Beranda > Gaya Hidup > Air Lemon Hangat yang Sehat Ternyata Berpotensi Merusak Gigi, Ini Sebabnya!

Air Lemon Hangat yang Sehat Ternyata Berpotensi Merusak Gigi, Ini Sebabnya!

PAULUS RISANGPaulus Risang
Air Lemon Hangat yang Sehat Ternyata Berpotensi Merusak Gigi, Ini Sebabnya!watermark

TUNAIKU.COM – Banyak yang merekomendasikan untuk mengonsumsi air lemon hangat di pagi hari karena minuman ini memang banyak manfaatnya. Vitamin C yang terkandung dalam lemon berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan kulit, mencegah batu ginjal, dan membantu pencernaan. Selain itu, minuman ini juga bermanfaat untuk menunjang dietmu.

 

Namun, tahukah kamu kalau meminum air lemon hangat di pagi hari ternyata dapat merusak gigi? Ini karena lemon memiliki kadar asam yang sangat tinggi, dengan pH antara 2 hingga 2,6. Asam inilah yang berpotensi mengikis enamel gigimu.

 

Enamel merupakan lapisan keras yang melindungi gigi. Ketika email gigi mengikis, gigi menjadi sensitif dan lebih rentan untuk berlubang. Gigi juga akan jadi berwarna kekuningan. Tentu kurang baik buat penampilanmu, ‘kan? Apalagi, enamel sukar untuk memperbaiki diri.

 

Tapi, bukan berarti kamu nggak boleh minum air lemon hangat, lho. Lakukan tips berikut ini agar kamu tetap bisa menikmati manfaatnya tanpa merusak gigimu.

 

Artikel terkait: Sehat dengan makanan

  1. Biar Lebih Sehat, Coba Bikin Resep Salad Buah dan Sayur yang Mudah dan Murah Ini di Rumah!
  2. 7 Jenis Keju yang Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan
  3. Nggak Semua Makanan Boleh Dipanaskan Ulang Lho! Ini Bahayanya

 

1. Peras sedikit lemon lalu tambahkan air yang banyak

Peras seperempat atau seperdelapan buah lemon lalu tambahkan air yang banyak, setidaknya 200-250 ml. Semakin encer lemonnya, otomatis kandungan asamnya semakin sedikit pula, sehingga lebih aman bagi gigimu.

2. Gunakan sedotan

Menggunakan sedotan juga merupakan cara ampuh untuk mencegah asam pada air lemon merusak gigimu. Sedotan akan membawa cairan asam langsung ke bagian belakang mulut tanpa harus mengenai gigi. Lebih baik kamu gunakan sedotan kertas atau stainless steel untuk menghindari sampah sedotan plastik yang berpotensi mencemari lingkungan.

 

3. Berkumurlah dengan air

Setelah selesai minum segelas air lemon, berkumurlah untuk membantu menormalkan air liurmu. Air liur mengandung mineral yang mengimbangi demineralisasi yang bisa terjadi dari mengkonsumsi makanan dan minuman asam.

4. Konsumsi makanan yang mampu menetralkan asam

Usai menikmati secangkir air lemon hangat, kamu bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan yang mampu menetralkan asam. Makanan tersebut antara lain apel, pisang, susu, dan produk olahan susu seperti keju dan yogurt. Beberapa mineral dalam produk susu dan olahan susu seperti kalsium mampu mencegah pengeroposan enamel gigi.

 

Artikel terkait: Tips agar tetap sehat dan semangat

  1. Lakukan 10 Gerakan Olahraga Ringan Ini di Pagi Hari Agar Semangat Sepanjang Hari
  2. 10 Tips Ampuh Mencegah Radang
  3. Ini Penjelasan Ahli Soal Hubungan Yoga dengan Kulit yang Lebih Sehat dan Cantik!

 

5. Menyikat gigi sebelum menyesap air lemon

Hindari menyikat gigi setelah mengonsumsi air lemon. Menyikat dan menggunakan pasta gigi dengan zat pemutih yang abrasif justru dapat membuat enamel gigi semakin tipis. Setidaknya, tunggulah selama 30 menit setelah minum air lemon, lalu kumur-kumur dengan air putih, kemudian baru menyikat gigi.

 

Akan jauh lebih baik kalau kamu menyikat gigi sebelum minum air lemon agar gigimu lebih aman. Setelah gosok gigi, tunggulah 15 menit baru konsumsi air lemon. Menyikat gigi merangsang mulut yang sehat untuk menciptakan lapisan pelikel pada gigi. Lapisan inilah yang berfungsi melindungi enamel dari asam.

 

Nah, kini kamu sudah tahu penyebab air lemon kurang baik bagi gigi dan cara mengatasinya. Jadi, kamu tetap bisa menikmati air lemon hangat setiap hari!

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett