuasa. Menahan mereka saat ingin makan atau minum tentu bukan perkara mudah karena anak-anak biasanya akan merengek meminta apa yang mereka mau. Namun, cobalah untuk memberi kepercayaan pada mereka dan yakinkan bahwa mereka bisa. Jika ternyata mereka melanggar pantangan berpuasa, ajarkan mereka untuk jujur.

 

  1. Selain melatih rasa empati, anak diajarkan untuk mau memberi

Puasa adalah cara kita mengasah rasa empati dalam diri. Dengan menahan haus dan lapar, kita dapat mengingatkan anak-anak tentang penderitaan saudara-saudaranya yang hidup di bawah garis kemiskinan. Mereka yang mungkin terpaksa puasa setiap hari karena tak sanggup membeli makanan. Dengan begitu, anak akan lebih bersyukur pada apa yang dimiliki dan tidak enggan berbagi.

 

  1. Puasa jadi cara mudah mengajarkan anak untuk hidup sehat

Tubuh tidak seharusnya dipaksa untuk bekerja keras terus. Ada kalanya tubuh harus dibiarkan bekerja dengan ringan salah satunya dengan berpuasa. Selain itu, puasa juga jadi saat yang tepat untuk memperbaiki pola makan dan asupan makanan. Dengan begitu, anak-anak akan sedikit demi sedikit belajar tentang hidup sehat.

 

Sebagai orang tua, kita memang dituntut untuk lebih memperhatikan tumbuh kembang anak. Bukan hanya pertumbuhan fisiknya, tapi juga psikis dan karakter mereka. Maka, bulan Ramadhan ini adalah salah satu momen yang tepat untuk mengajarkan berbagai hal baik dalam kehidupan dengan cara menjalankan puasa.

Yuk #TunaikanRamadhan dengan optimal!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett