Beranda > Gaya Hidup > 8 Cara Menghemat Uang buat Kamu yang Sudah Kecanduan Minum Kopi

8 Cara Menghemat Uang buat Kamu yang Sudah Kecanduan Minum Kopi

8 Cara Menghemat Uang buat Kamu yang Sudah Kecanduan Minum Kopiwatermark

TUNAIKU.COM–Agenda minum kopi sudah menjadi kebiasaan orang-orang Indonesia. Terutama bagi mereka yang kecanduan merokok. Tentunya untuk memenuhi hasrat minum kopi pasti sering keluar uang. Saya punya cara jitu untuk menghemat uang tanpa harus kehilangan seleramu dalam mengonsumsi kopi.

 

1. Bayarlah secara Tunai

 

Tempat untuk minum kopi tersedia di mana-mana. Harga kopi yang cenderung murah itulah yang membuat siapa pun merasa harus datang lagi dan lagi. Terutama kalau kamu sering ngutang. Jadi ketika datang ke tempat ngopi justru membayar utang kemarin. Kejadian yang serupa akan terus berlanjut. Lebih baik bayarlah secara tunai biar tidak ada beban di kepala.

 

2. Bikin Saja di Rumah

 

Kenapa harus menunggu orang membuatkan kopi untukmu di kedai? Kan kamu juga bisa bikin sendiri di rumah. Bahkan yang kamu perlukan hanya kopi sachet-an atau mungkin kopi tubruk kemasan. Jadi yang perlu disediakan hanya gula, air, gelas, dan sendok. Secara berkesinambungan, kamu akan terlatih dan rasa kopinya pun lebih nikmat.

 

3. Coba Bereksperimen setiap Mau Bikin Kopi

 

Cara ini bertujuan agar kamu lebih memilih bikin di rumah ketimbang harus datang ke kedai seperti dulu. Biar lebih asyik bikinnya, cobalah gaya eksperimental saat bikin kopi. Banyak kok contohnya. Bahkan di Youtube juga bertebaran. Kamu tinggal mau pakai cara yang mana. Siapa tahu kamu berbakat jadi barista atau ahli peracik minuman kopi.

 

Artikel Terkait: Tips bagi yang Hobi Minum Kopi

  1. Buat Kamu Pecinta Kopi, Yuk Kenalan Lebih Dekat dengan Jenis-Jenis Kopi Khas Nusantara

  2. 5 Tips Jadi Barista untuk Pemula yang Baru Kenal Cara Bikin Kopi

  3. 10 Kedai Kopi Kekinian yang Wajib Kamu Coba

 

4. Sadari Kondisi Keuanganmu di Hari Itu

 

Pada hari ketika kamu ingin menghabiskan uang untuk ngopi, sadari juga kondisi keuanganmu saat itu. Saya akui, menghilangkan candu memang sulit. Niat dan tekad yang besar itulah yang bisa membuatmu bisa menghemat uang. Diperlukan kesadaran yang tinggi untuk bisa berhati-hati saat mengeluarkan uang.

 

5. Tolak secara Halus Ajakan Ngopi dari Teman

 

Hampir sama dengan kebiasaan merokok. Kecanduan ngopi juga bisa berawal dari area pertemanan. Pengaruh teman dalam kehidupan memang luar biasa. Kalau keuanganmu tengah menipis jangan ragu untuk menolaknya secara halus. Katakan saja kalau kamu lagi tidak ingin pergi ke kedai kopi atau kamu masih punya urusan di rumah.

 

Artikel Terkait: Serba-serbi Minum Kopi

  1. Ingin Buka Kedai Kopi Sendiri? Ini 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan!

  2. Mau Jadi Ahli Peracik Kopi? Belajar di Sekolah Barista Saja

  3. Agar Lebih Fokus Kerja, Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?

 

6. Cari Minuman Lain untuk Mengganti Kopi

 

Nikmatnya kopi itu tidak mutlak. Perasaan tergantung pada kopi hanya berasal dari pikiranmu sendiri. Sebetulnya kopi juga bisa digantikan dengan minuman lainnya. Misalnya dengan meminum jus buah pepaya, carica, apel, dan lainnya. Seiring waktu perasaan tergantung pada kopi akan memudar dan kamu pun normal kembali.

 

7. Unduh Saja Aplikasi tentang Kopi

 

Pastikan aplikasi yang kamu unduh berisi tentang cara-cara mengendalikan keinginanmu untuk beli kopi. Bukan yang berisi tentang macam-macam kopi. Nanti kamu malah semakin kecanduan. Pemakaian cara ini paling cocok untukmu yang benar-benar sudah kecanduan dengan minuman kopi. Bisa dibilang aplikasi ini berfungsi sebagai konsultan harianmu.

 

8. Pesanlah Kopi Tanpa Gula

 

Minum kopi tanpa gula juga bisa membuat orang yang semula kecanduan jadi lebih netral. Namun pahami kalau cara ini tidak sepenuhnya menghentikan candumu, melainkan untuk mengendalikan keinginanmu. Soalnya kopi tanpa gula itu rasanya pahit. Harganya juga lebih murah dan justru kopi inilah yang menyehatkan badan.

Apakah tips dan cara dari saya cukup membantu? Mudah-mudahan bisa mengurangi rasa candumu terhadap aktivitas minum kopi. Kalau kamu memang mencintai kopi melebihi dirimu sendiri, kenapa tidak jadi barista saja? Jadi kamu bisa menyalurkan hobi, bisa kerja, dan juga tentunya lebih menghemat uang. Bukankah lebih menguntungkan?

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

2

 

 

 

 


SWARA TUNAIKU

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett